TTL: Sidodadi,10 Agustus 1989
Jenis kelamin:Perempuan
Alamat: jl sakura.kp sinar harapan kelurahan Rajabasa jaya,kec,rajabasa.kota bandar Lampung.
No hp: 085221413099
Medsos: Facebook dan instagram
Guru SD Al-Azhar 2 B.Lampung
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal Penjumlahan
Mengenal aturan di lingkungan sekolah
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat memahami konsep penjumlahan dengan tepat
Peserta didik dapat mengenal aturan di lingkungan sekolah
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
MATEMATIKA
Simaklah cerita matematika berikut!
Ada 5 bunga berwarna merah dan empat bunga berwarna putih.
Ayo berimajinasi seperti apa gambarnya?
Manakah gambar yang tepat sesuai cerita Ibu Guru ?
Guru mengajukan pertanyaan kembali
Berapa banyak bunga semuanya?
Ketika menghubungkan pendapat para siswa, tekankan pada kata "semuanya”
Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan kalimat matematika dan menemukan jawabannya
menuliskan rumus 5 + 4 = 9
Amatilah gambar berikut!
PENDIDIKAN PANCASILA
Tata Tertib Di Sekolah
Disekolah juga ada tata tertib
Tata tertib di sekolah harus dipatuhi
yuk, kita nyanyikan bersama lagu berikut ini 😊
Lonceng Berbunyi
Lonceng Berbunyi, baris di halaman
Bersiap kaki rapat pegang pundak teman
Tangan ke atas lalu direntang
Sekarang di bahu, ke muka, di pinggang
Lompat yang tinggi
satu, dua, tiga
Mari meniru burung terbang di udara
Berikut video tentang aturan yang ada di rumah dan di sekolah
Simak cerita berikut
Gambar berbaris di depan kelas
Abyaz mendengar bel sekolah berbunyi .
Abyaz dan teman--temannya berbaris rapi di depan kelas.
Kemudian semua masuk kelas dengan teratur.
Video berbaris di depan kelas dan menyapa guru
Abyaz dan teman-temannya sangat tertib sebelum masuk kelas.
Abyaz dan teman-temannya menyapa guru.
Video berdoa bersama sebelum belajar
Semua peserta didik duduk di bangku dengan tertib.
Abyaz memimpin doa bersama.
Gambar saat guru menjelaskan pelajaran
Guru menjelaskan pelajaran.
Semua peserta didik memperhatikan guru.
Tidak ada yang bercanda.
Tidak ada yang bermain main sendiri.
Ada peserta didik yang belum paham pelajaran.
Rindu mengangkat tangan saat bertanya kepada guru.
Foto Rindu bertanya dengan mengangkat tangan
Rindu bertanya dengan sopan.
Peserta didik yang belum paham dapat bertanya kepada guru dengan tertib.
Saat jam istirahat peserta didik memakan bekal yang dibawa, ada yang makan nasi, kue dan lain sebagainya.
Peserta didik membuang bungkus kue atau makanan lainnya ke tempat sampah.
Kelas dan halaman sekolah tampak bersih tidak ada sampah berserakan
Gambar saat jam istirahat memakan bekal yang dibawa
Kirana ingin membaca buku.
Kirana dan teman temannya pergi ke pojok baca.
Selesai membaca Kirana mengembalikan buku yang dipinjam.
Kirana mengembalikan buku tepat waktu.
Kirana mematuhi tata tertib di pojok baca.
Gambar Kirana membaca buku di pojok baca
Peserta didik mematuhi tata tertib di sekolah.
Semua peserta didik yang menaati aturan disayang bapak dan ibu guru.
Peserta didik yang menaati aturan juga disayang teman temanny.
Peserta didik merasakan manfaat dalam mematuhi tata tertib
Manfaat Mematuhi Tata Tertib
Sekolah mempunyai tata tertib.
Tata tertib sekolah di buat untuk menjaga ketertiban dan keteraturan warga sekolah.
Tata tertib sekolah dipatuhi semua warga sekolah.
Mematuhi tata tertib menjadikan hidup teratur.
Melatih hiduptertib.
Melatih sikap disiplin.
Belajar menjadi nyaman dan lancar.
Prestasi belajar akan meningkat.
Akibat Melanggar Tata Tertib
Tata tertib di buat untuk di patuhi.
Melanggar tata tertib akan merugikan.
Perhatikan cerita berikut!
Robin teman sekelas Nisa.
Rumah Robin dan Nisa berdekatan.
Robin malas membersihkan kamar.
Kamar Robin sangat kotor dan berdebu.
Robin memiliki hewan peliharaan.
Kelinci adalah peliharaan Robin.
Robin malas memberi makan kelinci.
KelinciRobin tidak dirawat.
Kelinci Robin menjadi sakit.
Robin suka menonton televisi..
Robin menonton televisi sampai larut malam.
Robin bangun kesiangan.
Robin terlambat ke sekolah.
Robin tidak mengerjakan tugas rumah.
Guru meminta Robin menjelaskan tugasnya.
Robin tidak dapat mengerjakannya.
Robin mendapat teguran guru.
Kesimpulan:
Alhamdulillah dalam pembelajaran hari ini peserta didik sudah dapat menyebutkan manfaat dan dampak mematuhi aturan di sekolah serta menyelesaikan soal berkaitan dengan penjumlahan.
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Ketukan dalam Musik
Penjumlahan Bilangan sampai 10
Mengenali abjad
Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
Menulis huruf ‘K dan ‘k'
Kalimat sapaan
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’
Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
Peserta didik dapat menggunakan kalimat sapaan yang santun
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
SENI MUSIK
Kita sering bertepuk dan hentakkan kaki saat sedang bernyanyi.
Tepukkan tangan atau hentakkan kaki membentuk irama atau pola Ritma musik.
yuk belajar bersama 😊
Ketukan dalam Musik
Dalam irama musik kita mendengar ketukan.
Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.
Contoh ketukan berulang dan teratur seperti denyutan jantung, tetesan air dan detak arlogi atau jam dinding.
Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.
Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.
Jika digambarkan seperti gerakan berikut
CEPAT
Gambar sedang berlari
SEDANG
Gambar sedang berjalan
LAMBAT
Gambar sedang merangkak
Contoh lagu tempo lambat: Bagimu Negeri
Contoh lagu tempo sedang: Kalau Kau Suka Hati
Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman
Ayo lakukan 😊
Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri
Apa yang kamu rasakan?
Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?
Seberapa cepat detak jantungmu?
Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.
Ayo Jawab 😊
Perhatikan gambar di bawah ini!
Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat
BAHASA INDONESIA
Kalimat Sapaan
Menyapa artinya menegur atau mengajak orang lain untuk bercakap-cakap.
Yang termasuk menyapa antara lain sebagai berikut.
Menanya kabar
Mengucapkan salam
Mengucapkan terima kasih
Mengucapkan selamat
Contoh kalimat sapaan antara lain sebagai berikut
Selamat pagi.
Hai apa kabar?
Bolehkah saya masuk?
Permisi mau tanya.
Maaf Bu, saya terlambat.
Boleh kah aku pinjam bukumu?
Lakukan percakapan dengan temanmu berdasarkan gambar berikut ini
Pamit pada ibu saat akan bermain di taman
Pagi hari saat akan berolahraga bertemu teman di depan rumahnya
Peragakan di depan kelas ucapan untuk peristiwa berikut.
Memohon maaf jika kamu merasa bersalah terhadap temanmu
Memohon izin ke kamar kecil kepada guru ketika jam pelajaran berlangsung
Mengucapkan terimakasih jika kamu diberi pujian atau barang oleh teman
Perhatikan cara menunjukkan sikap santun berikut.
Deni kehujanan saat pulang sekolah.
Dika meminjamkan payungnya pada Deni.
Deni berterima kasih pada Dika.
Saat belajar di rumah, Dika tidak paham dengan pelajaran yang dibacanya.
Dika minta bantuan ibu untuk menjelaskannya.
Dika tidak sengaja menginjak kaki adik.
Adik menangis.
Dika minta maaf pada adik.
Dika sedang mencari rumah teman.
Dika melihat ada seorang bapak sedang berkebun.
Dika ingin bertanya pada bapak itu.
Kalian sudah menyimak beberapa ungkapan santun pada teks di atas.
Kapan kalian perlu mengucapkan kata-kata santun? (tolong, terimakasih, dan permisi)?
MATEMATIKA
PENJUMLAHAN BILANGAN SAMPAI 10
Ada 4 anak bermain lompat tali.
Datang lagi 2 anak untuk ikut bermain.
Sekarang ada 6 anak yang bermain.
Mereka bermain bergantian.
Kesimpulan:
Alhamdulillah dalam pembelajaran hari ini peserta didik sudah dapat mempraktekkan ketukan dalam musik menggunakan tepuk tangan serta menyelesaikan soal terkait penjumlahan serta menggunakan kata sapaan dengan santun
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenali abjad
Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
Menulis huruf ‘K dan ‘k'
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’
Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari hari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
MATERI PEMBELAJARAN
Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.