Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Rabu, 7 Mei 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : IPAS

Alat Peraga           : gambar dan video

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran IPAS.  

Elemen CP : Pemahaman Sains 

Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. 

 Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi definisi norma., mengidentifikasi definisi adat istiadat. dan mengidentifikasi norma atau adat istiadat yang berlaku di sekitarnya

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik mengenal dan menghargai keragaman budaya serta sejarah perjuangan Negriku di Indonesia.

Materi Pembelajaran 

PENGERTIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Keanekaragaman hayati merupakan istilah yang digunakan untuk keanekaragaman sumber daya alam, meliputi jumlah maupun frekuensi dari ekosistem, spesies, maupun gen di suatu tempat. Pada dasarnya keanekaragaman melukiskan keadaan yang bermacam-macam terhadap suatu benda yang terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal, ukuran, bentuk, tekstur maupun jumlah. Sedangkan kata hayati itu sendiri berarti sesuatu yang hidup, jadi Keanekaragaman Hayati dapat di artikan sebagai keanekaragaman atau keberagaman mahluk hidup yang bisa terjadi akibat adanya Perbedaan-perbedaan mulai dari perbedaan bentuk, ukuran, warna, jumlah tekstur, penampilan dan juga sifat-sifatnya.

Indonesia dengan keanekaragaman baik itu flora maupun faunanya, Keanekaragaman Hayati atau sering dikenal juga sebagai biodiversitas. Biodiversitas adalah suatu tingkat yang ada di dalam bumi dan hal ini menjadi patokan atau ukuran dalam penentu kesehatan bumi. Keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan suatu ekosistem darat memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada biodiversitas lingkungan di kutub. Hal ini disebabkan oleh iklim atau cuaca karena biodiversitas merupakan fungsi dari iklim. Sedangkan kata hayati itu sendiri berarti sesuatu yang hidup, jadi Keanekaragaman Hayati dapat di artikan sebagai keanekaragaman atau keberagaman mahluk hidup yang bisa terjadi akibat adanya Perbedaan-perbedaan mulai dari perbedaan bentuk, ukuran, warna, jumlah tekstur, penampilan dan juga sifat-sifatnya.

Indonesia dengan keanekaragaman baik itu flora maupun faunanya, Keanekaragaman Hayati atau sering dikenal juga sebagai biodiversitas. Biodiversitas adalah suatu tingkat yang ada di dalam bumi dan hal ini menjadi patokan atau ukuran dalam penentu kesehatan bumi. Keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan suatu ekosistem darat memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada biodiversitas lingkungan di kutub. Hal ini disebabkan oleh iklim atau cuaca karena biodiversitas merupakan fungsi dari iklim.

Pengertian Keragaman Budaya beserta Contohnya

Keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia adalah sumber kekayaan budaya yang luar biasa. Perbedaan ini juga dapat memunculkan tantangan dalam hal pemahaman dan toleransi. Oleh karena itu, penting untuk terus mempromosikan dialog antarbudaya, saling menghormati, dan kerukunan antarsuku dan agama.
Contoh keragaman budaya, yakni: Rumah adat, Bahasa daerah, Lagu daerah, Tarian daerah, Baju adat. Alat musik, Makanan khas.  Itulah penjelasan mengenai pengertian dan contoh keragaman budaya di Indonesia. Baca juga: Pengertian Isolasi Geografi dan Pengaruhnya pada Keragaman Budaya. 

Pengertian Adat Istiadat

Indonesia memiliki adat istiadat yang beragam karena penduduknya heterogen. Masyarakat heterogen ini memiliki budaya, tradisi, dan kebiasaan yang berbeda di setiap daerah. Norma, nilai, dan tradisi masyarakat Indonesia masih berlaku hingga kini. Adat istiadat adalah bagian dari kekayaan budaya suatu daerah atau bangsa.

Menurut KBBI, adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari generasi satu ke generasi lain sebagai warisan, sehingga kuat integrasinya dengan pola perilaku masyarakat. Adat berasal dari bahasa Persia yang berarti kebiasaan; cara; penggunaan; upacara; observasi. Sementara itu, istiadat berasal dari bahasa Arab isti‘adah yang berarti permintaan kembali. Adat istiadat adalah bagian berasal kekayaan budaya suatu wilayah atau bangsa. tata cara norma adalah bentuk budaya yang mewakili adat, nilai, tradisi, serta kebiasaan beserta berasal suatu grup. Umumnya, adat istiadat digunakan buat memandu sikap serta perilaku warga tertentu.

Adat istiadat bisa dikatakan sebagai bagian dari identitas yang melekat secara turun temurun. Adat istiadat adalah wujud perilaku yang diwariskan dari generasi ke generasi. Kini, adat istiadat adalah tradisi yang berusaha untuk terus dilestarikan agar kelak nanti anak cucu kita masih bisa melihat adat istiadat yang ada saat ini. Bentuk adat istiadat adalah aktivitas, kepercayaan atau upacara yang dilakukan secara turun temurun.

Contoh adat istiadat adalah upacara pernikahan adat Jawa, upacara potong gigi di Bali atau tradisi Bau Nyale di Lombok, Ngaben, Galungan dan Kuningan yang dilakukan masyarakat Bali. Adat istiadat adalah sikap atau kelakuan seseorang yang diikuti oleh orang lain, dalam jangka waktu lama. Adat istiadat ini mencerminkan kepribadian suatu masyarakat di daerah tertentu.

Macam-Macam Adat Istiadat

Adat istiadat yang sebenarnya Adat Adalah adat yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh waktu, dipindah tidak layu, dibasuh habis air. Artinya, semua ketetapan yang ada di alam ini memiliki sifat-sifat yang tak akan berubah.

Contohnya hutan gundul menjadi penyebab banjir, kejahatan pasti akan mendapat hukuman, kebaikan akan membuahkan kebahagiaan, dan seterusnya. Adat yang diadatkan ialah semua ketentuan yang berlaku di dalam masyarakat. Ketentuan-ketentuan ini dimodifikasikan oleh aturan yang berdasarkan sifat benda- benda di alam. Gunanya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat dalam hal ketertiban, perekonomian dan sosial budaya. Adat yang teradat yaitu aturan yang terbentuk berdasarkan musyawarah. Setiap kelompok masyarakat memiliki aturan dan tata cara yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Adat istiadat merupakan kebiasaan atau kesukaan masyarakat setempat ketika melaksanakan pesta, berkesenian, hiburan, berpakaian, olahraga, dsb.

Sejarah Perjuangan Negriku 

1. Kepahlawanan dan Patriotisme  ; Kepahlawanan adalah sikap mau berjuang untuk mewujudkan kebenaran, keadilan dan kemakmuran demi bangsa dan negara. Patriotisme adalah sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. 

Ciri-ciri sikap Kepahlawanan dan patriotisme, antara lain : 
1. Rela berkorban 
2. Cinta tanah air 
3. Tanpa pamrih 
4. Tidak mudah putus asa 
5. Bertanggung jawab 
6. Tidak mengutamakan kepentingan pribadi. 

Tokoh-tokoh Pahlawan Bangsaku 

Ada banyak serangkaian peristiwa yang terjadi sebelum kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah Pertempuran Surabaya 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Melalui Hari Pahlawan ini dijadikan sebagai momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini deretan pahlawan nasional Indonesia yang paling dikenang sepanjang masa yang perlu kamu ketahui!

1. Jendral Sudirman 
2. Sultan Hasanudin 
3. R.A. Kartini 
4. Pattimura 
5. Cut Nyak Dhien 
6. Pangeran Diponegoro 
7. Soekarno 
8. Bung Tomo 

Bentuk-Bentuk Peninggalan Sejarah   

1. Prasasti

Prasasti adalah peninggalan sejarah Indonesia yang berbentuk tulisan pada batu dan bernilai sejarah.

Contoh prasasti yang ada di Indonesia, yaitu:

- Prasasti Kutai di Kalimantan Timur.

- Prasasti Kebon Kopi di Bogor.

2. Arca

Arca adalah jenis peninggalan sejarah di Indonesia yang berbentuk patung.

Pada umumnya arca terbuat dari batu, tetapi ada juga uang terbuat dari perunggu.

Contoh peninggalan arca di Indonesia di antaranya adalah:

- Arca Airlangga peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang terletak di Jawa Timur.

- Arca Kertarajasa Jayawardhana peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur.

3. Benteng

Benteng adalah jenis peninggalan sejarah berbentuk bangunan yang biasanya digunakan sebagai pertahanaan pada waktu perang zaman lampau.

Berikut contoh peninggalan benteng di Indonesia.

- Benteng Vredeburg di Yogyakarta.

- Benteng Vastenburg di Solo, Jawa Tengah.

4. Candi

Candi adalah peninggalan sejarah di Indonesia yang berbentuk bangunan kuno.

Umumnya candi terbuat dari batu dan digunakan untuk tempat pemujaan agama Hindu dan Buddha zaman dahulu.

Berikut contoh peninggalan candi di Indonesia.

- Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

- Candi Prambanan di Yogyakarta.

- Candi Penataran di Blitar, Jawa Timur.

5. Situs

Situs adalah bentuk peninggalan sejarah benda-benda purbakala seperti situs Muara Jambi, situs Plawangan, dan situs Cilongok.

6. Monumen

Monumen adalah peninggalan sejarah di Indonesia yang berbentuk bangunan guna mengenang jasa para tokoh bersejarah dan untuk memperingati peristiwa yang bersejarah.

Contoh monumen sebagai peninggalan sejarah di Indonesia, yaitu:

- Monumen Nasional di Jakarta.

- Monumen Proklamasi di Jakarta.

- Monumen Tugu Muda di Semarang.

- Monumen Pers Nasional di Surakarta (Solo), Jawa Tengah. 

7. Museum

Museum adalah peninggalan sejarah berupa gedung atau tempat yang difungsikan untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

Contoh museum peninggalan sejarah di Indonesia, yaitu:

- Museum Satria Mandala di Jakarta.

- Museum Sudirman di Magelang, Jawa Tengah.

- Museum Purbakala Sangiran di Sragen, Jawa Tengah.

8. Gedung

Terdapat bebeberapa gedung yang menjadi peninggalan sejarah di Indonesia karena digunakan untuk peristiwa bersejarah di zaman dahulu.

Contoh gedung yang menjadi peninggalan sejarah di Indonesia adalah:

- Gedung Istana Presiden di Tampak Siring, Bali.

- Gedung Keraton yang ada di Cirebon, Yogyakarta, dan Surakarta atau Solo.

- Gedung Istana Bogor.

- Gedung Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah. 

9. Makam

Makam menjadi salah satu bentuk peninggalan sejarah karena makam tersebut menjadi tempat peristirahatan para tokoh bersejarah.

Contoh makam yang menjadi peninggalan sejarah, yaitu:

- Makam Ir. Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

- Makam Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan.

- Makam R.A. Kartini di Rembang, Jawa Tengah.

- Makam Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah.

10. Tempat Ibadah

Tempat ibadah menjadi peninggalan sejarah jika tempat tersebut memiliki nilai sejarah.

Contohnya Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus, Gereja Portugis di Jakarta, dan Masjid Baiturrahman di Aceh.

Berikut Video Pembelajaran : 



Tugasmu!

Kerjakan latihan soal dibawah ini dibuku latihan IPAS dan tulis soalnya dengan tulisan tegak bersambung rapih!

1. Tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia adalah __________ dan __________.
2. Teks Proklamasi dibacakan pada tanggal __________.
3. Salah satu peninggalan sejarah berupa bangunan yang digunakan untuk beribadah umat Hindu adalah __________.
4. Pahlawan nasional dari Aceh yang dikenal berani melawan penjajah adalah __________.
5. Tujuan para pahlawan berjuang melawan penjajah adalah untuk memperoleh __________.
6. Salah satu bentuk peninggalan sejarah yang berupa tulisan pada batu disebut __________.


Baiklah itu saja materi pembelajaran kita hari ini, semoga ananda solih soliha bu guru dapat memahami materi dengan baik. Jangan lupa tetap semangat dalam belajar dan selalu melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak. 

Refleksi pembelajaran 
Alhamdulillah pembelajaran daring hari ini berjalan lancar dan semua peserta didik dapat mengerjakan soal latihan dengan baik dan hanya 1 peserta didik yang belum mengumpulkan karena sedang sakit.

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Selasa, 6 Mei 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Matematika 

Alat Peraga           : gambar dan video

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran Matematika yaitu mengidentifikasi kumpulan data mengenai banyaknya benda dari diagram batang. 

Matematika 

Elemen CP : Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan). 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi kumpulan data mengenai banyaknya benda.  

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik mengumpulkan data mengenai banyaknya benda.

Materi Pembelajaran

Statistika Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel

Dalam matematika, ada istilah statistika yang berisi data dan disusun dalam bentuk yang berbeda-beda, salah satunya disajikan dalam bentuk tabel.

Data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari fakta yang sebenarnya dan bisa berupa angka maupun lambang.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu melalui angket atau kuesioner, dan cara yang kedua adalah melalui wawancara dengan narasumber.

Contoh data statistik
Contoh data statistik

Data di atas adalah contoh hasil ulangan matematika siswa dengan nilai yang berbeda-beda.

Untuk bisa menyajikan data di atas dalam bentuk tabel, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurutkan data dari yang paling besar ke yang terkecil.

Dari data di atas, diketahui kalau nilai ulangan terendah adalah 40, sedangkan nilah ulangan tertinggi adalah 100.

Ini artinya, nilai yang harus ditulis adalah dari 40 sampai 100 dan sajikan dalam bentuk tabel.

Tabel yang kita buat dapat terdiri dari tiga bagian, yaitu nilai, turus, dan frekuensi.

Pada kolom nilai, tulis nilai yang ada pada data, yaitu 40, 50, 60, 70, 80, 90, dan 100.

Sedangkan pada kolom turus diisi dengan garis sejumlah siswa yang mendapatkan nilai itu. Terakhir, kolom frekuensi diisi dengan angka banyaknya jumlah turus tadi.

Saat mengurutkan data, kolom turus sebenarnya hanya sebagai kolom bantuan saja, sehingga saat semua data sudah masuk dalam tabel, kolom turus bisa dihilangkan.

Statistika Menyajikan Data dalam Diagram Batang 

Diagram batang adalah diagram yang disajikan dalam bentuk batang yang tegak lurus atau sejajar dengan sumbu datar. 

Penyajian data di atas dalam bentuk diagram batang adalah sebagai berikut:


Berikut Video Pembelajaran : 



TUGASMU!

Kerjakan latihan Matematika Asesmen Akhir Bab 11, Halaman 98- 101 di buku Cetak Putih.  
jika memiliki buku dapat mengerjakan langsung, jika tidak memiliki buku dapat mengerjakan dibuku tulis dan langsung jawabannya saja. 





Baiklah itu saja materi pembelajaran kita hari ini, semoga ananda solih soliha bu guru dapat memahami materi dengan baik. Jangan lupa tetap semangat dalam belajar dan selalu melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak. 

Kesimpulan pembelajaran 
Alhamdulillah pembelajaran daring di hari Selasa berjalan dengan lancar, semua siswa mengumpulkan tugas walau ada yang malam mengumpulkan tugas,karena orang tua yang bekerja. Tapi sebelumnya sudah memberikan informasi.

 



Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Senin, 5 Mei 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila 

Alat Peraga           : gambar dan video

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila Bentuk Pelaksanaan Gotong Royong.

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1.1   Peserta didik memahami bentuk pelaksanakan gotong royong

Materi Pembelajaran 

BENTUK PELAKSANAAN GOTONG ROYONG

1. Contoh Gotong Royong di Rumah

1. Gotong royong membersihkan halaman rumah.

2. Gotong royong membersihkan mainan bersama saudara di rumah.

3. Memasak bersama orang tua untuk makan di pagi hari, siang, atau malam.

4. Membantu merawat tanaman dengan menyiraminya setiap pagi atau sore hari.

5. Membantu adik belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.

6. Merawat hewan peliharaan bersama-sama dengan saudara dan orang tua.

2. Contoh Gotong Royong di Rumah

1. Mengadakan acara bakti sosial di lingkungan sekitar sekolah.

2. Bergotong royong membuat prestasi baru dalam berbagai bidang.

3. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan menjaga tindakan selama di sekolah atau di luar sekolah.

4. Membersihkan tempat ibadah yang ada di lingkungan sekolah.

5. Mengumpulkan sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya.

3. Contoh Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat

1. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.
2. Membantu membangun rumah warga yang terkena musibah.
3. Gotong royong dalam membangun fasilitas umum di lingkungan sekitar, seperti jalan atau jembatan.
4. Saling membantu warga masyarakat yang terkena musibah.
5. Gotong royong dalam membersihkan tempat yang terkena musibah, seperti banjir atau tanah longsor.

Pentingnya Membangun TIM  dan Mengelola Gotong Royong

Pentingnya untuk membangun tim dalam menentukan tugas yang harus dilakukan untuk lebih teratur dan terarah, sehingga pekerjaan yang dilakukan bersama dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. apabila dalam gotong royong tidak dikelola dengan baik, akan menyebabkan ketidakteraturan dalam pengerjaannya.

Berikut ini beberapa cara untuk membangun kekompakan dalam kelompok atau tim.

1. Ciptakan komunikasi yang baik dan lancar

2. Hadirlah suasana yang nyaman dan terbuka

3. Jalin hubungan yang baik

4. Berikan kepercayaan pada orang lain dalam mengerjakan tugasnya

5. Saling menghargai

6. Tugas dan peran diperjelas

7. Berikan contoh yang baik

8. Berikan apresiasi dan terimakasih

TUGASMU! 

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, dengan menulis soal beserta jawabannya dibuku latihan Pendidikan Pancasila dengan tulisan tegak bersambung rapih!

1. Gotong royong adalah bentuk kerja sama yang dilakukan secara __________.

2. Salah satu manfaat gotong royong adalah pekerjaan menjadi lebih __________.

3. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah __________ kelas bersama-sama.

4. Dalam kegiatan gotong royong, kita harus saling __________ dan membantu.

5. Gotong royong mencerminkan nilai-nilai dalam sila ke-__________ Pancasila.

6. Membersihkan selokan bersama warga merupakan contoh gotong royong di lingkungan __________.

7. Jika tidak ikut gotong royong, berarti kita tidak menunjukkan sikap __________

8. Gotong royong mempererat tali __________ antar tetangga.


Baiklah itu saja materi pembelajaran kita hari ini, semoga ananda solih soliha bu guru dapat memahami materi dengan baik. Jangan lupa tetap semangat dalam belajar dan selalu melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak. 

Selamat Mengerjakan dan Semangat dalam Belajar ... 💪

Refleksi pembelajaran 

Alhamdulillah peserta didik dapat mengikuti pembelajaran secara daring, dan tugas sudah dikumpulkan. Semoga kita semuanya sehat selalu, aamiin ya rabbal alamiin 

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Jum'at, 2 Mei 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : PAK

Alat Peraga           : gambar dan video

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Tabik puun

Good morning everyone,I hope we are always in good condition and happy today. 

Alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan PAK yaitu sikap peduli dilingkungan masyarakat 

TP: peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap peduli dilingkungan masyarakat.

Sikap peduli terhadap sesama anggota masyarakat merupakan contoh sikap empati, kasih sayang, dan tanggung jawab sosialSikap ini menunjukkan kemampuan seseorang untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain, serta berusaha membantu dan memberikan dukungan, baik dalam bentuk tindakan maupun kata-kata.
Penjelasan Lebih Lanjut:
Sikap peduli terhadap sesama mencakup beberapa aspek, antara lain:
  • Empati:
    Kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain, sehingga kita dapat memberikan dukungan dan bantuan yang tepat. 
  • Kasih Sayang:
    Perasaan cinta dan perhatian terhadap sesama, yang mendorong kita untuk membantu dan melindungi mereka. 
  • Tanggung Jawab Sosial:
    Kesadaran bahwa kita memiliki kewajiban untuk berkontribusi positif bagi masyarakat, termasuk membantu mereka yang membutuhkan. 
  • Contoh Sikap Peduli:

  • Membantu tetangga yang sedang kesulitan.
  • Mencari solusi untuk masalah sosial di lingkungan sekitar.
  • Berbagi kebahagiaan dengan orang lain.
  • Memperjuangkan hak-hak orang lain yang terabaikan.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.
  • Berusaha untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi semua orang.

Selamat belajar, semoga sehat selalu dan semangat dalam belajarnya.💪🤗

Class 6D SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Rabu, 10 Desember 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Remedial dan pengayaan Tabik Pun 🙏  G...