Class 1A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Kelas         :1A SD Al Azhar 2

Semester  : 1

Hari,Tgl    : Selasa, 3 Oktober  2023

Muatan Pembelajaran  : 

Guru        : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd. 


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Ketukan dalam Musik
  • Penjumlahan Bilangan sampai 10
  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
  • Menulis huruf ‘K dan ‘k'
  • Kalimat sapaan

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
  • Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’ 
  • Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menggunakan kalimat sapaan yang santun

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
  • Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

SENI MUSIK


Kita sering bertepuk dan hentakkan kaki saat sedang bernyanyi.

Tepukkan tangan atau hentakkan kaki membentuk irama atau pola Ritma musik.


yuk belajar bersama 😊


Ketukan dalam Musik


Dalam irama musik kita mendengar ketukan.

Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

Contoh ketukan berulang dan teratur seperti denyutan jantung, tetesan air dan detak arlogi atau jam dinding.


Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.


Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.


Jika digambarkan seperti gerakan berikut

CEPAT

Gambar sedang berlari


SEDANG
Gambar sedang berjalan


LAMBAT
Gambar sedang merangkak


Contoh lagu tempo lambat: Bagimu Negeri 



Contoh lagu tempo sedang: Kalau Kau Suka Hati



Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman




Ayo lakukan 😊

Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri

Apa yang kamu rasakan?

Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?

Seberapa cepat detak jantungmu?

Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.


Ayo Jawab 😊

Perhatikan gambar di bawah ini!

Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat








BAHASA INDONESIA

Kalimat Sapaan 

Menyapa artinya menegur atau mengajak orang lain untuk bercakap-cakap.
Yang termasuk menyapa antara lain sebagai berikut.
  • Menanya kabar 
  • Mengucapkan salam 
  • Mengucapkan terima kasih 
  • Mengucapkan selamat 
Contoh kalimat sapaan antara lain sebagai berikut
  • Selamat pagi.
  • Hai apa kabar?
  • Bolehkah saya masuk?
  • Permisi mau tanya.
  • Maaf Bu, saya terlambat.
  • Boleh kah aku pinjam bukumu?
Lakukan percakapan dengan temanmu berdasarkan gambar berikut ini
Pamit pada ibu saat akan bermain di taman

Pagi hari saat akan berolahraga bertemu teman di depan rumahnya

Peragakan di depan kelas ucapan untuk peristiwa berikut.
  1. Memohon maaf jika kamu merasa bersalah terhadap temanmu
  2. Memohon izin ke kamar kecil kepada guru ketika jam pelajaran berlangsung
  3. Mengucapkan terimakasih jika kamu diberi pujian atau barang oleh teman
Perhatikan cara menunjukkan sikap santun berikut.



Deni kehujanan saat pulang sekolah.
Dika meminjamkan payungnya pada Deni.
Deni berterima kasih pada Dika.














Saat belajar di rumah, Dika tidak paham dengan pelajaran yang dibacanya.
Dika minta bantuan ibu untuk menjelaskannya.



















Dika tidak sengaja menginjak kaki adik. 
Adik menangis.
Dika minta maaf pada adik.

















Dika sedang mencari rumah teman.
Dika melihat ada seorang bapak sedang berkebun.
Dika ingin bertanya pada bapak itu.














Kalian sudah menyimak beberapa ungkapan santun pada teks di atas.
Sekarang jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Ungkapan santun apa saja yang diucapkan Dika?
  2. Pernahkah kalian mengucapkan ungkapan santun tersebut? Ceritakan pengalamanmu!
  3. Kapan kalian perlu mengucapkan kata-kata santun? (tolong, terimakasih, dan permisi)?


MATEMATIKA


PENJUMLAHAN BILANGAN SAMPAI 10


Ada 4 anak bermain lompat tali.


Datang lagi 2 anak untuk ikut bermain.


Sekarang ada 6 anak yang bermain.

Mereka bermain bergantian.



Kesimpulan: 

Alhamdulillah dalam pembelajaran hari ini peserta didik sudah dapat mempraktekkan ketukan dalam musik menggunakan tepuk tangan serta menyelesaikan soal terkait penjumlahan serta menggunakan kata sapaan dengan santun




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...