Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Jumat, 31 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Matematika

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..


Matematika
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Menunjukkan penguasaan konsep operasi hitung melalui penyelesaian soal dengan benar
2. Menyelesaikan soal dengan menggunakan strategi/sifat operasi hitung dengan tepat

Materi Pembelajaran:

OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH

1. Penjumlahan:

Penjumlahan adalah operasi menggabungkan dua bilangan atau lebih untuk mendapatkan hasil total.

Contoh: 25.000 + 15.000 = 40.000

Cara: Susun bilangan berdasarkan nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, dst.) lalu jumlahkan setiap kolom, mulai dari satuan. Jika hasil penjumlahan melebihi 9, maka angka puluhan ditambahkan ke kolom selanjutnya. 

2. Pengurangan:

Pengurangan adalah operasi mencari selisih antara dua bilangan. 

Contoh: 75.000 - 20.000 = 55.000 

Cara: Susun bilangan berdasarkan nilai tempat, lalu kurangkan setiap kolom, mulai dari satuan. Jika angka yang dikurangkan lebih kecil dari angka pengurang, maka pinjam dari kolom sebelah kiri. 

3. Perkalian:

Perkalian adalah penjumlahan berulang dari suatu bilangan. 

Contoh: 200 x 5 = 1000 (sama dengan 200 + 200 + 200 + 200 + 200) 

Cara: Perkalian bilangan cacah besar dapat dilakukan dengan perkalian bersusun. 

4. Pembagian:

Pembagian adalah operasi mencari berapa kali suatu bilangan terkandung dalam bilangan lain, atau membagi suatu bilangan menjadi beberapa kelompok sama besar. 

Contoh: 10.000 : 5 = 2.000 

Cara: Pembagian bilangan cacah besar dapat dilakukan dengan pembagian bersusun. 

 

Contoh Soal Operasi Hitung dalam Kehidupan sehari- hari

Penjumlahan:

Seorang pedagang memiliki 35.000 buah jeruk dan membeli lagi 15.000 buah. Berapa total jeruk yang dimiliki pedagang? Jawab: 35.000 + 15.000 = 50.000 buah.

Pengurangan:

Sebuah toko memiliki 75.000 pensil. Jika terjual 25.000 pensil, berapa sisa pensil? Jawab: 75.000 - 25.000 = 50.000 pensil.

Perkalian:

Sebuah kotak berisi 20.000 kelereng. Jika ada 4 kotak, berapa total kelereng? Jawab: 4 x 20.000 = 80.000 kelereng.

Pembagian:

60.000 buku akan dibagi rata ke dalam 6 rak. Berapa buku di setiap rak? Jawab: 60.000 : 6 = 10.000 buku.

Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:

Belanja: Menghitung total belanjaan, menghitung kembalian.

Uang: Menghitung sisa uang, membagi uang untuk keperluan berbeda.

Waktu: Menghitung durasi kegiatan, membagi waktu untuk tugas.

Bangunan: Menghitung kebutuhan bahan bangunan, menghitung luas ruangan.

Urutan Operasi Hitung Campuran (Aturan Hitung)

Dalam menyelesaikan soal hitung campuran, urutan pengerjaan sangat penting. Ikuti aturan berikut:

  1. Kerjakan operasi dalam tanda kurung ( ) terlebih dahulu.

  2. Kemudian, kerjakan perkalian (×) dan pembagian (÷) dari kiri ke kanan.

  3. Terakhir, kerjakan penjumlahan (+) dan pengurangan (–) dari kiri ke kanan.

Contoh:
250.000 + 100.000 × 2 – 50.000 = ?
Langkah pengerjaan:
→ 100.000 × 2 = 200.000
→ 250.000 + 200.000 = 450.000
→ 450.000 – 50.000 = 400.000

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1:

(300.000 – 100.000) ÷ 2 = ?
→ 200.000 ÷ 2 = 100.000

Contoh 2:

500.000 + 250.000 – 100.000 × 2 = ?
→ 100.000 × 2 = 200.000
→ 500.000 + 250.000 = 750.000
→ 750.000 – 200.000 = 550.000

Tips Mengerjakan Soal

  • Gunakan kertas coret untuk hitung besar.

  • Perhatikan tanda kurung.

  • Hitung secara bertahap dan hati-hati.

  • Cek ulang jawabanmu sebelum menyerahkan.

VIDEO PEMBELAJARAN:

https://youtu.be/HTMDCH_gmmE


https://youtu.be/tmnBJbFQY5Q




Latihan Soal Matematika Hitung Campuran (Bilangan Cacah sampai 1.000.000)

  1. 125.000 + 245.000 × 2 = ___

  2. (980.000 – 375.000) ÷ 5 = ___

  3. 450.000 + 75.000 – 125.000 = ___

  4. 300.000 ÷ (5 × 2) = ___

  5. (500.000 + 250.000) – (125.000 × 2) = ___

  6. 600.000 – (75.000 ÷ 5) = ___

  7. (1.000.000 – 400.000) ÷ 2 + 50.000 = ___

  8. 750.000 – 250.000 × 2 + 100.000 = ___

  9. 900.000 ÷ 3 – (100.000 + 50.000) = ___

  10. (600.000 + 300.000) ÷ (9 – 6) = ___


Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat. dan kita selalu diberikan kesehatan
Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jumat, 31 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika Tabik Pun 🙏  Good morning my ...