Hari/Tanggal : Senin, 21 Juli 2025
Kelas : 6D
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila, Matematika, IPAS
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How do you do?
1.Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam sila-sila Pancasila serta keterhubungan sila satu
dengan yang lain.
2. Peserta didik diharapkan mampu menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh melalui serangkaian kegiatan yang berpusat pada pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
3. Peserta didik dapat menguraikan makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan Negara
Dimensi Profil Lulusan: Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME, Kewargaan, Penalran kritis, kolaborasi
Materi Pembelajaran:
Hubungan nilai-nilai Pancasila dalam praktik hidup sehari- hari
Hubungan nilai-nilai Pancasila dalam praktik hidup
sehari- hari.
Nilai-nilai Pancasila memiliki hubungan yang sangat erat dengan praktik hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga pedoman moral dan etika dalam bertindak. Berikut adalah hubungan nilai-nilai Pancasila dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan setiap silanya
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Nilai: Kepercayaan
kepada Tuhan, toleransi antarumat beragama.
Dalam kehidupan
sehari-hari:
- Beribadah sesuai agama
masing-masing tanpa memaksakan kepada orang lain.
- Saling menghormati perbedaan
keyakinan dan kepercayaan.
- Hidup rukun antarumat beragama.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Nilai: Kemanusiaan,
keadilan, kesetaraan, penghargaan terhadap hak asasi manusia.
Dalam kehidupan
sehari-hari:
- Membantu orang yang sedang
kesulitan tanpa memandang suku, agama, atau status.
- Tidak melakukan diskriminasi
terhadap sesama.
- Menjunjung sopan santun dan menghargai orang lain.
3. Persatuan Indonesia
Nilai: Cinta tanah
air, nasionalisme, persatuan dalam keberagaman.
Dalam kehidupan
sehari-hari:
- Menggunakan produk lokal
sebagai bentuk cinta tanah air.
- Menjaga kerukunan antarwarga
dari berbagai latar belakang.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong atau kerja bakti.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan
Nilai: Demokrasi,
musyawarah, keterbukaan, kebijaksanaan.
Dalam kehidupan
sehari-hari:
- Menyelesaikan masalah
keluarga atau lingkungan dengan musyawarah.
- Menghargai pendapat orang
lain.
- Aktif dalam kegiatan organisasi atau masyarakat dengan menjunjung demokrasi.
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Nilai: Keadilan,
keseimbangan hak dan kewajiban, solidaritas sosial.
Dalam kehidupan
sehari-hari:
- Tidak mengambil hak orang
lain (misalnya tidak korupsi atau curang).
- Membantu tetangga yang
kurang mampu.
- Tidak berlaku sewenang-wenang terhadap orang yang lemah.
Berikut Link video pembelajaran:
Kesimpulan:
Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan dalam bertingkah laku sehari-hari agar tercipta masyarakat yang harmonis, adil, dan sejahtera. Mempraktikkannya bukan hanya kewajiban sebagai warga negara, tapi juga bagian dari membangun bangsa secara berkelanjutan
Matematika:
Tujuan Pembelajaran:
Membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 1.000.000
Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta
didik dapat membaca lambang bilangan (angka,kata) hingga 1.000.000 dengan
tepat, termasuk penggunaan tanda titik sebagai pemisah ribuan.
2. Peserta didik dapat menulis lambang bilangan dari nama bilangan atau sebaliknya hingga 1.000.000.
3. Peserta didik dapat memecah suatu bilangan menjadi nilai-nilai tempatnya (misalnya, 456.789 = 400.000 + 50.000 + 6.000 + 700 + 80 + 9).
Materi Pembelajaran:
MATERI
PEMBELAJARAN: BILANGAN CACAH SAMPAI 1.000.000
✍️ Contoh:
- 324.506 → Tiga ratus dua puluh
empat ribu lima ratus enam
- 785.000 → Tujuh ratus delapan
puluh lima ribu
📝 Latihan: Tulislah dalam
huruf:
- 209.000
- 1.000.000
2.
Menentukan Nilai Tempat dan Nilai Angka
📌 Contoh:
Bilangan: 742.981
- Nilai tempat angka 4 adalah puluh
ribuan
- Nilai angka 4 adalah 40.000
- Nilai tempat angka 1 adalah satuan
- Nilai angka 1 adalah 1
📝 Latihan: Tentukan nilai
tempat dan nilai angka dari angka berikut dalam bilangan 958.347
- Angka 5
- Angka 3
3.
Membandingkan Bilangan Cacah
📌 Contoh:
- 543.000 > 432.000
- 876.532 < 900.000
- Gunakan tanda >, <, =
📝 Latihan:
Bandingkan bilangan berikut:
- 394.201 ___ 429.201
- 999.999 ___ 1.000.000
4.
Mengurutkan Bilangan Cacah
📌 Contoh:
Urutkan bilangan berikut dari kecil
ke besar:
457.000, 123.000, 789.000, 456.000
➡️ 123.000, 456.000, 457.000, 789.000
📝 Latihan:
Urutkan bilangan berikut dari besar ke kecil:
345.000, 987.000, 123.000, 567.000
IPAS
Tujuan Pembelajaran:
Menjelaskan hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem melalui pengamatan dan diskusi.
Alur Tujuan Pembelajaran:
1.
Peserta didik dapat
Memahami konsep ekosistem secara kontekstual.
2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik di lingkungan sekitar.
3. Peserta didik dapat Menjelaskan keterkaitan antar komponen
Materi Pembelajaran:
MATERI
PELAJARAN:
HUBUNGAN KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK DALAM EKOSISTEM
1. Pengertian Ekosistem
·
Ekosistem adalah suatu
sistem yang terbentuk karena hubungan timbal balik antara makhluk hidup
(biotik) dan lingkungannya (abiotik).
·
Contoh ekosistem: hutan, sawah,
kolam, laut, kebun sekolah, dll.
2. Komponen Ekosistem
a. Komponen Biotik (Makhluk Hidup)
·
Produsen: tumbuhan hijau (menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis)
·
Konsumen: hewan yang memakan makhluk hidup lain (herbivora, karnivora,
omnivora)
·
Dekomposer: pengurai (jamur, bakteri)
b. Komponen Abiotik (Benda Tak Hidup)
·
Cahaya matahari
·
Udara (oksigen, karbon
dioksida)
·
Air
·
Tanah
·
Suhu
· Kelembaban
3. Hubungan Biotik dan Abiotik
·
Komponen biotik bergantung
pada abiotik untuk bertahan hidup:
o
Tumbuhan memerlukan cahaya,
air, dan tanah.
o
Hewan memerlukan udara, suhu
yang sesuai, dan air.
·
Komponen abiotik juga bisa dipengaruhi
oleh aktivitas biotik:
o
Akar pohon dapat mengubah
struktur tanah.
o
Hewan dapat mempercepat
pelapukan batuan menjadi tanah.
4. Contoh Interaksi di Ekosistem
·
Di kolam: ikan (biotik) hidup
di air (abiotik), makan tumbuhan air (biotik).
·
Di hutan: pohon membutuhkan
tanah dan sinar matahari, hewan bergantung pada pohon untuk makanan dan tempat
tinggal.
5. Dampak Perubahan Salah Satu Komponen
·
Jika air di kolam mengering →
tumbuhan dan hewan air akan mati.
·
Jika pohon ditebang habis
(komponen biotik hilang) → tanah jadi gundul dan suhu naik.
6. Pengamatan dan Diskusi Ekosistem Sekitar
·
Mengamati taman sekolah, kolam,
kebun, atau pot tanaman.
·
Mencatat: makhluk hidup apa
saja? Apa unsur tak hidup di sekitarnya? Bagaimana mereka saling berhubungan?
· Mendiskusikan hasil pengamatan bersama kelompok.
Berikut video pembelajaran:
Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini.
semoga bermanfaat untuk kita semua. selamat belajar semoga sukses.
silahkan tuliskan refleksi pembelajaran kalian dikolom komentar ya.
wassalamualaikum, wr,wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar