Pembelajaran Tematik Kelas 2 B (Kamis, 4 Maret 2021)

 


Materi Ajar:

Hari/ tanggal                        : Kamis/ 4 Maret 2021

Kelas                                      : 2

Tema                                     : 7 Kebersamaan

Subtema                                  : 1 Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran                       : 1

KD                                           : B. Indonesia (. ), Matematika (   ), SBdP (  )

Good morning,How are you today. We hope we are fine today. Jangan lupa sebelum belajar kita mendengar kan tausiah terlebih dahulu.

Berikut link Tausiah, silahkan disimak:



Berikut dokumentasi pembelajaran kemarin, Rabu 3 Maret 2021:









Alhamdulillah kemarin kita sudah melaksanakan PH Tema 6 sub 3 dan 4. Anak soleh soleha hari ini kita masuk ke Tema 7 Sub Tema 1.kebersamaan,

Tujuan Pembelajaran

1.    siswa dapat menyebutkan isi dongeng fabel dengan percaya diri.

2.      siswa dapat menentukan pecahan 1/2  secara cermat.

3.      siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.

 

silahkan simak vidio dibawah ini ya....

 

Video Pembelajaran



Ringkasan Materi

Kebersamaan di Rumah



Suasana kebersamaan di rumah Siti pada hari Minggu.

Ayah, Ibu, Siti, dan Ali berada di depan rumah.

Siti dan Ali sedang memberi makan ayam.

Ayah membersihkan selokan.

Ibu menyapu halaman belakang rumah.

Seusai bekerja, mereka makan bersama.

 

 

 

Kebersamaan di Rumah Siti



Ayah Siti pandai mendongeng.

Siti sangat suka dengan dongeng.

Hampir setiap minggu ayah Siti mendongeng.

Seusai mendongeng, ayah Siti menceritakan isi dongeng.

Banyak sekali contoh yang baik dalam dongeng.

Dongeng atau cerita yang menceritakan kehidupan hewan disebut fabel.

Yuk, kita baca dongeng berjudul “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”



Ibu menghidangkan 3 buah kue donat.

Setiap kue dipotong menjadi dua potongan sama besar.

Siti, Ali, dan Ayah mengambil masing-masing 1 potong.

Siti sangat senang bersama keluarga di rumah.

Mengenal Pecahan



Di dekat rumah Siti terdapat Pos Penjagaan.

Di sana terdapat kentongan.

Kita dapat membuat bunyi kentongan bervariasi.

Bunyi yang teratur berulang disebut birama.

Membedakan Bunyi Kuat dan Bunyi Lemah




Jika dua bunyi di atas dibandingkan maka bunyi 1 lebih kuat daripada bunyi 2.

Coba kamu menyanyikan lagu "Cicak" dengan iringan bunyi kuat dan bunyi lemah, bunyi kuat di bagian depan!




Tugas:

Kerjakan soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

      1.       Dongeng yang menceritakan kehidupan hewan yang memiliki perilaku seperti manusia adalah ....

a. novel

b. wayang

c. fabel

        2.       Biasanya, cerita fabel banyak mengandung pesan ....

a. moral

b. utama

c. sponsor

        3.         dibaca ....

a. satu per dua

b. satu per tiga

c. satu dibagi dua

       4.       Satu buah donat dibagi menjadi dua bagian sama besar. Satu bagiannya sama dengan ....

a. seperdua

b. sepertiga

c. satu       

       5.       Bunyi yang teratur dan berulang disebut ....

a. irama

b. birama

c. ketukan





Penilaian Harian Kelas 2B Tema 6, Sub tema 3 &4, (Rabu, 3 Maret 2021)

 


Hari/Tanggal               : Rabu, 3 Maret 2021

Kelas/Semester            : II(Dua) / 2

Tema   6                      : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Sub Tema                   : 3 dan 4

KD                                   : B.Indonesia (3.7), Pkn (3.2), Matematika (3.6), SBdP (3.4)






Berikut link Tausiah, silahkan disimak.

Berikut hasil pembelajaran kemarin, Selasa 2 Maret 2021.








Baiklah untuk hari ini sholih sholihah 2B akan melaksanakan penilaian harian Tema 6 Sub tema 3 dan 4. Silahkan kerjakan dengan teliti dan percaya diri. Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal-soalnya.
Silahkan klik link dibawah ini.
👇


Selamat mengerjakan, semangat selalu. Semoga hasilnya memuaskan.



Pembelajaran Tematik Kelas 2 B (Selasa, 2 Maret 2021)


 MATERI AJAR

 

Hari/Tanggal               : Selasa, 2 Maret 2021

Kelas/Semester            : II(Dua) / 2

Tema   6                      : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Sub Tema 4                 : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran               : 5 dan 6

KD                                   : B.Indonesia (3.7), Pkn (3.2), Matematika (3.6)


 Berikut link Tausiah, silahkan disimak.

https://youtu.be/V0yqcN4OMgA


Berikut hasil pembelajaran kemarin (Senin, 1 Maret 2021)










TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

2. siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar.

3. Siswa dapat membandingkan satuan berat dengan berbagai satuan ukuran berat.


Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. 


VIDEO PEMBELAJARAN




RINGKASAN MATERI


Di halaman sekolah siti, terdapat banyak tanaman.

Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah.

Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas.

Siti, beni, dan dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.

 

AYO MEMBACA

 

Bacalah percakapan berikut dengan intonasi yang tepat.

Beni                             : permisi, pak. Apa yang sedang bapak kerjakan?

Tukang kebun             :  bapak sedang mencabuti rumput liar disekitar tanaman nak.

Siti                               : mengapa rumput liar harus dicabuti, pak?

Tukang kebun             :  rumput liar harus dicabuti supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman disekitarnya

Dayu                           :  bagaimana cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi pak

Tukang kebun             :  caranya, cabutlah rumput liar hingga ke akarnya.

Beni                             : bolehkah kami membantu, pak?

Tukang kebun             :  boleh, beni. Jangan lupa cuci tanganmu setelah selesai.

Siti, beni, dan dayu     : baik, pak.

 

1. Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan di atas? Mengapa dan bagaimana

2. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan? mengapa

3. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan cara? Bagaimana

 

AYO BERLATIH

 

Isilah titik-titik pada kalimat tanya berikut, dengan kata tanya “mengapa” dan “bagaimana”. Gunakan huruf tegak bersambung!

1.Mengapa tanaman harus disiram secra teratur?                 

2.Bagaimana cara merawat tanaman tomat?             

3.Bagaimana cara menyiram tanaman yang baik?                

4.Mengapa tanaman membutuhkan sinar matahari?             

5.Mengapa tanaman harus diberi pupuk?

 

AYO BERDISKUSI

 

Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah.

Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin.

Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat.Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.

 

1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat? Berusaha untuk hari berikutnya tidak dating terlambat

2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?diberi teguran

3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu? Lani tidak akan mengerjakan sendirian

4.Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko? ditegur

                       

TUGAS

Mengerjakan modul tematik halaman halaman 45 Pkn dan halaman 46 Bahasa Inonesia dan Matematika.




Pembelajaran Tematik Kelas 2B (Senin, 1 Maret 2021)

 


MATERI AJAR

Hari/Tanggal               : Senin, 1 Maret 2021

Kelas/Semester            : II (Dua) / 2

Tema   6                      : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Sub Tema 4                 : Merawat  Tumbuhan

Pembelajaran               : 3&4

KD                                    : B.Indonesia ( 3.7 ), Matematika (3.6   ), SBdP ( 3.4 ) 





Berikut link Tausiah, silahkan disimak:

https://youtu.be/zSY_0TAOBLI

Berikut hasil pembelajaran kemarin (Jumat, 26 Februari 2021)







TUJUAN PEMBELAJARAN

1. siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dalam kalimat tanya dengan benar.

2.  siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain            dengan benar.

3.siswa dapat menentukan bahan yang digunakan pada kreasi tersebut dengan benar.


VIDIO PEMBELAJARAN


RINGKASAN MATERI

 



Dibelakang halaman rumah Dayu berbagai tanaman sayur dan buah.

Tanaman sayur dan buah dirawat itu dirawat oleh Dayu.

 

Bacalah teks berIikut.

 

Keluarga Dayu suka berkebun.

Ibu Dayu menanam berbagai tanaman bunga di depan rumah.

 

Ayah Dayu menanam buah dan sayur di belakang rumah.

Semua tanaman dirawat dan dipelihara. Semua tanaman diberi pupuk secara teratur. Semua tanaman disiram setiap hari.

Dayu bertugas untuk memetik daun-daun yang layu. Ibu Dayu memetik buah pohon yang masak.

Rumah Dayu menjadi asri karena tanaman yang terawat.

 






Mangga yang sudah masak mulai dipetik. Mangga yang dipetik ditimbang.

Dayu memasukkan buah mangga yang dipetik ke dalam keranjang.

 

Ada keranjang yang besar, ada keranjang yang kecil.

Perhatikan gambar keranjang-keranjang yang berisi mangga berikut.

 

       

 

Ada berbagai macam tanaman hias. Kaktus adalah salah satunya.

Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus?

Kaktus adalah tanaman yang tumbuh di daerah kering seperti gurun.

Daun kaktus biasanya berduri.

Kaktus tidak membutuhkan air yang banyak untuk hidup. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya.

Siti, Beni, Dayu, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot.

Di sekolah, Siti bertugas menyiramnya setiap 3 hari sekali.

 

Tugas:

Pilihlah kata tanya sebagai awal kata pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat.

Gunakan tanda tanya di akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.

 

Perhatikan contoh:

Membawa – siapa – dalam pot – tanaman kaktus - yang

Pertanyaan      : Siapa yang membawa tanaman kaktus

dalam pot

Jawaban          : Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa

tanaman kaktus dalam pot.

 

        1. Dapat – kaktus – di mana – tumbuh

Pertanyaan :  

Jawaban          :          

 

2.      2.  Air – menyimpan – kaktus – di mana

pertanyaan :    

Jawaban          :          

 

3.    3. Bentuk – daun – bagaimana – kaktus

Pertanyaan:    

Jawaban          :

 

        4.  Menyiram – di sekolah – kaktus – siapa yang

Pertanyaan   :

Jawaban          :          

 

         5. Ada pot yang beratnya 5 ons. Ada pot yang beratnya 2 ons.

 


Mana yang lebih berat mari kita gunakan tanda > dan <

5 ons ....... 2 ons


Selamat mengerjakan, semangat selalu.





Class 6D SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Rabu, 10 Desember 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Remedial dan pengayaan Tabik Pun 🙏  G...