Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Kamis, 24 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini kita memasuki pembelajaran di kelas 6D ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Mapel Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran 


Tujuan Pembelajaran
Menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai- nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

Model Pembelajaran Think pair share

Media digital, video dogeng/fabel

Materi
Teks Fiksi
Teks fiksi adalah teks yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan penulisTeks ini tidak berdasarkan pada kenyataan atau fakta, tetapi merupakan karya kreatif yang bertujuan untuk menghibur dan menyampaikan pesan moral. 
Teks fiksi, atau cerita rekaan, adalah jenis karangan yang seluruhnya atau sebagian besar dibuat berdasarkan imajinasi penulis. Tujuan utama teks fiksi adalah untuk menghibur pembaca, namun seringkali juga mengandung pesan moral atau pelajaran yang ingin disampaikan oleh pengarang. 

Ciri-ciri Teks Fiksi:
  • ·       Imajinatif: Cerita fiksi sepenuhnya atau sebagian besar berdasarkan imajinasi penulis, bukan kejadian nyata

    ·       Tidak ada kebenaran absolut: Meskipun bisa terinspirasi dari kejadian nyata, cerita fiksi tidak terikat pada kebenaran fakta. 

    ·         Alur cerita: Teks fiksi memiliki alur cerita yang jelas, termasuk pengenalan tokoh, konflik, klimaks, dan penyelesaian. 

    ·         Pesan moral: Seringkali, cerita fiksi mengandung pesan moral atau pelajaran yang ingin disampaikan kepada pembaca. 

    ·         Tokoh dan latar: Tokoh-tokoh dalam cerita fiksi adalah hasil kreasi penulis, meskipun bisa saja terinspirasi dari orang atau kejadian nyata. 

    ·         Bahasa: Bahasa yang digunakan dalam teks fiksi bisa lebih bebas dan kreatif, seringkali menggunakan majas seperti metafora, metonimia, dan simile. 

     

    Jenis-jenis Teks Fiksi:

    Novel, Cerpen, Dongeng, Mitos, Legenda, Fabel. 

    Contoh Teks Fiksi:

    ·         Novel seperti "Laskar Pelangi", "Negeri 5 Menara", atau "Harry Potter".

    ·         Cerpen seperti "Robohnya Surau Kami" atau cerita pendek lainnya.

  • Berikut video pembelajaran 

  •    








Materi Pendidikan Pancasila 
Tujuan Pembelajaran:
Menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh.

Alur TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    1. Setelah membaca teks, peserta didik mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

2.     2. Setelah membaca teks, peerta didik mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

3.   3.  Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan video, peserta didik mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.

4.     4.Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan video, peserta didik mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.

          MUATAN PKn

     Indonesia adalah bangsa dengan beragam suku, bangsa, budaya, agama, serta keadaan ekonomi. 

Peperbedaan tersebut adalah kekayaan bangsa kita. Untuk menjaga semangat persatuan dalam perbedaan, kita perlu hidup dengan rukun. Hidup rukun dapat dibangun mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat. Ada beberapa sikap yang perlu untuk mencapai persatuan dalam perbedaan. Sikap tersebut perlu diterapkan oleh semua anggota masyarakat. Sikap-sikap antara lain sebagai berikut: 

1.   1. Peduli 
2. Mendahulukan kepentingan bersama 
3. Toleransi kepada orang lain 
Toleransi artinya sikap saling menghormati dan menghargai antar individu meskipun terdapat perbedaan. 

Manfaat hidup rukun antara lain: 
1. Menciptakan kedamaian 
2. Hidup menjadi aman, nyaman, dan tentram 
3.   3.Menghindari perselisihan 
4. Dapat saling membantu ketika mengalami kesusahan 
5. Mempererat persatuan dan kesatuan

      Penerapan nilai-nilai satuan di sekolah 
Berikut contoh kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam perbedaan di sekolah 
1. Membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran 
2. Melakukan piket kelas bersama-sama 
3. Bermain bersama pada jam istirahat tanpa membeda-beda 
4. Mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah
 
Manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai dalam perbedaan di sekolah 
1. Dapat saling membantu jika ada pelajaran yang tidak dimengerti 
2. Suasana belajar di kelas menjadi nyaman 
3. Persahabatan semakin erat 
4. Membangun kekompakan ketika berolahraga 

Se   selain di sekolah kita juga perlu menerapkan nilai-nilai dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bersatu akan tercapai kehidupan yang damai, aman, nyaman, dan tentram. 

Seselain itu, persatuan juga dapat menghindarkan kita dari perselisihan. Salah satu Penerapan nilai persatuan dan kesatuan adalah dengan melakukan kerjasama. Kerjasama berarti suatu usaha untuk mencapai tujuan yang dilakukan secara bersama-sama. 

M  Mengerjakan sesuatu secara bersama-sama membawa banyak manfaat, antara lain: 
1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai 
2. Pekerjaan teratai lebih ringan 
3. Memperkuat semangat persatuan

      Nilai-nilai tuhan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat. 
Berikut contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai dalam perbedaan di masyarakat 
1. Membantu korban bencana alam tanpa melihat latar belakang mereka 
2. Mempersilahkan orang lain untuk beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing 
3. Membantu tetangga yang kesusahan meskipun berbeda suku atau agama. 

Manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai dalam perbedaan di masyarakat 
1. Kehidupan masyarakat menjadi aman, tentram dan damai. 
2. Masalah lebih cepat terselesaikan karena semua masyarakat bersatu 
3. Lebih banyak mendapat yang disampaikan ketika bermusyawarah

Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini.

semoga bermanfaat untuk kita semua. selamat belajar semoga sukses.

silahkan tuliskan refleksi pembelajaran kalian dikolom komentar ya.

wassalamualaikum, wr,wb.

Refleksi pembelajaran;


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 24 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila  T...