Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Jumat, 25 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Matematika

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Matematika:

Tujuan Pembelajaran: 

Membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 1.000.000


Alur Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik dapat membaca lambang bilangan (angka,kata) hingga 1.000.000 dengan tepat, termasuk penggunaan tanda titik sebagai pemisah ribuan.

2. Peserta didik dapat menulis lambang bilangan dari nama bilangan atau sebaliknya hingga 1.000.000.

3. Peserta didik dapat memecah suatu bilangan menjadi nilai-nilai tempatnya (misalnya, 456.789 = 400.000 + 50.000 + 6.000 + 700 + 80 + 9).

Materi Pembelajaran:

MATERI PEMBELAJARAN: BILANGAN CACAH SAMPAI 1.000.000

✍️ Contoh:

  • 324.506 → Tiga ratus dua puluh empat ribu lima ratus enam
  • 785.000 → Tujuh ratus delapan puluh lima ribu

📝 Latihan: Tulislah dalam huruf:

  1. 209.000
  2. 1.000.000

2. Menentukan Nilai Tempat dan Nilai Angka

📌 Contoh:

Bilangan: 742.981

  • Nilai tempat angka 4 adalah puluh ribuan
  • Nilai angka 4 adalah 40.000
  • Nilai tempat angka 1 adalah satuan
  • Nilai angka 1 adalah 1

📝 Latihan: Tentukan nilai tempat dan nilai angka dari angka berikut dalam bilangan 958.347

  • Angka 5
  • Angka 3

3. Membandingkan Bilangan Cacah

📌 Contoh:

  • 543.000 > 432.000
  • 876.532 < 900.000
  • Gunakan tanda >, <, =

📝 Latihan:
Bandingkan bilangan berikut:

  1. 394.201 ___ 429.201
  2. 999.999 ___ 1.000.000

4. Mengurutkan Bilangan Cacah

📌 Contoh:

Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar:
457.000, 123.000, 789.000, 456.000
➡️ 123.000, 456.000, 457.000, 789.000

📝 Latihan:
Urutkan bilangan berikut dari besar ke kecil:
345.000, 987.000, 123.000, 567.000

Jawaban Soal 1 (Analisis - C4):

Uang yang dimiliki:

  • Andi: Rp75.000

  • Budi: Rp80.500

  • Citra: Rp78.250
    Harga sepatu: Rp79.000

Perbandingan:

  • Budi: Rp80.500 → cukup untuk membeli sepatu (lebih besar dari Rp79.000)

  • Citra: Rp78.250 → tidak cukup, kurang Rp750

  • Andi: Rp75.000 → tidak cukup, kurang Rp4.000

Urutan dari kemungkinan terbesar untuk membeli sepatu:

  1. Budi (pasti bisa beli tanpa meminjam)

  2. Citra (hampir cukup, hanya kurang Rp750)

  3. Andi (kurangnya paling banyak, yaitu Rp4.000)

Alasan:
Urutan ini berdasarkan siapa yang memiliki jumlah uang paling besar dan mendekati atau melebihi harga sepatu. Semakin sedikit kekurangannya, semakin besar kemungkinan bisa membeli (misalnya, jika ada diskon atau tambahan uang sedikit).


Jawaban Soal 2 (Evaluasi - C5):

Bilangan:

  • 8.409

  • 8.094

  • 8.490

  • 8.904

  • 8.049

Urutan dari terbesar ke terkecil:

  1. 8.904

  2. 8.490

  3. 8.409

  4. 8.094

  5. 8.049

Penjelasan pola:

  • Semua bilangan terdiri dari empat digit, diawali angka 8.

  • Bilangan yang memiliki digit ratusan dan puluhan lebih besar berada di atas.

  • Misalnya:

    • 8.904 memiliki ratusan 9 → paling besar.

    • 8.490 memiliki ratusan 4, puluhan 9 → lebih besar dari 8.409 (puluhan 0).

  • Urutan ini berdasarkan perbandingan nilai tempat dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.


Jawaban Soal 3 (Kreasi - C6):

Syarat:

  • Bilangan terdiri dari 5 angka

  • Diawali angka 3

  • Lebih kecil dari 35.000

Contoh bilangan:

  1. 30.412

  2. 32.185

  3. 31.970

  4. 34.099

Urutan dari yang terkecil ke terbesar:

  1. 30.412

  2. 31.970

  3. 32.185

  4. 34.099

Penjelasan:

  • Semua bilangan terdiri dari 5 digit dan dimulai dengan angka 3.

  • Semua bilangan di bawah 35.000 → sesuai syarat.

  • Urutan ditentukan dengan membandingkan nilai ribuan dan ratusan.

  • Saya memastikan bilangan valid dengan:

    • Menulis angka awal = 3

    • Memastikan hasil akhirnya di bawah 35.000 saat ditulis lengkap.

Baiklah itu saja pembelajaran kita hari ini dikelas 6D. semoga kita semua sehat selalu dan dalam lindungan ALLAH SWT. Aamiin

Kesimpulan: Pembelajaran Matematika pada hari ini semua murid dapat menjawab soal dengan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jumat, 25 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika Tabik Pun 🙏  Good morning my ...