TEMATIK KELAS 3C (TEMA 7 ST 1 PB 5 dan 6)

Hari /Tanggal               : Selasa, 8 Maret 2022

Kelas                            : 3C SD AL AZHAR 2

Mata Pelajaran             :  Tematik

Guru                             : Khusnul Khotimah, S.Pd.



Good Morning, kaifahalukum,Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasi.

setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 7                : Perkembangan Teknologi

Subtema 1            : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan 

Pembelajaran          : 5 dan 6

Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), PPKn (3.3), Matematika (3.8)

Tujuan Pembelajaran:

1.        Dengan membaca dan mengamati isi teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat.

2.        Setelah menemukan arti dari kata yang berkaitan dengan teknologi pangan menggunakan kamus, siswa dapat menggunakan kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat.

3.        Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan jelas dan tepat.

4.        Dengan memperhatikan penjelasan melalui gambar di blog, siswa dapat menemukanvolume suatu benda dengan satuan tidak baku.

5.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan volume benda dengan tepat.

6.        Dengan menganalisis gambar, siswa dapat membandingkan volume air dengan tepat.

7.        Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi hal baik (dampak positif) dan hal tidak baik (dampak negatif) dari keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

Tidak jauh dari tempat tinggal Udin terdapat sebuah peternakan sapi. Udin dan teman – temannya di perbolehkan untuk mengunjungi peternakan tersebut dan Udin mendapatkan teks bacaan tentang Susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman – temannya membaca teks bersama – sama.  Berikut teksnya :

Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi?

1. Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.

2. Susu dapat diolah menjadi produk baru seperti yoghut, keju, mentega, dan es krim.

3. Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.

4. Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.

 

Manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah makanan berbahan dasar susu lebih awet, menjadi produk baru yang disukai anak-anak, serta gizinya dapat dinikmati kapan saja.

 

Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks "Pengolahan Susu Sapi".

Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus!

Kamu bisa minta bantuan pada orang tua di rumah

Ø  Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dair luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya)

Ø  Teknologi artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

Ø  Pengemasan artinya proses, cara, perbuatan mengemasi.

Ø  Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.

 

Contoh Kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!

1. Daya tahan

Daya tahan tubuhnya sangat rendah sehingga mudah sakit.

2. Teknologi

Setiap negara berlomba-lomba menciptakan teknologi tercanggih.

3. Pengemasan

Pengemasan produk susu membuat susu menjadi lebih awet

4. Kedap udara

Kita tidak akan bisa bernapas di ruang kedap udara.

 



Memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita saling mengerti satu sama lain. Kita tidak akan pernah memaksakan kehendak atau marah saat pendapat kita ditolak.

Selain itu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain.

Dengan begitu, kita bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.

 

Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.


Ayo Mengamati

Volume Benda

Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.

Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B


volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B.

Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.

Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.

Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.

Gambar yang memiliki volume lebih banyak adalah berikut ini:



Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak! Gambar 3,Gambar 2 dan Gambar 1

Namun sebaliknya jika di minta mengurutkan dari yang terbesar maka jawabannya 1, 2 dan 3.

Siti, Dayu, Lani, Udin, Beni, dan Edo ingin belajar membuat tempe. Di sekitar tempat tinggal mereka, ada tempat pengolahan tempe. Sebelumnya mereka telah membaca beberapa informasi tentang pembuatan tempe.


Ayo Mengamati!

Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe.  Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe.Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan Beni bertugas merebus kacang kedelai.

Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil.

Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.


Maka Jawabannya adalah berikut ini:


Bacalah teks bacaan berikut!

Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe.

Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe  asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih.

Siti memaksa ingin membuat tempe balado. Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah.

Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi

pertengkaran.

Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan.

Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain.

Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

Amati hasil diskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang!

- Muncul sikap tenggang rasa

- Berbeda pendapat

- Perang antar suku bangsa

- Memahami perasaan orang lain

- Saling melengkapi satu sama lain

- Memicu pertengkaran

- Menghargai perbedaan

- Memaksakan kehendak

- Memperkaya wawasan

- Tidak mau bersatu

Tuliskan kembali sikap yang perlu ditiru dan dihindari jika terdapat perbedaan pada tabel berikut!

1. Perlu Ditiru

- Muncul sikap tenggang rasa

- Memahami perasaan orang lain

- Saling melengkapi satu sama lain

- Menghargai perbedaan

- Memperkaya wawasan

2. Perlu Dihindari

- Berbeda pendapat

- Perang antar suku bangsa

- Memicu pertengkaran

- Memaksakan kehendak

- Tidak mau bersatu

Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik.

Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.


TUGASMU!

Setelah memahami materi diatas maka tugas kalian hari ini adalah mengerjakan modul tematik atau Cerdas Halaman 64 dan 65. hanya bagian PKn, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP ya nak!

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum bu guru
    Risky al-fatih akbar
    Kelas 3c
    No, absen 22
    SD al-azhar 2
    Ket. Hadir terimakasih🙏🙏

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum
    Alecia Callysta vasha
    No absen 1
    Kls 3.c
    SD al azhar 2

    BalasHapus

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...