Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 29 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila 
Tujuan pembelajaran 
Murid dapat menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara

Alur Tujuan pembelajaran 
1. Murid dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam sila-sila Pancasila serta keterhubungan sila 1 dengan yang lain 
2. Murid diharapkan mampu menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh melalui serangkaian kegiatan yang berpusat pada pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan 
3. Murid dapat menguraikan makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup dan ideologi bangsa dan negara. 

Materi Pembelajaran 
  1. 1. Pancasila sebagai Dasar Negara:
    • Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi landasan hukum dan tata pemerintahan Indonesia. 
    • Pancasila sebagai staatsfundamentalnorm, sumber dari segala sumber hukum. 
    • Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945. 
    • Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam sistem perundang-undangan.
    • 2. Pancasila sebagai Pandangan Hidup:
    • Pancasila sebagai pedoman dalam berpikir, bersikap, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. 
    • Lima sila dalam Pancasila sebagai sumber nilai-nilai moral dan etika. 
    • Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
    • 3. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa:
    • Pancasila sebagai ideologi terbuka yang mampu mengakomodasi perubahan zaman. 
    • Pancasila sebagai cita-cita bangsa dan negara Indonesia. 
    • Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam keberagaman. 
    • 4. Nilai-nilai Pancasila:
    • Penjelasan rinci mengenai masing-masing sila dalam Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 
    • Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan.
    • 5. Pancasila dalam Konteks Ke-Indonesiaan:
    • Pancasila sebagai identitas dan jati diri bangsa Indonesia. 
    • Pancasila sebagai sarana untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. 
    • Pancasila sebagai alat untuk menghadapi tantangan zaman. 
Video pembelajaran 


Bahasa Indonesia 
Tujuan pembelajaran 
Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.

Materi Pembelajaran 

·         Mengenali berbagai pola kombinasi huruf dalam kata (KV, KVK, KKV, imbuhan, diftong, kata serapan)

·         Membaca kata-kata tersebut dengan lancar, jelas, dan tepat (fasih)

·         Membaca kalimat/puisi/teks pendek dengan intonasi dan ekspresi yang sesuai (indah)

 

2. 🔡 Materi Inti

🔹 A. Pola Kombinasi Huruf dalam Kata

Jenis-jenis pola kombinasi yang harus dikuasai siswa:

Pola

Contoh Kata

KV (Konsonan-Vokal)

ba, mi, to

KVK

mak, dan, pul

KVKV

buku, ratu, sapi

KKV

pra, sma, gri

KKVK

prak, drastis

KVK-KVK

tangkap, lambang

Imbuhan awalan

membaca, bermain, tertawa

Imbuhan akhiran

mainan, tulisan, makanan

Diftong (ai, au, oi)

pandai, kerbau, dodoi

Kata serapan asing

televisi, museum, globalisasi

 

🔹 B. Teknik Membaca Fasih

1.      Membaca lancar tanpa terbata-bata

2.      Pelafalan huruf dan suku kata tepat

3.      Suara jelas dan terdengar oleh semua

4.      Mengulang jika salah, bukan langsung lanjut

🔹 C. Teknik Membaca Indah

1.      Intonasi sesuai jenis kalimat (tanya, seru, biasa)

2.      Ekspresi mencerminkan isi bacaan (gembira, sedih, marah)

3.      Jeda tepat di tanda baca (, . ? !)

4.      Nada suara bervariasi, tidak datar

🔹 D. Contoh Teks Latihan

📘 Kata-Kata Berpola

·         belajar, berlari, domba, tangkap, prajurit, mawar, televisi, kerbau

📘 Kalimat Pendek

·         “Domba-domba itu sedang berlari ke padang rumput.”

·         “Prajurit itu berdiri tegak menjaga gerbang istana.”

📘 Puisi Pendek

Ibu
Ibu tersenyum di pagi hari,
Menyambut mentari dengan doa suci.
Tangannya lembut, hatinya teduh,
Ibu, cintamu tak pernah luruh.


3. 🎲 Aktivitas Pendukung

·         Kartu kata berpola: siswa membacakan dan mengelompokkan berdasarkan pola

·         Permainan ekspresi baca: membaca kalimat yang sama dengan 3 nada berbeda (gembira, marah, sedih)

Rekam bacaan: siswa membaca teks lalu merekam dan menilai diri sendiri
  • M

Video pembelajaran 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS DAY 3 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Selasa, 14  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, B.Inggris Tabik Pu...