Pembelajaran Tematik Kelas 2 B (Rabu, 13 Januari 2021)

 Kelas                 : 2

Tema                   : 5

Sub Tema            : 2

Pembelajaran ke : 3


Assalamualaikum, Good morning, How are you?Apakabar Sholih Sholihah beserta ayah bunda hari ini, semoga dalam keadaan sehat. 

jangan lupa sebelum memulai aktivitas hari ini selalu berdoa, agar apa yang kita lakukan mendapat rahmat dari Allah SWT. aamiin

Baiklah, kemarin kita sudah belajar tentang percakapan ungkapan meminta tolong dan mengubah satuan m ke cm.

Berikut hasil tugas sholih sholihah kemarin:







Tujuan pembelajaran kita hari ini adalah: kita mempelajari ungkapan permintaan tolong kepada orang lain, dan menentukan konversi satuan panjang (m dan cm). serta membuat karya imajinatif 3 dimensi.

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut ini :  

https://youtu.be/Q-FYcBPvu5w

Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari bahan untuk membuat karya tiga dimensi, mengubah satuan ukuran panjang dan permintaan tolong. Agar semakin paham hari ini kita masih membahasnya kembali.

VIDEO PEMBELAJARAN :





Ringkasan Materi
Jam istirahat telah usai.  Beni menemui petugas sekolah. Beni meminta tolong membukakan pintu gudang. Karena di gudang tempat menyimpan tanah liat.



Pertanyaan yang menyatakan gambar diatas adalah:
Pertanyaan  : Mengapa Beni minta tolong untuk membukaan pintu gudang?
Jawaban  : Karena Beni dan teman-temannya ingin mengambil tanah liat
Beni dan temannya dapat menghias vas bunga. Sekarang, Beni akan membuat vas bunga. Beni membuatnya bersama teman. Vas bunga dibuat dari tanah liat. Coba lakukan seperti Beni. Caranya sangat mudah.
Adapun langkahnya sebagai berikut!
1. Sediakan tanah liat dan air. 
2. Gunakan sarung tangan elastis.
3. Tentukan pola yang akan dibuat.
4. Ambil tanah liat secukupnya.
5. Basahi tanah liat dengan air secukupnya.
6. Tanah liat dibuat jangan encer.


Contoh mengubah satuan dari cm ke m :
200cm = ... m
penyelesaian -> 200 cm : 100 = 2 m (dibagi)

Contoh mengubah satuan dari m ke cm :
2m = ... cm
penyelesaian : 2m x 100 = 200 cm (dikali)


Dari sebuah pengukuran didapat data:

1. Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!

    a.  100 cm = ... m

    b.  300 cm = ... m

2. Ubahlah ke dalam satuan cm!

    a. 7 m = ... cm

    b. 5 m = ... cm

3. Buatlah karya tiga dimensi dari bahan plastisin! (Silahkan pilih satu saja,vas bunga,asbak, mangkuk,atau cangkir)

Selamat mengerjakan,tetap semangat,jaga kesehatan,salam sehat.😘😘


Pembelajaran Tematik kelas 2B (Selasa 12 Januari 2021)

 Kelas : 2

Tema : 5 Pengalamanku

Subtema : 2 Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran : 1 & 2

Assalamualaikum anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2B,Tabuk pun, Good Morning, How are you today? Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. Jangan lupa sarapan dan tetap semangat,jaga kesehatan.

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut ini :  


Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari puisi, kalian sudah kirimkan video pembacaan puisi. Good job Sholih Sholihah kelas 2B. 





Nah kemarin kita belajar tentang alat untuk mengukur panjang benda dan perilaku di rumah yang sesuai sila kedua. Perlu bu guru ingatkan kembali bahwa untuk mengukur benda yang berukuran kecil atau pendek seperti bingkai foto kita dapat menggunakan penggaris, namun jika bendanya berukuran besar atau panjang seperti tiang kipas angin atau pintu kita harus menggunakan meteran karena panjang bendanya melebihi panjang sebuah penggaris.

Tujuan pembelajaran kita hari ini adalah:

1.mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.

2.mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.

3.menentukan konversi mengubah satuan panjang dengan tepat.

4.menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.

 VIDEO PEMBELAJARAN :

https://www.youtube.com/watch?v=Itwq_Fgy5OU 

https://www.youtube.com/watch?v=JN23jTMda08

Ringkasan Materi

Amatilah gambar berikut!

Sebutkan bahan untuk membuat hiasan vas bunga. Amatilah gambar berikut!

Biji-bijian untuk menghias vas bunga.  Sebutkan biji-bijian yang digunakan.

Bahan untuk menghias vas bunga dengan biji bijian diantaranya yaitu : biji jagung, biji bunga matahari, biji padi, biji jeruk, biji  kacang hijau. Serta lem dan sarung tangan.

Berikut ciri-ciri hiasan vas bunga

Menggunakan biji-bijian

Hiasan vas bunga mengikuti pola 

Hiasan ditempel menggunakan lem

Menggunakan berbagai macam biji-bijian

Perpaduan biji-bijian menjadikan daya tarik

Alat ukur untuk menentukan panjang beda yaitu mistar/ penggaris dan materan. 

Contoh untuk ngenghitung sentimeter ke meter ataupun sebaliknya yaitu :

100 cm = 1 m

Jadi 1 m = 100 cm

Beni dan teman-temannya melakukan gotong- royong. Gotong royong ini dilakukan di sekolah. Siti menyapu halaman. Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca. Beni membantu guru memajang kaligrafi. Beni membantu guru membantu guru memajang kaligrafi

Pernahkah kamu melihat kaligrafi? Kaligrafi dapat mengingatkanmu kepada Tuhan. Mengingat Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa. Berdoa merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila. 

Beni bekerja secara kelompok. Kelompoknya Beni sedang membuat hiasan vas bunga.  Beni dan kelompoknya berdiskusi. Diskusi untuk menyelesaikan tugasnya. Dengarkan gurumu membacakan percakapan Beni! Buatlah pertanyaan sesuai teks percakapan!

Beni : “Dayu, adakah lem untuk melekatkan biji-bijiannya?”

Dayu : “Itu ada Beni! Ada di depan Udin” (sambil menunjuk biji-bijian).

Beni : “Udin, tolong ambilkan biji-bijian yang berwarna merah, ya!”

Udin : “Baiklah, Beni!”

Beni : “Terima kasih, Udin!”

Tugas :

Jawablah pertanyaan berikut!

Jawaban berdasarkan percakapan Beni.

1. Apa yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?

Jawab: ................................................................

2. Apa yang ditanyakan Beni kepada Dayu?

Jawab: ................................................................

3. Beni telah meminta tolong kepada Udin. Apa yang dikatakan Beni?

Jawab: ................................................................

4. 300 cm =   ..... m

5. 7 m =............cm

Kirimkan foto tugasmu ke whatsapp grup kelas 2B ya,

Semangat selalu,jaga kesehatan,bye bye

Wassalamu'alaikum,wr.wb


Pembelajaran Tematik kelas 2B (Senin 11 Januari 2021)

 Kelas : 2

Tema : 5 Pengalamanku

Subtema : 1 Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran : 5 & 6

Assalamualaikum sholih sholihah 2B Tabik Pun😊 good morning,how are you today?Bagaimana kabarnya hari ini?

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiah berikut ini :  


TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.

2.Siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.

3.Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.

 VIDEO PEMBELAJARAN :

https://www.youtube.com/watch?v=aYLWqyYAzjw

Ringkasan Materi

Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi

tentang “Burung Kutilang”. Dengarkan video ini dengan penuh konsentras!





Burung Kutilang

Di pucuk pohon cemara

Burung kutilang berbunyi

Bersiul-siul sepanjang hari

Dengan tak jemu-jemu

Mengangguk-angguk sambil berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li

Sambil berloncat-loncatan

Paruhnya selalu terbuka

Digeleng-gelengkan kepalanya

Menentang langit biru

Tandanya suka ia berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li


Makna dari kata-kata dalam puisi diatas

1. Cemara: pohon yang berbatang tinggi lurus, pohonnya menyerupai tiang dan daunnya seperti lidi

 2. Bersiul: menirukan bunyi suling dengan mulut

3. Jemu : bosan

4. Berseru :  menarik perhatian dengan suara nyaring

5. Paruh : mulut burung, ayam dan itik

Pahami puisi berikut! Bacalah dengan lafal,

intonasi, dan ekspresi yang tepat!

Burung Berkicau

Karya: Erika Artha Dini, SD Negri Kebumen 1




Di pagi hari

Kulihat engkau berayun-ayun

Sambil berkicau

Kadang kuingin memiliki

Sayap dan suara sepertimu

Suara yang sangat merdu

Kicauan di langit biru

Beni mempunyai banyak teman. Beni juga anak yang baik. Beni pandai bergaul. Teman Beni ada  yang menjadi pengurus masjid. Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni. Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk korban banjir. Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni memberi contoh yang baik. Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila. Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan di taman. Tangannya kurang kuat memegang gantungan. Tangan kanannya tidak berpegangan lagi. Beni hampir terjatuh.

Ayah melihat Beni hampir terjatuh. Ayah langsung menolong Beni. Beni bersyukur karena ditolong ayahnya. Beni bermain di taman.





Berdasarkan gambar dapat dijabarkan sesuai dengan silanya:

Memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid pengamalan sila ke-2

Tidak membeda-bedakan teman pengamalan sila ke -3

Membantu ayah pengamalan sila ke 2

Berdoa sebelum makan pengamalan sila ke-1

Saling menyayangi sesama saudara pengamalan sila ke-2

Membantu ibu pengamalan sila ke-2

Sepupu Beni datang dari kampung. Beni senang dikunjungi saudaranya. Beni dan sepupunya saling berkunjung. Beni selalu

menjaga kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.

Tiba-tiba Beni membuka jendela. Ternyata, hari ini turun hujan. Beni menunggu hujan reda.

Kemudian, Beni nyanyi lagu “Tik Tik Tik Bunyi

Hujan”. Ayo, tirukan bersama!

Tik Tik Tik Bunyi Hujan

(Ciptaan: Ibu Sud)

Tik tik tik bunyi hujan

di atas genting

Airnya turun tidak terkira

Cobalah tengok

dahan dan ranting

Pohon dan kebun basah semua


Sepupu Beni membaca puisi. Puisi tentang “ Hujan.”

Dengarkan dengan seksama!



Hujan

Hujan, Hujan di mana-mana,

di jalan di halaman semua basah,

hujan, hujan tak henti henti,

hujan hujan lebat sekali.

Hujan, Hujan bukan kepalang

di sana dan di sini air tergenang,

hujan hujan belum berhenti,

hujan hujan sepanjang hari

Kamu telah belajar tentang puisi. Sekarang, perhatikan benda di rumahmu. Apakah di rumahmu ada penggaris? Adakah meteran?

Adakah jangka sorong? Adakah mikrometer sekrup?



Tugas :
1.Kirimkan rekaman video ananda Sholih Sholihah saat membaca puisi yang berjudul "Hujan", bacalah dengan benar dan jelas!

2. Kerjakan soal pada gambar di bawah ini!


Silahkan jika tugas sudah selesai kirim ke wa grup kelas 2B. Thank you,🙏😘


Pembelajaran kelas 2B (Jumat, 8 Januari 2021)

 Kelas : 2 B

Tema : 5 Pengalamanku

Subtema : 1 Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran : 4

Assalamualaikum sholih sholihah 2B Tabik Pun😊 Bagaimana kabarnya hari ini?

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiah berikut ini :  

https://youtu.be/7pTQsopfsLg

Kemarin kita sudah belajar tentang alat ukur untuk mengukur panjang benda,terimakasih sudah mengerjakan tugasnya, beberapa dokumentasi tugas kalian,Bu guru letakkan di blogger berikut ini foto nya:






Baiklah Tujuan Pembelajaran kita hari ini adalah: menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik. menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.

VIDEO PEMBELAJARAN :

https://www.youtube.com/watch?v=U1APld5sQh8

Ringkasan Materi

Hari ini adalah hari Minggu. Keluarga Beni duduk di teras rumah. Tiba-tiba Beni membaca puisi.



Kata dan Maknanya

Cangkul maknanya adalah alat untuk menggali atau mengaduk tanah.

Siramilah maknanya mencurahkan air

Tumbuh maknanya bertambah besar

Bermekaran maknanya mulai berkembang dan menjadi terbuka

Berkicau maknanya adalah bunyi burung



Setiap baris dalam lagu lihat kebunku memiliki panjang/ pendek serta kuat atau lemahnya lagu

Berikut pemaparan setiap barisnya:

Lihat Kebunku  : panjang - kuat

Penuh dengan bunga : panjang -lemah

Ada yang putih : panjang - kuat

Dan ada yang merah : panjang – lemah

Semuanya indah : panjang –kuat

Berikut puisi yang berjudul Taman bungaku





Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?

Jawab: ................................................................

2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!

Jawab: ................................................................

3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?

Jawab: ................................................................

4. Bagaimana cara merawat taman? 

Jawab: ................................................................

5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!

Jawab: ................................................................


Jika sudah selesai menyimak dan mengerjakan tugas,silahkan kirim dokumentasinya ke WhatsApp grup 2B. Terimakasi🙏😘

Wassalamu'alaikum,wr.wb

Pembelajaran Tematik Kelas 2B (Kamis, 7 Januari 2020)

MATERI AJAR 
Hari/ tanggal : Kamis, 07 Januari 2021 
Kelas / Semester : II (Dua) / 2 
Tema : Pengalamanku 
Sub Tema 1 : Pengalamanku di Rumah Pembelajaran : 3 
FOKUS PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP

 Assalamualaikum, wr.wb. Apa kabar anak sholih dan sholihah kelas 2B beserta ayah bunda, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Allah SWT. 
Sebelum memulai aktivitas hari ini mari kita berdoa dahulu ya, setelah itu jangan lupa mendengarkan tausiah, sholat 5 waktu tepat waktu, sholat Dhuha serta muroja’ah surat-surat pendeknya. 

Kemarin kita sudah belajar tentang pengamalan sila pertama Pancasila dengan mengamati gambar ya nak. terimakasi ananda sudah paham dilihat dari hasil tugas yang kalian kumpulkan. 
Baiklah hari ini tujuan pembelajaran kita adalah menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar. 
Kemudian menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan baik. Dan juga memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat. Yuk kita mulai yang pertama bernyanyi ya. Silahkan dengarkan dan ikuti lagu berikut yang berjudul “Burung Tantina”. 
Perhatikan tekanan kuat dan lemah. Juga panjang dan pendek bunyi lagunya. Lagu burung tantina berasal dari Maluku. Yuk, Simak Video berikut ini: Setelah bernyanyi kita mengulang kalimat permintaan maaf yang telah kalian buat kemarin seperti ini contohnya: 
1. Mama, maafkan saya karena saya tidak menuruti perintah mama. 
2. Maafkan aku bu, karena aku pergi bermain tanpa meminta izin. 
3. Kak Taya, Anin ingin meminta maaf karena kemarin Anin tidak membantu kak Taya membereskan tempat tidur. 

Selanjutnya kita belajar memilih alat ukur. Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda. Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris. 
Mari kita dengarkan video berikut ini agar lebih paham:

https://www.youtube.com/watch?v=08tIXBu4Z_A

 Ini Video penjelasan materi kita hari ini dari bu guru: silahkan ditonton


Setelah menonton video nya,silahkan Sholih Sholihah kerjakan latihan dibawah ini. Jika sudah selesai silahkan kirim ke WhatsApp grup kelas 2B.


Selamat mengerjakan Sholih dan Sholihah 2B.


Materi Kelas 2B (Rabu, 6 Januari 2021)

Kelas : 2 Tema : 5 Pengalamanku Subtema : 1 Pengalamanku di Rumah Pembelajaran : 2 Assalamualaikum sholih sholihah 2B Tabik Pun😊 Bagaimana kabarnya hari ini? Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiah berikut ini : TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Dengan memilih beberapa gambar yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat. 2.Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik. 3.Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan dengan benar. 4.Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar. VIDEO PEMBELAJARAN : Ringkasan Materi Kaki Beni menyenggol guci saat merangkak. Guci rebah dan hampir menyentuh lantai. Ayah Beni menyambut guci tersebut. Guci disambut sebelum rebah di lantai. Beni dan ayahnya bersyukur. Karena guci disambut dengan cepat. Rasa bersyukur merupakan perilaku yang baik. Perilaku ini sesuai sila pertama Pancasila. 1) Berdoa. 2) Sembahyang. 3) Menghargai teman berbeda agama dalam melakukan ibadahnya. 4) Ikut kerja sama membersihkan rumah ibadah sesuai dengan agama yang dianut. 5) Membayar zakat Beni bersyukur karena guci tidak pecah. Beni minta maaf kepada ayahnya Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Apa yang dilakukan setelah itu? Apakah kamu pernah meminta maaf? Coba lakukan dengan sopan. Tugas : 1.Centanglah yang termasuk kedalam penerapan sila pertama pancasila pada gambar berikut :
(Bila gambar tidak diprint, boleh ditulis dengan kalimat. Contoh gambar 1 : Tiyur sedang berdoa sebelum makan) 2. Buatlah permintaan maaf kepada salah satu anggota keluargamu disebabkan karena suatu kesalahan yang telah kamu lakukan dengan bahasa yang sopan dapat dikirim dengan voice note atau rekaman suara. Selamat Belajar untuk hari ini 🙏🙏😘😘

pembelajaan Bahasa Inggris Kelas 1A (Senin 4 Januari 2021)

Kelas 1A Theme: Fruits Assalamualaikum wr.wb. Hi, My students 1A, Long time no see. I miss you so much. How are you today? I hope we ae fine today. Ok. How about your holiday? it's fun? where are you going? Today let's start our lesson in the second semester. our theme today is Fruits. oke tema kita hari ini adalah tentang buah-buahan. please watch this video: ok, after watch this video. please answer the question below. setelah menonton video diatas jawab petanyaan berikut ya, silahkan langsung jawab dikolom komentar blogger langsung ya, 1. This is an
2. I like
Silahkan jawab 2 pertanyaan diatas melalui kolom komentar di blogger nya langsung ya. semangat anak sholih sholihah kelas 1A, jangan lupa tetap jaga kesehatan, sholat 5 waktu dan dhuhanya. thank you, wassalamualaikum wr.wb.

Class 6D SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Rabu, 10 Desember 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Remedial dan pengayaan Tabik Pun 🙏  G...