TTL: Sidodadi,10 Agustus 1989
Jenis kelamin:Perempuan
Alamat: jl sakura.kp sinar harapan kelurahan Rajabasa jaya,kec,rajabasa.kota bandar Lampung.
No hp: 085221413099
Medsos: Facebook dan instagram
Guru SD Al-Azhar 2 B.Lampung
TEMATIK KELAS 3C (TEMA 7 SubTema 2 Pb 1 dan 2)
Hari/Tanggal : Kamis , 10 Maret 2022
Kelas : 3C
Mata Pelajaran : Tematik
Guru : Khusnul Khotimah, S.Pd.
Tema: 7 (Perkembangan Teknologi)
Subtema: 2 ( Perkembangan Teknologi Produksi Sandang )
Pembelajaran: 1 dan 2
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia 3.6, Matematika 3.9 dan SBdP 3.3 PKn 3.3
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok
dari teks dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar
yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
3. Dengan membuat sumbu simetri, siswa dapat menentukan banyak
simetri lipatpada
sebuah bangun datar dengan benar.
4. Dengan mencermati gerakan memintal dan menenun, siswa dapat
mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian
dengan tepat.
5. Dengan mencermati gambar, siswa
dapat mengidentifikasi keberagaman pekerjaan individu dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekitar dengan tepat.
Apersepsi
Assalamualaikum Wr Wb
Good morning my student? How are you today?
I hope we are always in the good condition.
Yesterday , we learned theme 7 subtheme 1, And today we will learn theme 7 subtheme 2 lesson 1 and 2 , today we will have examination for subtheme 1
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasinya.
Okey,,, lets start our lesson today, keep your spirit my lovely student
Read the text carefully (Bacalah teks berikut dengan seksama)!
Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek, dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan?
Mari, kita pelajari bersama-sama!
Hari ini udara sangat panas. Udin merasa nyaman meskipun udara panas. Baju Udin terasa sejuk di badan. Mengapa begitu?
Bacalah dengan nyaring!
Bahan Dasar Pakaian
Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.
Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.
Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.
Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.
Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.
Bacalah kembali teks “Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Berikut isi cerita dari setiap paragraf "Bahan Dasar Pakaian"!
Jawaban:
Paragraf 1 : Keluarga Udin mempunyai banyak pakaian.
Paragraf 2 : Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba.
Paragraf 3 : Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra.
Paragraf 4 : Berbeda dengan Udin ,Pakaian orang zaman dulu terbuat dari kulit kayu dan kulit hewan.
Paragraf 5 : Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat dari alam.
Mari Membaca Teks Berikut!
Ayo Berlatih!
1. Tuliskan isi cerita dari paragraf yang ke 5 berjudul " Mengolah Bahan Dasar Pakaian"!
Ayo Mencoba!
Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan
Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling menutupi.
Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!
Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat.
Perhatikan Penjelasan tentang Simetri lipat melalui video berikut ini..
Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan.
Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan
membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang
membagi dua bangun datar dan saling menutupi.
Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
3. Lalu, buka lipatan kertas.
4. Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?
Amati bagan berikut!
2. Ayo berlatih Mencari Banyaknya Simetri Lipat Bangun Datar dibawah ini!
Ayo Mengamati!
Ayo berlatih!
3. Setelah melihat gambar gerakan memintal dan menenun Jawablah pertanyaan berikut!
1. Pontanu artinya adalah...
2. Tarian Pontanu berasal dari daerah...
Ayo Mengamati jenis pekerjaan!
Amati gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?
Mari kita perhatikan tabel tugas yang dilakukan dari beragam pekerjaan yang ada disekitar kita!
Ayo Berlatih!
4. Tuliskan 2 keberagaman pekerjaan yang kamu ketahui! serta tugas yang dilakukan!
Jadi untuk tugas kita hari ini ada 4 point ya sholeh sholeha, silahkan dibaca dengan teliti materi kita hari ini...
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu'alaikum wrb
BalasHapusAzka Maura Safina
Kls 3C
No Absen 05
SD Al Azhar 2
Hadir Bu Guru trimakasih 🙏🙏
Assalamu'alaikum bu guru
BalasHapusRisky al-fatih akbar
Kelas 3c
No, absen 22
SD al-azhar 2
Ket. Hadir
Terimakasih🙏🙏
Assalamu'alaikum
BalasHapusAlecia Callysta vasha
No absen 2
Kls 3.c
SD al azhar 2