Hari/Tanggal : Jumat, 25 Juli 2025
Kelas : 6D
Mata Pelajaran : Matematika
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How do you do?
Matematika:
Tujuan Pembelajaran:
Membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 1.000.000
Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik dapat membaca lambang bilangan (angka,kata) hingga 1.000.000 dengan tepat, termasuk penggunaan tanda titik sebagai pemisah ribuan.
2. Peserta didik dapat menulis lambang bilangan dari nama bilangan atau sebaliknya hingga 1.000.000.
3. Peserta didik dapat memecah suatu bilangan menjadi nilai-nilai tempatnya (misalnya, 456.789 = 400.000 + 50.000 + 6.000 + 700 + 80 + 9).
Materi Pembelajaran:
MATERI PEMBELAJARAN: BILANGAN CACAH SAMPAI 1.000.000
✍️ Contoh:
- 324.506 → Tiga ratus dua puluh empat ribu lima ratus enam
- 785.000 → Tujuh ratus delapan puluh lima ribu
📝 Latihan: Tulislah dalam huruf:
- 209.000
- 1.000.000
2. Menentukan Nilai Tempat dan Nilai Angka
📌 Contoh:
Bilangan: 742.981
- Nilai tempat angka 4 adalah puluh ribuan
- Nilai angka 4 adalah 40.000
- Nilai tempat angka 1 adalah satuan
- Nilai angka 1 adalah 1
📝 Latihan: Tentukan nilai tempat dan nilai angka dari angka berikut dalam bilangan 958.347
- Angka 5
- Angka 3
3. Membandingkan Bilangan Cacah
📌 Contoh:
- 543.000 > 432.000
- 876.532 < 900.000
- Gunakan tanda >, <, =
📝 Latihan:
Bandingkan bilangan berikut:
- 394.201 ___ 429.201
- 999.999 ___ 1.000.000
4. Mengurutkan Bilangan Cacah
📌 Contoh:
Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar:
457.000, 123.000, 789.000, 456.000
➡️ 123.000, 456.000, 457.000, 789.000
📝 Latihan:
Urutkan bilangan berikut dari besar ke kecil:
345.000, 987.000, 123.000, 567.000
Jawaban Soal 1 (Analisis - C4):
Uang yang dimiliki:
-
Andi: Rp75.000
-
Budi: Rp80.500
-
Citra: Rp78.250
Harga sepatu: Rp79.000
Perbandingan:
-
Budi: Rp80.500 → cukup untuk membeli sepatu (lebih besar dari Rp79.000)
-
Citra: Rp78.250 → tidak cukup, kurang Rp750
-
Andi: Rp75.000 → tidak cukup, kurang Rp4.000
Urutan dari kemungkinan terbesar untuk membeli sepatu:
-
Budi (pasti bisa beli tanpa meminjam)
-
Citra (hampir cukup, hanya kurang Rp750)
-
Andi (kurangnya paling banyak, yaitu Rp4.000)
Alasan:
Urutan ini berdasarkan siapa yang memiliki jumlah uang paling besar dan mendekati atau melebihi harga sepatu. Semakin sedikit kekurangannya, semakin besar kemungkinan bisa membeli (misalnya, jika ada diskon atau tambahan uang sedikit).
✅ Jawaban Soal 2 (Evaluasi - C5):
Bilangan:
-
8.409
-
8.094
-
8.490
-
8.904
-
8.049
Urutan dari terbesar ke terkecil:
-
8.904
-
8.490
-
8.409
-
8.094
-
8.049
Penjelasan pola:
-
Semua bilangan terdiri dari empat digit, diawali angka 8.
-
Bilangan yang memiliki digit ratusan dan puluhan lebih besar berada di atas.
-
Misalnya:
-
8.904 memiliki ratusan 9 → paling besar.
-
8.490 memiliki ratusan 4, puluhan 9 → lebih besar dari 8.409 (puluhan 0).
-
-
Urutan ini berdasarkan perbandingan nilai tempat dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
✅ Jawaban Soal 3 (Kreasi - C6):
Syarat:
-
Bilangan terdiri dari 5 angka
-
Diawali angka 3
-
Lebih kecil dari 35.000
Contoh bilangan:
-
30.412
-
32.185
-
31.970
-
34.099
Urutan dari yang terkecil ke terbesar:
-
30.412
-
31.970
-
32.185
-
34.099
Penjelasan:
-
Semua bilangan terdiri dari 5 digit dan dimulai dengan angka 3.
-
Semua bilangan di bawah 35.000 → sesuai syarat.
-
Urutan ditentukan dengan membandingkan nilai ribuan dan ratusan.
-
Saya memastikan bilangan valid dengan:
-
Menulis angka awal = 3
-
Memastikan hasil akhirnya di bawah 35.000 saat ditulis lengkap.
-
Baiklah itu saja pembelajaran kita hari ini dikelas 6D. semoga kita semua sehat selalu dan dalam lindungan ALLAH SWT. Aamiin
Kesimpulan: Pembelajaran Matematika pada hari ini semua murid dapat menjawab soal dengan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar