Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Senin, 27 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Matematika, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..


Matematika
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Menunjukkan penguasaan konsep operasi hitung melalui penyelesaian soal dengan benar
2. Menyelesaikan soal dengan menggunakan strategi/sifat operasi hitung dengan tepat

Materi Pembelajaran:

OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH

1. Penjumlahan:

Penjumlahan adalah operasi menggabungkan dua bilangan atau lebih untuk mendapatkan hasil total.

Contoh: 25.000 + 15.000 = 40.000

Cara: Susun bilangan berdasarkan nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, dst.) lalu jumlahkan setiap kolom, mulai dari satuan. Jika hasil penjumlahan melebihi 9, maka angka puluhan ditambahkan ke kolom selanjutnya. 

2. Pengurangan:

Pengurangan adalah operasi mencari selisih antara dua bilangan. 

Contoh: 75.000 - 20.000 = 55.000 

Cara: Susun bilangan berdasarkan nilai tempat, lalu kurangkan setiap kolom, mulai dari satuan. Jika angka yang dikurangkan lebih kecil dari angka pengurang, maka pinjam dari kolom sebelah kiri. 

3. Perkalian:

Perkalian adalah penjumlahan berulang dari suatu bilangan. 

Contoh: 200 x 5 = 1000 (sama dengan 200 + 200 + 200 + 200 + 200) 

Cara: Perkalian bilangan cacah besar dapat dilakukan dengan perkalian bersusun. 

4. Pembagian:

Pembagian adalah operasi mencari berapa kali suatu bilangan terkandung dalam bilangan lain, atau membagi suatu bilangan menjadi beberapa kelompok sama besar. 

Contoh: 10.000 : 5 = 2.000 

Cara: Pembagian bilangan cacah besar dapat dilakukan dengan pembagian bersusun. 

 

Contoh Soal Operasi Hitung dalam Kehidupan sehari- hari

Penjumlahan:

Seorang pedagang memiliki 35.000 buah jeruk dan membeli lagi 15.000 buah. Berapa total jeruk yang dimiliki pedagang? Jawab: 35.000 + 15.000 = 50.000 buah.

Pengurangan:

Sebuah toko memiliki 75.000 pensil. Jika terjual 25.000 pensil, berapa sisa pensil? Jawab: 75.000 - 25.000 = 50.000 pensil.

Perkalian:

Sebuah kotak berisi 20.000 kelereng. Jika ada 4 kotak, berapa total kelereng? Jawab: 4 x 20.000 = 80.000 kelereng.

Pembagian:

60.000 buku akan dibagi rata ke dalam 6 rak. Berapa buku di setiap rak? Jawab: 60.000 : 6 = 10.000 buku.

Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:

Belanja: Menghitung total belanjaan, menghitung kembalian.

Uang: Menghitung sisa uang, membagi uang untuk keperluan berbeda.

Waktu: Menghitung durasi kegiatan, membagi waktu untuk tugas.

Bangunan: Menghitung kebutuhan bahan bangunan, menghitung luas ruangan.

VIDEO PEMBELAJARAN:

https://youtu.be/HTMDCH_gmmE


https://youtu.be/tmnBJbFQY5Q



IPAS

Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Menganalisis dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan ekosistem secara kritis dan bertanggung jawab

Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Murid dapat Mengidentifikasi aktivitas manusia dan perubahan ekosistem.
2. Murid dapat Menganalisis sebab-akibat antara aktivitas manusia dan keseimbangan ekosistem.
     3. Murid dapat Mencari contoh nyata dan alternatif solusi.

Materi Pembelajaran:

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari interaksi makhluk hidup (biotik) dengan lingkungan fisik (abiotik) di suatu tempat.

Keseimbangan ekosistem terjadi bila komponen-komponen biotik dan abiotik berinteraksi secara harmonis.

🏭 Aktivitas Manusia yang Mempengaruhi Ekosistem

Aktivitas

Penjelasan Singkat

Penebangan hutan

Mengurangi tutupan pohon → habitat hilang → kepunahan satwa

Pembakaran hutan

Menyebabkan polusi udara, matinya organisme tanah

Limbah industri

Mencemari air dan tanah → mengganggu rantai makanan

Penggunaan pestisida

Membunuh serangga dan makhluk non-target → menurunkan biodiversitas

Urbanisasi berlebihan

Mengurangi lahan hijau, memicu banjir, dan mengganggu migrasi hewan

Overfishing (penangkapan ikan berlebihan)

Merusak populasi laut dan keseimbangan rantai makanan

 

⚖️ Dampak terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Dampak Negatif

·         Penurunan keanekaragaman hayati

·         Kepunahan spesies tertentu

·         Terganggunya rantai makanan

·         Peningkatan bencana alam (banjir, longsor, kekeringan)

·         Polusi udara, tanah, dan air

2. Dampak Positif (jika dilakukan dengan bijak)

·         Pembangunan pertanian berkelanjutan → penyediaan pangan

·         Energi terbarukan → mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil

·         Reboisasi → memperbaiki kembali ekosistem hutan yang rusak

🔍 Contoh Analisis Kritis

Contoh Kasus: Sebuah perusahaan membuka lahan sawit dengan membakar hutan.

Analisis:

·         Dampak langsung: polusi udara, hilangnya habitat

·         Dampak jangka panjang: berkurangnya populasi orangutan, perubahan iklim mikro

·         Tanggung jawab: menanam kembali pohon, tidak menggunakan metode pembakaran, memperhatikan AMDAL

🌍 Sikap Bertanggung Jawab terhadap Ekosistem

·         Menghemat air dan energi

·         Tidak membuang sampah sembarangan

·         Mendaur ulang dan mengurangi limbah

·         Menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan

·         Mengedukasi orang lain tentang pentingnya ekosistem

💡 Rangkuman

·         Aktivitas manusia bisa berdampak positif atau negatif terhadap ekosistem.

·         Penting untuk bersikap kritis dalam menilai tindakan manusia terhadap alam.

·         Setiap individu memiliki tanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.

Video Pembelajaran:

https://youtu.be/jqf8sWj_eoQ



Latihan Soal

1. Sebutkan 3 aktivitas manusia yang dapat merusak ekosistem dan jelaskan dampaknya!
2. Mengapa penggunaan pestisida secara berlebihan bisa membahayakan keseimbangan ekosistem?
3. Bagaimana sikap bertanggung jawabmu terhadap lingkungan di sekitar sekolah?


Baiklah sholeh sholehah 6D Cukup pembelajaran hari, semoga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Wassalamualaikum, wr,wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Senin, 27 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika, IPAS Tabik Pun 🙏  Good morni...