Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 30 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran

Murid dapat Menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman  pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Alur Tujuan Pembelajaran

1. Mengidentifikasi unsur rupa (titik, garis, bentuk, warna, tekstur, ruang) yang digunakan dalam karya.

2.   Menjelaskan prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, kontras) yang tampak dalam karya.

3.    Menyimpulkan bagaimana perpaduan unsur rupa membentuk prinsip desain dalam sebuah karya.

4. Menyampaikan hasil pengamatan dan simpulan secara lisan dan/atau tertulis menggunakan istilah seni rupa yang tepat

Materi Pembelajaran

Menyimpulkan Hasil Pengamatan dan Pemahaman pada Perpaduan Unsur dalam Prinsip Desain

 

🖼A. Unsur Rupa dalam Karya Seni

Unsur rupa adalah bagian dasar pembentuk karya seni. Setiap karya seni rupa terbentuk dari unsur-unsur berikut:

Unsur Rupa

Penjelasan

Contoh dalam Karya

Titik

Unsur paling dasar dalam seni rupa

Titik-titik pada lukisan pointilisme

Garis

Sambungan antara dua titik

Garis lurus pada gambar bangunan

Bentuk

Wujud dua atau tiga dimensi

Lingkaran, segitiga, bola, kubus

Warna

Hasil pantulan cahaya

Warna hangat (merah), warna dingin (biru)

Tekstur

Kesan permukaan benda

Kasar (kayu), halus (kaca)

Ruang

Kesan kedalaman atau volume

Perspektif dalam lukisan lanskap

B. Prinsip Desain

Prinsip desain adalah cara mengatur unsur rupa agar karya seni terlihat seimbang, menarik, dan bermakna.

Prinsip Desain

Penjelasan

Contoh

Kesatuan

Unsur-unsur tampak menyatu

Warna dan bentuk senada

Keseimbangan

Pembagian unsur yang setara (simetris/asimetris)

Lukisan simetris pada kupu-kupu

Irama

Pengulangan bentuk atau warna secara teratur

Gelombang garis atau warna yang berulang

Penekanan

Bagian yang paling menonjol

Warna cerah di tengah latar gelap

Proporsi

Perbandingan ukuran antar objek

Tubuh manusia seimbang dengan kepala

Kontras

Perbedaan mencolok antar unsur

Hitam dan putih, besar dan kecil

 

C. Contoh Pengamatan dan Penyimpulan

Contoh Gambar: Sebuah poster kampanye lingkungan
Hasil Pengamatan:

·         Unsur rupa yang terlihat: garis, bentuk, warna hijau dominan, ruang untuk latar belakang.

·         Prinsip desain: keseimbangan asimetris, penekanan pada simbol pohon besar di tengah.

Simpulan:

"Dalam poster kampanye ini, perpaduan bentuk sederhana, warna hijau, dan ruang negatif menciptakan penekanan pada simbol utama dan kesatuan pesan visual tentang alam."

🗣D. Menyampaikan Simpulan dengan Bahasa Seni Rupa

Ketika menyampaikan hasil pengamatan, gunakan istilah yang tepat:

·         Gunakan kata: “unsur rupa”, “garis”, “warna dominan”, “kontras”, “penekanan”, “keseimbangan”, dan sebagainya.

·         Hindari: “bagus”, “rame”, “nggak cocok” (gunakan istilah teknis).

Contoh Kalimat:

·         “Karya ini menggunakan kontras warna merah dan putih untuk menciptakan penekanan pada logo utama.”

·         “Ada keseimbangan simetris antara objek di kiri dan kanan.”

       E. Ringkasan

·         Unsur rupa = bahan dasar seni rupa.

·         Prinsip desain = cara menyusun unsur rupa agar indah dan efektif.

·         Penyimpulan = hasil analisis pengamatan karya.

·         Komunikasi visual = menggunakan istilah seni rupa untuk menjelaskan.

Video Pembelajaran:

https://youtu.be/WkbWOkSE8Rk



📌 Latihan

1.      Amati satu karya seni pilihanmu (boleh dari buku, poster, internet).

2.      Sebutkan minimal 3 unsur rupa dan 2 prinsip desain yang tampak.

3.      Buat simpulan tentang bagaimana unsur-unsur tersebut membentuk prinsip desain dalam karya.

4.      Presentasikan simpulanmu kepada teman secara lisan atau tulis di buku.


IPAS

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat Menganalisis dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan ekosistem secara kritis dan bertanggung jawab.

Alur Tujuan Pembelajaran

    1.   Murid dapat Mengidentifikasi aktivitas manusia dan perubahan ekosistem.

   2. Murid dapat Menganalisis sebab-akibat antara aktivitas manusia dan keseimbangan ekosistem.

3. Murid dapat Mencari contoh nyata dan alternatif solusi.

Materi Pembelajaran

Aktivitas Manusia yang Mempengaruhi Ekosistem

Aktivitas

Penjelasan Singkat

Penebangan hutan

Mengurangi tutupan pohon → habitat hilang → kepunahan satwa

Pembakaran hutan

Menyebabkan polusi udara, matinya organisme tanah

Limbah industri

Mencemari air dan tanah → mengganggu rantai makanan

Penggunaan pestisida

Membunuh serangga dan makhluk non-target → menurunkan biodiversitas

Urbanisasi berlebihan

Mengurangi lahan hijau, memicu banjir, dan mengganggu migrasi hewan

Overfishing (penangkapan ikan berlebihan)

Merusak populasi laut dan keseimbangan rantai makanan

 

⚖️ Dampak terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Dampak Negatif

·         Penurunan keanekaragaman hayati

·         Kepunahan spesies tertentu

·         Terganggunya rantai makanan

·         Peningkatan bencana alam (banjir, longsor, kekeringan)

·         Polusi udara, tanah, dan air

2. Dampak Positif (jika dilakukan dengan bijak)

·         Pembangunan pertanian berkelanjutan → penyediaan pangan

·         Energi terbarukan → mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil

·         Reboisasi → memperbaiki kembali ekosistem hutan yang rusak

🔍 Contoh Analisis Kritis

Contoh Kasus: Sebuah perusahaan membuka lahan sawit dengan membakar hutan.

Analisis:

·         Dampak langsung: polusi udara, hilangnya habitat

·         Dampak jangka panjang: berkurangnya populasi orangutan, perubahan iklim mikro

·         Tanggung jawab: menanam kembali pohon, tidak menggunakan metode pembakaran, memperhatikan AMDAL

🌍 Sikap Bertanggung Jawab terhadap Ekosistem

·         Menghemat air dan energi

·         Tidak membuang sampah sembarangan

·         Mendaur ulang dan mengurangi limbah

·         Menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan

·         Mengedukasi orang lain tentang pentingnya ekosistem

💡 Rangkuman

·         Aktivitas manusia bisa berdampak positif atau negatif terhadap ekosistem.

·         Penting untuk bersikap kritis dalam menilai tindakan manusia terhadap alam.

·         Setiap individu memiliki tanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.

Video Pembelajaran:

https://youtu.be/YoCq_jinniI



Tabel Analisis

No

Aktivitas Manusia

Dampak terhadap Lingkungan

Jenis Perubahan Ekosistem

1

Misal: Pembangunan industri

Pencemaran udara karena asap pabrik

Kerusakan kualitas udara, berkurangnya biodiversitas

2

3

4

5

     Pertanyaan Reflektif

1.       Dari aktivitas di atas, mana yang paling berbahaya? Mengapa?
Jawaban: ………………………………………………………………………

2.       Sebutkan satu tindakan nyata yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dampak negatif tersebut.
Jawaban: ………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Rabu, 30 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS  Tabik Pun 🙏  Good mornin...