Hari /Tanggal : Jum'at, 4 Maret 2022
Kelas : 3C SD AL AZHAR 2
Mata Pelajaran : Tematik
Guru : Khusnul Khotimah, S.Pd.
Good Morning, kaifahalukum, Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasi.setelah absen kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak!
Good Morning, kaifahalukum, Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 1 dan 2
Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), PPKn (3.3), Matematika (3.8), SBdP (3.2)
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks!
“Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
3. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Ayo Mengamati!
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.
Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.
Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.
Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.
Berapakah luas dari kain A dan kain B?
Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.
Ayo Berlatih!
Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.
Luas bidang A adalah 7 satuan
Luas bidang B adalah 10 satuan
Luas bidang C adalah 6 satuan
Luas bidang D adalah 7 satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang .....
Luas yang paling besar adalah bidang .....
Bidang ...... dan ...... pada gambar memiliki luas yang sama.
Ayo Mengamati!
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto.
Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Ayo Membaca!
Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut.
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf.
Ayo Mengamati!
Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang.
Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam. Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.
Jadi untuk tugas kita hari ini ada 6 point ya sholeh sholeha, silahkan dibaca dengan teliti materi kita hari ini...
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu'alaikum wrb
BalasHapusTrimakasih materi nya Bu guru
Azka Maura Safina
Kls3C
No Absen 05
SD Al Azhar 2
Hadir 🙏🙏
Assalamualaikum Bu guru
BalasHapusTerima kasih atas materinya
Khalif Noviano Hidayat
Kelas 3 C
No absen 16
Hadir
Assalamu'alaikum bu guru
BalasHapusRisky al-fatih akbar
Kelas 3c
No, absen 22
SD al-azhar 2
Ket. Hadir
Terimakasih🙏🙏
Assalamualaikum bu guru
BalasHapusAnindya Maheswari Widiono
Kelas 3C
Hadir
Terimakasih 🥰🙏
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama:Wildan Parhan fuadi
Kls:3c
No:26
Hadir
Assalamu'alaikum
BalasHapusAlecia Callysta vasha
No absen 1
Kls 3.c
SD al azhar 2