STS day 2 Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung


Hari/Tanggal        : Jumat, 14 Maret 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajar          : STS B.Inggris dan PAK


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melaksanakan STS B.Inggris dan PAK.

Semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal -soal nya ya.. aamiin ya rabbal alamiin 🤲 
Semangat,,

Kisi-Kisi  Pendidikan Anti Korupsi

1. Pengertian sikap mandiri beserta contoh dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
2. Ciri-ciri orang yang memiliki sikap mandiri beserta manfaatnya.
3. Sikap yang menunjukkan kemandirian dalam mencapai keinginannya
4. Pengertian sikap adil / Bijaksana beserta contoh dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
5. Ciri-ciri orang yang memiliki sikap adil/ Bijaksana 
6. Manfaat dari bersikap adil/ Bijaksana 
7. Pengertian sikap berani beserta contoh dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakar
8. Ciri-ciri  0rang yang memiliki sikap Berani dan manfaat untuk banyak orang dan diri sendiri
9. Contoh tindakan Berani dalam menolak korupsi 


Latihan soal!

1.  Rina memiliki tugas membuat prakarya dari barang bekas. Teman-temannya meminta bantuan orang tua mereka, tetapi Rina memilih mencari bahan sendiri dan mengerjakannya tanpa bantuan orang tua. Sikap yang ditunjukkan Rina mencerminkan nilai apa?
a. Kerjasama                                  c. Kesabaran
b. Kemandirian                                d. Kecurangan

2.    Salah satu manfaat memiliki sikap mandiri adalah …
a. Mudah menyerah saat menghadapi kesulitan
b. Menjadi lebih bertanggung jawab
c. Sering meminta bantuan orang lain
d. Tidak perlu berusaha keras dalam hidup

3.    Korupsi adalah tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai...
a. Kejujuran dan keadilan                  c. Persaingan dan kemenangan
b. Kekayaan dan kesuksesan             d. Kerja keras dan ambisi

4.    Seseorang yang tidak adil dalam membagikan tugas kelompok dapat menyebabkan...
a. Kerja sama yang lebih baik
b. Rasa kesal dan ketidakpuasan di antara anggota kelompok
c. Semua anggota senang dan termotivasi
d. Semangat belajar meningkat

5.    Dalam pengambilan keputusan, sikap yang mencerminkan kebijaksanaan adalah...
a. Memutuskan sesuatu tanpa mendengar pendapat orang lain
b. Hanya mengikuti keputusan teman dekat
c. Mempertimbangkan berbagai sudut pandang sebelum memutuskan
d. Bertindak tergesa-gesa tanpa berpikir panjang

6.    Berikut ini yang menunjukkan sikap adil adalah …
a. Membantu teman hanya jika diberi hadiah
b. Membagi makanan dengan teman tanpa pilih kasih
c. Selalu ingin mendapat bagian lebih banyak
d. Menyuruh teman mengerjakan tugas sendiri


7.    Contoh sikap peduli di sekolah adalah …
a. Membiarkan teman yang kesulitan mengerjakan tugas
b. Menolong teman yang terjatuh di halaman sekolah
c. Menertawakan teman yang tidak membawa bekal
d. Mengerjakan tugas sendiri tanpa memedulikan teman

8.    Mengapa kita harus berani mengatakan kebenaran?
a. Agar bisa mendapatkan pujian dari orang lain
b. Karena kejujuran adalah sikap yang harus dijunjung tinggi
c. Supaya dianggap hebat oleh teman-teman
d. Karena takut dihukum jika tidak berkata jujur

9.   Jika seorang teman mengajakmu mengambil uang yang bukan miliknya, apa yang harus kamu lakukan?
a. Menolaknya dan memberitahu guru atau orang dewasa yang bertanggung jawab
b. Mengambilnya bersama teman agar tidak ketahuan
c. Menyuruh teman lain untuk mengambilnya
d. Mengambil sebagian dan menyuruh teman mengambil sisanya

10.  Mengapa bersikap berani dalam menolak korupsi itu penting?
a. Karena bisa membuat kita kaya
b. Agar kita disukai banyak orang
c. Supaya hidup kita menjadi lebih jujur dan adil
d. Karena takut dihukum jika ketahuan

Isian!

1.    Sikap bijaksana harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta...

2.   Berani mengatakan ______ adalah salah satu sikap anti-korupsi.

3.  Berani bersikap jujur dapat membantu mencegah __ikap mandiri beserta contoh dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat

2. Ciri-ciri orang yang memiliki sikap mandiri beserta manfaatnya.
3. Sikap yang menunjukkan kemandirian dalam mencapai keinginannya
4. Pengertian sikap adil / Bijaksana beserta contoh dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
5. Ciri-ciri orang yang memiliki sikap adil/ Bijaksana 
6. Manfaat dari bersikap adil/ Bijaksana 
7. Pengertian sikap berani beserta contoh dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakar
8. Ciri-ciri  0rang yang memiliki sikap Berani dan manfaat untuk banyak orang dan diri sendiri
9. Contoh tindakan Berani dalam menolak korupsi 


Latihan soal!

1.  Rina memiliki tugas membuat prakarya dari barang bekas. Teman-temannya meminta bantuan orang tua mereka, tetapi Rina memilih mencari bahan sendiri dan mengerjakannya tanpa bantuan orang tua. Sikap yang ditunjukkan Rina mencerminkan nilai apa?
a. Kerjasama                                  c. Kesabaran
b. Kemandirian                                d. Kecurangan

2.    Salah satu manfaat memiliki sikap mandiri adalah …
a. Mudah menyerah saat menghadapi kesulitan
b. Menjadi lebih bertanggung jawab
c. Sering meminta bantuan orang lain
d. Tidak perlu berusaha keras dalam hidup

3.    Korupsi adalah tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai...
a. Kejujuran dan keadilan                  c. Persaingan dan kemenangan
b. Kekayaan dan kesuksesan             d. Kerja keras dan ambisi

4.    Seseorang yang tidak adil dalam membagikan tugas kelompok dapat menyebabkan...
a. Kerja sama yang lebih baik
b. Rasa kesal dan ketidakpuasan di antara anggota kelompok
c. Semua anggota senang dan termotivasi
d. Semangat belajar meningkat

5.    Dalam pengambilan keputusan, sikap yang mencerminkan kebijaksanaan adalah...
a. Memutuskan sesuatu tanpa mendengar pendapat orang lain
b. Hanya mengikuti keputusan teman dekat
c. Mempertimbangkan berbagai sudut pandang sebelum memutuskan
d. Bertindak tergesa-gesa tanpa berpikir panjang

6.    Berikut ini yang menunjukkan sikap adil adalah …
a. Membantu teman hanya jika diberi hadiah
b. Membagi makanan dengan teman tanpa pilih kasih
c. Selalu ingin mendapat bagian lebih banyak
d. Menyuruh teman mengerjakan tugas sendiri


7.    Contoh sikap peduli di sekolah adalah …
a. Membiarkan teman yang kesulitan mengerjakan tugas
b. Menolong teman yang terjatuh di halaman sekolah
c. Menertawakan teman yang tidak membawa bekal
d. Mengerjakan tugas sendiri tanpa memedulikan teman

8.    Mengapa kita harus berani mengatakan kebenaran?
a. Agar bisa mendapatkan pujian dari orang lain
b. Karena kejujuran adalah sikap yang harus dijunjung tinggi
c. Supaya dianggap hebat oleh teman-teman
d. Karena takut dihukum jika tidak berkata jujur

9.   Jika seorang teman mengajakmu mengambil uang yang bukan miliknya, apa yang harus kamu lakukan?
a. Menolaknya dan memberitahu guru atau orang dewasa yang bertanggung jawab
b. Mengambilnya bersama teman agar tidak ketahuan
c. Menyuruh teman lain untuk mengambilnya
d. Mengambil sebagian dan menyuruh teman mengambil sisanya

10.  Mengapa bersikap berani dalam menolak korupsi itu penting?
a. Karena bisa membuat kita kaya
b. Agar kita disukai banyak orang
c. Supaya hidup kita menjadi lebih jujur dan adil
d. Karena takut dihukum jika ketahuan

Isian!

1.    Sikap bijaksana harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta...

2.   Berani mengatakan ______ adalah salah satu sikap anti-korupsi.

3.  Berani bersikap jujur dapat membantu mencegah ______ di masa depan.

4.  Sebutkan dua contoh sikap mandiri di sekolah!

5. Sebutkan contoh cara menerapkan sikap peduli di rumah!


GOOD LUCK 💪

STS day 1 Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 13 Maret 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : STS B.Arab dan TIK


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melaksanakan STS B.Arab dan TIK.

Semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal -soal nya ya.. aamiin ya rabbal alamiin 🤲 
Semangat,,

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Rabu 12 Maret 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : IPAS,B.Indonesia

Alat Peraga           : Gambar,  Video 

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran IPAS , Bahasa Indonesia 
Elemen CP : IPAS
Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kegiatan jual beli, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan jual beli sebagai cara memenuhi kebutuhan. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

 Peserta didik memahami kegiatan jual beli di sekolah maupun di masyarakat.  


Materi Pembelajaran : 

Jual beli merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh barang dengan memberikan sejumlah uang yang telah disepakati bersama antara penjual dan pembeliDalam jual beli harus ada penjual, pembeli, barang yang dijual, dan uang. Pembeli akan mendapatkan barang dengan uangnya.

Kegiatan jual beli merupakan hal yang selalu dilalukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang contoh kegiatan jual beli di masyarakat. apa saja kegiatan jual beli di masyarakat?

1. Contoh kegiatan jual beli barang

• Jual beli bahan makanan di pasar

Banyak masyarakat melakukan kegiatan jual beli bahan makanan di pasar karena harga terjangkau.

Di pasar para pedagang menjajakan barang dagangannya berupa sayur, buah, daging dan lainnya.

Masyarakat selaku pembeli akan membeli bahan tersebut untuk diolah menjadi makanan.

 Jual beli produk fahion

Kegiatan jual beli bukan hanya bahan makanan saja karena ada produk fashion juga.

Umumnya kegiatan jual beli produk fashion berupa baju, celana, topi, dan lainnya.

2. Contoh  jual beli jasa

• Tukang cukur

Contoh jual beli jasa yang pertama ialah tukang cukur jang menjajakan keahliannya dalam menata rambut.

Konsumen akan menggunakan keahlian tukang cukur guna merapikan rambut dan membayar sejumlah uang sesuai tarif.

• Kurir

Contoh jual beli jasa yang kedua ialah kurir yang membawa paket.

Kurir sendiri menyediakan jasa untuk mengantar barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Umumnya seseorang yang menggunakan jasa kurir harus membayarkan sejumlah uang.

Nah, itulah beberapa contoh kegiatan jual beli di masyarakat dan dilakukan sehari-hari.

Ciri-Ciri Kegiatan Jual Beli

Jual beli merupakan kegiatan utama yang mendasari terjadinya kegiatan ekonomi. Berikut ini beberapa ciri-ciri kegiatan jual beli. 

1. Terjadi pertukaran barang. 

2. Ada proses pembayaran. 

3. Tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan. 

4. Ada uang yang ditukarkan. 

5. Ada penjual dan pembeli. 

Berikut Video Pembelajaran : 
Berikut Video Pembelajaran : 

Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi majas metafora 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menemuka dan memahami kata-kata kiasan dengan benar. 

Materi Pembelajaran : 

Pengertian Majas MetaforaMajas ini digunakan untuk menunjukkan perbandingan yang tersirat atau tidak langsung antara suatu benda dan benda atau antara orang dan benda. Gaya bahasa metafora dapat dijumpai di dalam artikel di surat kabar, percakapan sehari-hari, iklan, tulisan ilmiah dan filosofis, novel, dan puisi.

Jenis-jenis Majas Metafora;

1. Metafora Antropomorfik
Metafora antropomorfik adalah suatu gejala alam semesta. Para pengguna bahasa ingin membandingkan kemiripan pengalaman dengan apa yang terdapat pada diri atau tubuhnya sendiri.

Jenis majas ini berhubungan dengan unsur tubuh manusia. Metafora ini disebut sebagai gaya bahasa personifikasi karena memberi nyawa pada benda mati. Contohnya, mulut botol, jantung kota, bahu jalan, dan sebagainya.

2. Metafora Hewan
Metafora hewan menjadi kebiasaan para pengguna bahasa untuk menggambarkan suatu realitas pengalamannya. Metafora hewan cenderung digunakan pada tanaman. Contohnya, kumis kucing, lidah buaya, dan kucing gajah.

Metafora ini sering digunakan dengan citra humor, peyoratif, ironi, atau citra konotasi. Contohnya, membeo yang bermakna meniru perbuatan atau perkataan orang lain.

3. Metafora Abstrak

Metafora abstrak adalah metafora yang cenderung menggantikan idiom-idiom absurd menuju idiom yang lebih nyata.

4. Metafora Sinestesia
Metafora sinestesia adalah metafora yang berdasar pada pengalihan indra satu ke indra lainnya. Pada bahasa sehari-hari kerap dijumpai atau kerap didengar tuturan enak didengar dan sedap dipandang. Metafora ini sering digunakan oleh para sastrawan.

Berikut beberapa contoh dari majas metafora:

1. Anton merupakan bintang Kelas di kelasnya.

Bintang kelas memiliki makna siswa yang cerdas dan berprestasi.

2. Membaca adalah gudang ilmu.

Membaca adalah kuncinya bermakna jika membaca buku, kita mendapat banyak wawasan.

3. Siti menjadi buah bibir di desanya.

Buah bibir bermakna bahan pembicaraan.

4. Kita harus lapang dada dengan apa yang telah terjadi.

Lapang dada memiliki makna sabar.

5. Dewi malam telah tiba.

Dewi malam bermakna bulan.

6. Icha membawa banyak buah tangan setelah pulang dari Korea Selatan.

Buah tangan bermakna oleh-oleh atau souvenir.

7. Sejak kecil, Bulan telah menjadi tulang punggung keluarga.

Tulang punggung bermakna penopang.

8. Tidak kusangka, buah hatiku kini telah dewasa.

Buah hati memiliki makna anak.

9. Jamal membelikan cendera mata untuk teman-temannya.

Cendera mata memiliki makna suvenir.

10. Gadis itu adalah bunga desa di sini.

Bunga desa bermakna gading tercantik di desa.

Berikut Video Pembelajaran : 

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Selasa, 11aret 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Matematika, IPAS

Alat Peraga           : Gambar,  Video 

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran Matematika dan IPAS 

Matematika 

Elemen CP : Pengukuran : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi luas dua bangun datar gabungan dengan tepat

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami luas luas dua bangun datar gabungan. 

Materi Pembelajaran 

Bangun datar merupakan salah satu materi yang terdapat pada matematika. Ada berbagai jenis bangun datar yang perlu dipelajari beserta rumus luas dan kelilingnya.  Bangun datar atau bangun dua dimensi, bersumber dari Toppr, adalah bentuk yang hanya memiliki panjang dan lebar. 

Berbeda dengan bangun ruang atau bangun tiga dimensi yang memiliki tinggi, panjang, dan lebar serta bisa dicari jumlah volumenya.  Ada berbagai macam contoh bentuk dari bangun datar seperti segi empat atau persegi, persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. 

Keliling bangun datar adalah jumlah panjang seluruh sisi yang mengelilingi bangun tersebut. Luas bangun datar adalah besarnya daerah yang dibatasi oleh sisi-sisi bangun datar tersebut.

Berikut ini adalah rumus luas dan keliling bangun datar : 

Segi empat 

Segi empat atau persegi memiliki karakteristik utama yaitu panjang keempat sisinya sama. Selain sisi yang sama panjang, segi empat juga memiliki diagonal yang sama panjangnya. 

Rumus luas untuk bangun datar segi empat adalah  L = s x s s = panjang sisi segi empat.  

Untuk rumus kelilingnya adalah:  K = s + s + s + s atau K = 4 x s.

Persegi panjang 

Persegi panjang memiliki bentuk yang hampir sama dengan segi empat. Namun bedanya adalah persegi panjang memiliki dua sisi lebar (l) dan dia sisi panjang (p).  

Untuk persegi panjang, rumus luasnya adalah  L = p x l 

Jika Anda ingin mencari keliling dari persegi panjang maka menggunakan rumus berikut ini k = 2 x (p + l)

Segitiga 

Bangun datar ini memiliki tiga sisi. Segitiga biasanya memiliki dua sisi yang sama atau memiliki tiga sisi yang sama panjang. 

Rumus untuk mencari luas segitiga adalah L = 1/2 x a x t a = alas t = tinggi 

Sedangkan rumus untuk mencari keliling dari segitiga adalah K = s + s + s 

Dua Gabungan Bangun Datar

Bangun datar adalah bangun berupa bidang datar yang dibatasi dengan ruas-ruas garis.

Contoh bangun datar yaitu persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, layang-layang, belah ketupat, dan sebagainya. 

Kita akan belajar meghitung luas bangun gabungan persegi dan persegi panjang dari contoh soal berikut.

Cara menghitung luas gabungan dua bangun datar adalah dengan menjumlahkan luas masing-masing bangun. 

Contoh soal! 

Luas gabungan bangun didapatkan dengan cara menjumlahkan luas ruko A, B, dan C. 

Luas gabungan = LA + LB + LC

Luas gabungan = 22 + 13,5 + 7 

Luas gabungan = 42,5 m2

Jadi, luas ruko Pak Sudiro adalah 42,5 m2.

2. Bu Irma mempunyai sebidang tanah berbentuk gabungan bangun persegi dan persegi panjang seperti di bawah ini.

Bu Irma akan menjual tanahnya dengan harga Rp500.000,00 per meter persegi. Berapakah biaya untuk membeli seluruh bidang tanah Bu Irma?

Pembahasan: 

Jika seseorang ingin membeli seluruh bidang tanah Bu Irma, maka harus mengalikan Rp500.000,00 dengan luas tanah. 

Dilihat dari gambar di atas, kita mengetahui bahwa tanah Bu Irma terdiri dari bangun persegi panjang dan persegi. 

Bidang tanah berbentuk persegi panjang kita beri nama bidang A dengan panjang 15 meter dan luas 10 meter (5 meter + 5 meter). 

Kemudian, bidang tanah berbentuk persegi kita beri nama bidang B dengan panjang sisi masing-masing 5 meter. 

Mari hitung luas gabungan sebidang tanah tersebut, kemudian kita kalikan dengan harga tanah per meter persegi. 

a) LA = p × ℓ

LA = 10 × 5 = 50 m2

b) LB = s × s

LB = 5 × 5 = 25 m2

Luas gabungan = LA + LB = 50 + 25 = 75 m2

Harga seluruh bidang tanah = Luas gabungan × 500.000

Harga seluruh bidang tanah = 75 × 500.000 = Rp 37.500.000,00

Jadi, jika seseorang ingin membeli seluruh bidang tanah Bu Irma, maka harus membayar sebesar Rp 37.500.000,00.


Berikut ini Video Pembelajaran : 





Elemen CP : IPAS
Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kegiatan jual beli, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan jual beli sebagai cara memenuhi kebutuhan. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

 Peserta didik memahami kegiatan jual beli di sekolah maupun di masyarakat.  


Materi Pembelajaran : 

Jual beli merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh barang dengan memberikan sejumlah uang yang telah disepakati bersama antara penjual dan pembeliDalam jual beli harus ada penjual, pembeli, barang yang dijual, dan uang. Pembeli akan mendapatkan barang dengan uangnya.

Kegiatan jual beli merupakan hal yang selalu dilalukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang contoh kegiatan jual beli di masyarakat. apa saja kegiatan jual beli di masyarakat?

1. Contoh kegiatan jual beli barang

• Jual beli bahan makanan di pasar

Banyak masyarakat melakukan kegiatan jual beli bahan makanan di pasar karena harga terjangkau.

Di pasar para pedagang menjajakan barang dagangannya berupa sayur, buah, daging dan lainnya.

Masyarakat selaku pembeli akan membeli bahan tersebut untuk diolah menjadi makanan.

 Jual beli produk fahion

Kegiatan jual beli bukan hanya bahan makanan saja karena ada produk fashion juga.

Umumnya kegiatan jual beli produk fashion berupa baju, celana, topi, dan lainnya.

2. Contoh  jual beli jasa

• Tukang cukur

Contoh jual beli jasa yang pertama ialah tukang cukur jang menjajakan keahliannya dalam menata rambut.

Konsumen akan menggunakan keahlian tukang cukur guna merapikan rambut dan membayar sejumlah uang sesuai tarif.

• Kurir

Contoh jual beli jasa yang kedua ialah kurir yang membawa paket.

Kurir sendiri menyediakan jasa untuk mengantar barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Umumnya seseorang yang menggunakan jasa kurir harus membayarkan sejumlah uang.

Nah, itulah beberapa contoh kegiatan jual beli di masyarakat dan dilakukan sehari-hari.

Ciri-Ciri Kegiatan Jual Beli

Jual beli merupakan kegiatan utama yang mendasari terjadinya kegiatan ekonomi. Berikut ini beberapa ciri-ciri kegiatan jual beli. 

1. Terjadi pertukaran barang. 

2. Ada proses pembayaran. 

3. Tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan. 

4. Ada uang yang ditukarkan. 

5. Ada penjual dan pembeli. 

Berikut Video Pembelajaran : 
Berikut Video Pembelajaran : 




Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Senin, 10 Maret 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila,B.Indonesia 

Alat Peraga           : Gambar,  Video 

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia. 

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami makna Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi Pembelajaran 

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau sering disingkat NKRI adalah negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik, dengan nama negara Indonesia.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, merupakan awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terdiri dari wilayah kepulauan yang tersebar dengan beraneka ragam adat, budaya, suku, dan keyakinan.

Nilai-nilai dalam persatuan dan kesatuan merupakan jiwa lahirnya NKRI. Hal itu karena dalam persatuan dan kesatuan seseorang akan menyadari tentang keragaman bangsa Indonesia tersebut.

Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia juga secara jelas dapat dipahami dari dasar negara Pancasila dan konstitusi negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pilihan Indonesia menjadi negara kesatuan, didasarkan bukan hanya sekadar kepentingan atau sikap politik, tetapi juga didasarkan atas komitmen persatuan dan keadilan.

Sebagai warga negara yang cinta terhadap tanah airnya, sudah semestinya mengetahui dan memahami sejarah terbentuknya NKRI.

Sejarah Terbentuknya NKRI

Sejarah Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi itu juga merupakan rangkaian peristiwa yang melatarbelakangi terjadinya kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana kronologis lahirnya atau terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia itu? Berikut ini rangkaian kronologis terbentuk NKRI.

29 April 1945

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang didirikan oleh pemerintah Jepang, yang beranggotakan 63 orang.

06 Agustus 1945

Sebuah bom atom meledak di kota Hiroshima, Jepang. Pada saat itu, Jepang sedang menjajah Indonesia.

07 Agustus 1945

BPUPKI kemudian berganti pada tanggal menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi inkai.

9 Agustus 1945

Bom atom kedua kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang membuat Jepang menyerah kepada Amerika Serikat. Momen ini dimanfaatkan Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

10 Agustus 1945

Sutan Syahrir mendengar lewat radio bahwa Jepang telah menyerah pada Sekutu, yang membuat para pejuang Indonesia makin mempersiapkan kemerdekaan. Saat Soekarno kembali dari Dalat, Sutan Syahrir mendesak kemerdekaan Indonesia.

15 Agustus 1945

Jepang benar-benar menyerah pada sekutu.

Teks Proklamasi pun disusun pada dini hari, yang diketik oleh Sayuti Malik.

17 Agustus 1945

Pagi hari di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Teks Proklamasi dibacakan tepat pada pukul 10:00 WIB dan dikibarkan Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati. Peristiwa tersebut disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.

18 Agustus 1945

PPKI mengambil keputusan, mengesahkan UUD 1945, dan terbentuknya NKRI, serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Isi Teks Proklamasi 1945

Berikut isi teks proklamasi yang telah dikonsep oleh Ir. Soekarno:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta

Berikut Video Pembelajaran :



Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi majas metafora 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menemuka dan memahami kata-kata kiasan dengan benar. 

Materi Pembelajaran : 

Pengertian Majas MetaforaMajas ini digunakan untuk menunjukkan perbandingan yang tersirat atau tidak langsung antara suatu benda dan benda atau antara orang dan benda. Gaya bahasa metafora dapat dijumpai di dalam artikel di surat kabar, percakapan sehari-hari, iklan, tulisan ilmiah dan filosofis, novel, dan puisi.

Jenis-jenis Majas Metafora;

1. Metafora Antropomorfik
Metafora antropomorfik adalah suatu gejala alam semesta. Para pengguna bahasa ingin membandingkan kemiripan pengalaman dengan apa yang terdapat pada diri atau tubuhnya sendiri.

Jenis majas ini berhubungan dengan unsur tubuh manusia. Metafora ini disebut sebagai gaya bahasa personifikasi karena memberi nyawa pada benda mati. Contohnya, mulut botol, jantung kota, bahu jalan, dan sebagainya.

2. Metafora Hewan
Metafora hewan menjadi kebiasaan para pengguna bahasa untuk menggambarkan suatu realitas pengalamannya. Metafora hewan cenderung digunakan pada tanaman. Contohnya, kumis kucing, lidah buaya, dan kucing gajah.

Metafora ini sering digunakan dengan citra humor, peyoratif, ironi, atau citra konotasi. Contohnya, membeo yang bermakna meniru perbuatan atau perkataan orang lain.

3. Metafora Abstrak

Metafora abstrak adalah metafora yang cenderung menggantikan idiom-idiom absurd menuju idiom yang lebih nyata.

4. Metafora Sinestesia
Metafora sinestesia adalah metafora yang berdasar pada pengalihan indra satu ke indra lainnya. Pada bahasa sehari-hari kerap dijumpai atau kerap didengar tuturan enak didengar dan sedap dipandang. Metafora ini sering digunakan oleh para sastrawan.

Berikut beberapa contoh dari majas metafora:

1. Anton merupakan bintang Kelas di kelasnya.

Bintang kelas memiliki makna siswa yang cerdas dan berprestasi.

2. Membaca adalah gudang ilmu.

Membaca adalah kuncinya bermakna jika membaca buku, kita mendapat banyak wawasan.

3. Siti menjadi buah bibir di desanya.

Buah bibir bermakna bahan pembicaraan.

4. Kita harus lapang dada dengan apa yang telah terjadi.

Lapang dada memiliki makna sabar.

5. Dewi malam telah tiba.

Dewi malam bermakna bulan.

6. Icha membawa banyak buah tangan setelah pulang dari Korea Selatan.

Buah tangan bermakna oleh-oleh atau souvenir.

7. Sejak kecil, Bulan telah menjadi tulang punggung keluarga.

Tulang punggung bermakna penopang.

8. Tidak kusangka, buah hatiku kini telah dewasa.

Buah hati memiliki makna anak.

9. Jamal membelikan cendera mata untuk teman-temannya.

Cendera mata memiliki makna suvenir.

10. Gadis itu adalah bunga desa di sini.

Bunga desa bermakna gading tercantik di desa.

Berikut Video Pembelajaran : 

Class 6D SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Rabu, 10 Desember 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Remedial dan pengayaan Tabik Pun 🙏  G...