Hari/Tanggal : Selasa, 29 Juli 2025
Kelas : 6D
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How do you do?
- 1. Pancasila sebagai Dasar Negara:
- Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi landasan hukum dan tata pemerintahan Indonesia.
- Pancasila sebagai staatsfundamentalnorm, sumber dari segala sumber hukum.
- Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945.
- Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam sistem perundang-undangan.
- 2. Pancasila sebagai Pandangan Hidup:
- Pancasila sebagai pedoman dalam berpikir, bersikap, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.
- Lima sila dalam Pancasila sebagai sumber nilai-nilai moral dan etika.
- Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
- 3. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa:
- Pancasila sebagai ideologi terbuka yang mampu mengakomodasi perubahan zaman.
- Pancasila sebagai cita-cita bangsa dan negara Indonesia.
- Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam keberagaman.
- 4. Nilai-nilai Pancasila:
- Penjelasan rinci mengenai masing-masing sila dalam Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
- Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan.
- 5. Pancasila dalam Konteks Ke-Indonesiaan:
- Pancasila sebagai identitas dan jati diri bangsa Indonesia.
- Pancasila sebagai sarana untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
- Pancasila sebagai alat untuk menghadapi tantangan zaman.
·
Mengenali berbagai pola kombinasi huruf
dalam kata (KV, KVK, KKV, imbuhan, diftong, kata serapan)
·
Membaca kata-kata tersebut dengan lancar,
jelas, dan tepat (fasih)
·
Membaca kalimat/puisi/teks pendek dengan intonasi
dan ekspresi yang sesuai (indah)
2. 🔡 Materi Inti
🔹 A.
Pola Kombinasi Huruf dalam Kata
Jenis-jenis pola kombinasi yang harus dikuasai siswa:
Pola |
Contoh Kata |
KV (Konsonan-Vokal) |
ba, mi, to |
KVK |
mak, dan, pul |
KVKV |
buku, ratu, sapi |
KKV |
pra, sma, gri |
KKVK |
prak, drastis |
KVK-KVK |
tangkap, lambang |
Imbuhan awalan |
membaca, bermain, tertawa |
Imbuhan akhiran |
mainan, tulisan, makanan |
Diftong (ai, au, oi) |
pandai, kerbau, dodoi |
Kata serapan asing |
televisi, museum, globalisasi |
🔹 B.
Teknik Membaca Fasih
1. Membaca
lancar tanpa terbata-bata
2. Pelafalan
huruf dan suku kata tepat
3. Suara
jelas dan terdengar oleh semua
4. Mengulang
jika salah, bukan langsung lanjut
🔹 C.
Teknik Membaca Indah
1. Intonasi
sesuai jenis kalimat (tanya, seru, biasa)
2. Ekspresi
mencerminkan isi bacaan (gembira, sedih, marah)
3. Jeda
tepat di tanda baca (, . ? !)
4. Nada
suara bervariasi, tidak datar
🔹 D.
Contoh Teks Latihan
📘
Kata-Kata Berpola
·
belajar, berlari, domba, tangkap, prajurit,
mawar, televisi, kerbau
📘
Kalimat Pendek
·
“Domba-domba itu sedang berlari ke padang
rumput.”
·
“Prajurit itu berdiri tegak menjaga gerbang
istana.”
📘
Puisi Pendek
Ibu
Ibu tersenyum di pagi hari,
Menyambut mentari dengan doa suci.
Tangannya lembut, hatinya teduh,
Ibu, cintamu tak pernah luruh.
3. 🎲 Aktivitas Pendukung
·
Kartu kata berpola: siswa
membacakan dan mengelompokkan berdasarkan pola
·
Permainan ekspresi baca:
membaca kalimat yang sama dengan 3 nada berbeda (gembira, marah, sedih)
- M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar