Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Kamis, 31 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, Seni Rupa, Pendidikan Pancasila 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Bahasa Indonesia 
Tujuan pembelajaran 
Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.

A. Apa itu Pola Kombinasi Huruf?

Pola kombinasi huruf adalah gabungan beberapa huruf dalam kata yang menghasilkan bunyi tertentu. Tidak semua huruf dibaca satu per satu, karena ada huruf yang membentuk bunyi gabungan.

Jenis-Jenis Kombinasi Huruf:

Jenis KombinasiContoh GabunganContoh Kata
Konsonan Gandang, ny, kh, syngantuk, nyata, khas, syukur
Diftong (dua vokal dalam satu suku kata)ai, au, oi, eipantai, kerbau, amoi, pawai
Gabungan Konsonankr, pr, bl, tr, plkrisis, pramuka, blusukan, tradisi, plaza
Gabungan Kata (kata majemuk)-rumahsakit, alatmusik, kakilima

🔊 B. Cara Membaca Fasih dan Indah

1. Fasih

  • Melafalkan setiap kata dengan jelas dan tanpa terputus-putus.

  • Tidak mengeja seperti anak TK.

  • Memperhatikan suku kata dan tanda baca.

2. Indah

  • Menggunakan intonasi (nada suara naik-turun).

  • Memberi jeda di tanda baca.

  • Menyesuaikan ekspresi suara dengan isi bacaan (senang, sedih, serius, kagum, dll).

🧠 C. Contoh Latihan Bacaan

📌 Latihan Membaca Kata:

Bacalah kata-kata ini dengan jelas dan lancar:

  • Syukur, khas, nganga, nyaman

  • pantai, kerbau, pulau, pandai

  • krisis, pramuka, plaza, truk

  • rumahsakit, alatmusik, kakilima

📌 Latihan Membaca Kalimat:

  1. "Syahrul pergi ke rumahsakit karena sakit kepala."

  2. "Kerbau itu berjalan perlahan menuju sawah."

  3. "Pramuka dari berbagai sekolah berkumpul di lapangan."

  4. "Pantai itu sangat indah saat matahari terbenam."

         Video Pembelajaran
           


🎤 D. Kegiatan Praktik

🔁 1. Latihan Membaca Paragraf Pendek

Bacalah teks berikut dengan lafal yang tepat, intonasi yang sesuai, dan jeda yang pas:

Pagi itu cerah. Di tepi pantai, anak-anak bermain layang-layang. Angin bertiup sepoi-sepoi, membawa aroma laut yang segar. Ibu duduk di bawah payung pantai, sambil membaca buku cerita.

🎧 2. Latihan Rekaman

  • Rekam suara kamu saat membaca teks.

  • Dengarkan kembali. Apakah suaramu sudah jelas dan ekspresif?

  • Bandingkan dengan temanmu dan berikan masukan.

📝 E. Penugasan

  1. Tuliskan 5 kata yang mengandung huruf ng, 5 kata yang mengandung ai, dan 5 kata yang diawali gabungan konsonan (seperti kr, tr, bl).

  2. Buatlah 3 kalimat yang menggunakan masing-masing kata di atas.

  3. Latihan membaca teks cerita pendek di depan kelas dengan suara yang lantang dan ekspresif

📌 Tips Tambahan:

  • Latihan setiap hari minimal 10 menit.

  • Gunakan cermin atau rekaman untuk melihat ekspresi dan memperbaiki pelafalan.

  • Jangan malu! Semakin sering latihan, semakin bagus kemampuan membacamu.

      

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran

Murid dapat Menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman  pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Alur Tujuan Pembelajaran

1. Mengidentifikasi unsur rupa (titik, garis, bentuk, warna, tekstur, ruang) yang digunakan dalam karya.

2.   Menjelaskan prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, kontras) yang tampak dalam karya.

3.    Menyimpulkan bagaimana perpaduan unsur rupa membentuk prinsip desain dalam sebuah karya.

4. Menyampaikan hasil pengamatan dan simpulan secara lisan dan/atau tertulis menggunakan istilah seni rupa yang tepat

Materi Pembelajaran

Menyimpulkan Hasil Pengamatan dan Pemahaman pada Perpaduan Unsur dalam Prinsip Desain

 

🖼️ A. Unsur Rupa dalam Karya Seni

Unsur rupa adalah bagian dasar pembentuk karya seni. Setiap karya seni rupa terbentuk dari unsur-unsur berikut:

Unsur Rupa

Penjelasan

Contoh dalam Karya

Titik

Unsur paling dasar dalam seni rupa

Titik-titik pada lukisan pointilisme

Garis

Sambungan antara dua titik

Garis lurus pada gambar bangunan

Bentuk

Wujud dua atau tiga dimensi

Lingkaran, segitiga, bola, kubus

Warna

Hasil pantulan cahaya

Warna hangat (merah), warna dingin (biru)

Tekstur

Kesan permukaan benda

Kasar (kayu), halus (kaca)

Ruang

Kesan kedalaman atau volume

Perspektif dalam lukisan lanskap

B. Prinsip Desain

Prinsip desain adalah cara mengatur unsur rupa agar karya seni terlihat seimbang, menarik, dan bermakna.

Prinsip Desain

Penjelasan

Contoh

Kesatuan

Unsur-unsur tampak menyatu

Warna dan bentuk senada

Keseimbangan

Pembagian unsur yang setara (simetris/asimetris)

Lukisan simetris pada kupu-kupu

Irama

Pengulangan bentuk atau warna secara teratur

Gelombang garis atau warna yang berulang

Penekanan

Bagian yang paling menonjol

Warna cerah di tengah latar gelap

Proporsi

Perbandingan ukuran antar objek

Tubuh manusia seimbang dengan kepala

Kontras

Perbedaan mencolok antar unsur

Hitam dan putih, besar dan kecil

 

C. Contoh Pengamatan dan Penyimpulan

Contoh Gambar: Sebuah poster kampanye lingkungan
Hasil Pengamatan:

·         Unsur rupa yang terlihat: garis, bentuk, warna hijau dominan, ruang untuk latar belakang.

·         Prinsip desain: keseimbangan asimetris, penekanan pada simbol pohon besar di tengah.

Simpulan:

"Dalam poster kampanye ini, perpaduan bentuk sederhana, warna hijau, dan ruang negatif menciptakan penekanan pada simbol utama dan kesatuan pesan visual tentang alam."

🗣️ D. Menyampaikan Simpulan dengan Bahasa Seni Rupa

Ketika menyampaikan hasil pengamatan, gunakan istilah yang tepat:

·         Gunakan kata: “unsur rupa”, “garis”, “warna dominan”, “kontras”, “penekanan”, “keseimbangan”, dan sebagainya.

·         Hindari: “bagus”, “rame”, “nggak cocok” (gunakan istilah teknis).

Contoh Kalimat:

·         “Karya ini menggunakan kontras warna merah dan putih untuk menciptakan penekanan pada logo utama.”

·         “Ada keseimbangan simetris antara objek di kiri dan kanan.”

       E. Ringkasan

·         Unsur rupa = bahan dasar seni rupa.

·         Prinsip desain = cara menyusun unsur rupa agar indah dan efektif.

·         Penyimpulan = hasil analisis pengamatan karya.

·         Komunikasi visual = menggunakan istilah seni rupa untuk menjelaskan.

Video Pembelajaran:

https://youtu.be/WkbWOkSE8Rk



Pendidikan Pancasila 
Tujuan pembelajaran 
Murid dapat menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara

Alur Tujuan pembelajaran 
1. Murid dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam sila-sila Pancasila serta keterhubungan sila 1 dengan yang lain 
2. Murid diharapkan mampu menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh melalui serangkaian kegiatan yang berpusat pada pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan 
3. Murid dapat menguraikan makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup dan ideologi bangsa dan negara. 

Materi Pembelajaran 
  1. 1. Pancasila sebagai Dasar Negara:
    • Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi landasan hukum dan tata pemerintahan Indonesia. 
    • Pancasila sebagai staatsfundamentalnorm, sumber dari segala sumber hukum. 
    • Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945. 
    • Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam sistem perundang-undangan.
    • 2. Pancasila sebagai Pandangan Hidup:
    • Pancasila sebagai pedoman dalam berpikir, bersikap, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. 
    • Lima sila dalam Pancasila sebagai sumber nilai-nilai moral dan etika. 
    • Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
    • 3. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa:
    • Pancasila sebagai ideologi terbuka yang mampu mengakomodasi perubahan zaman. 
    • Pancasila sebagai cita-cita bangsa dan negara Indonesia. 
    • Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam keberagaman. 
    • 4. Nilai-nilai Pancasila:
    • Penjelasan rinci mengenai masing-masing sila dalam Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 
    • Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan.
    • 5. Pancasila dalam Konteks Ke-Indonesiaan:
    • Pancasila sebagai identitas dan jati diri bangsa Indonesia. 
    • Pancasila sebagai sarana untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. 
    • Pancasila sebagai alat untuk menghadapi tantangan zaman. 
Video pembelajaran 




Baiklah itu saja pembelajaran hari ini, semoga bermanfaaat untuk kalian. terimakasih
Wassalamualaikum, Wr, Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 31 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, Seni Rupa, Pendidikan P...