Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Senin, 21 Juli 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila, Matematika, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh.

Alur Tujuan Pembelajaran:

1.Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam sila-sila Pancasila serta keterhubungan sila satu dengan yang lain.

2. Peserta didik diharapkan mampu menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh melalui serangkaian kegiatan yang berpusat pada pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

3. Peserta didik dapat menguraikan makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan Negara


Dimensi Profil LulusanKeimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME, Kewargaan, Penalran kritis, kolaborasi


Materi Pembelajaran:

Hubungan nilai-nilai Pancasila dalam praktik hidup sehari- hari

Hubungan nilai-nilai Pancasila dalam praktik hidup sehari- hari.

Nilai-nilai Pancasila memiliki hubungan yang sangat erat dengan praktik hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga pedoman moral dan etika dalam bertindak. Berikut adalah hubungan nilai-nilai Pancasila dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan setiap silanya

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Nilai: Kepercayaan kepada Tuhan, toleransi antarumat beragama.

Dalam kehidupan sehari-hari:

  • Beribadah sesuai agama masing-masing tanpa memaksakan kepada orang lain.
  • Saling menghormati perbedaan keyakinan dan kepercayaan.
  • Hidup rukun antarumat beragama.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Nilai: Kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, penghargaan terhadap hak asasi manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari:

  • Membantu orang yang sedang kesulitan tanpa memandang suku, agama, atau status.
  • Tidak melakukan diskriminasi terhadap sesama.
  • Menjunjung sopan santun dan menghargai orang lain.

3. Persatuan Indonesia

Nilai: Cinta tanah air, nasionalisme, persatuan dalam keberagaman.

Dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menggunakan produk lokal sebagai bentuk cinta tanah air.
  • Menjaga kerukunan antarwarga dari berbagai latar belakang.
  • Ikut serta dalam kegiatan gotong royong atau kerja bakti.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Nilai: Demokrasi, musyawarah, keterbukaan, kebijaksanaan.

Dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menyelesaikan masalah keluarga atau lingkungan dengan musyawarah.
  • Menghargai pendapat orang lain.
  • Aktif dalam kegiatan organisasi atau masyarakat dengan menjunjung demokrasi.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Nilai: Keadilan, keseimbangan hak dan kewajiban, solidaritas sosial.

Dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tidak mengambil hak orang lain (misalnya tidak korupsi atau curang).
  • Membantu tetangga yang kurang mampu.
  • Tidak berlaku sewenang-wenang terhadap orang yang lemah.

Berikut Link video pembelajaran:

https://youtu.be/wMptaMYUp-M



Kesimpulan:

Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan dalam bertingkah laku sehari-hari agar tercipta masyarakat yang harmonis, adil, dan sejahtera. Mempraktikkannya bukan hanya kewajiban sebagai warga negara, tapi juga bagian dari membangun bangsa secara berkelanjutan


Matematika:

Tujuan Pembelajaran: 

Membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 1.000.000


Alur Tujuan Pembelajaran:

1.    Peserta didik dapat membaca lambang bilangan (angka,kata) hingga 1.000.000 dengan tepat, termasuk penggunaan tanda titik sebagai pemisah ribuan.

2. Peserta didik dapat menulis lambang bilangan dari nama bilangan atau sebaliknya hingga 1.000.000.

3. Peserta didik dapat memecah suatu bilangan menjadi nilai-nilai tempatnya (misalnya, 456.789 = 400.000 + 50.000 + 6.000 + 700 + 80 + 9).

Materi Pembelajaran:

MATERI PEMBELAJARAN: BILANGAN CACAH SAMPAI 1.000.000

✍️ Contoh:

  • 324.506 → Tiga ratus dua puluh empat ribu lima ratus enam
  • 785.000 → Tujuh ratus delapan puluh lima ribu

📝 Latihan: Tulislah dalam huruf:

  1. 209.000
  2. 1.000.000

2. Menentukan Nilai Tempat dan Nilai Angka

📌 Contoh:

Bilangan: 742.981

  • Nilai tempat angka 4 adalah puluh ribuan
  • Nilai angka 4 adalah 40.000
  • Nilai tempat angka 1 adalah satuan
  • Nilai angka 1 adalah 1

📝 Latihan: Tentukan nilai tempat dan nilai angka dari angka berikut dalam bilangan 958.347

  • Angka 5
  • Angka 3

3. Membandingkan Bilangan Cacah

📌 Contoh:

  • 543.000 > 432.000
  • 876.532 < 900.000
  • Gunakan tanda >, <, =

📝 Latihan:
Bandingkan bilangan berikut:

  1. 394.201 ___ 429.201
  2. 999.999 ___ 1.000.000

4. Mengurutkan Bilangan Cacah

📌 Contoh:

Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar:
457.000, 123.000, 789.000, 456.000
➡️ 123.000, 456.000, 457.000, 789.000

📝 Latihan:
Urutkan bilangan berikut dari besar ke kecil:
345.000, 987.000, 123.000, 567.000


IPAS

Tujuan Pembelajaran: 

Menjelaskan hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem melalui pengamatan dan diskusi.


Alur Tujuan Pembelajaran:

1.   Peserta didik dapat Memahami konsep ekosistem secara kontekstual.

2.   Peserta didik dapat Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik di lingkungan sekitar.

3. Peserta didik dapat Menjelaskan keterkaitan antar komponen

Materi Pembelajaran:

MATERI PELAJARAN:


HUBUNGAN KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK DALAM EKOSISTEM

1. Pengertian Ekosistem

·         Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk karena hubungan timbal balik antara makhluk hidup (biotik) dan lingkungannya (abiotik).

·         Contoh ekosistem: hutan, sawah, kolam, laut, kebun sekolah, dll.

2. Komponen Ekosistem

a. Komponen Biotik (Makhluk Hidup)

·         Produsen: tumbuhan hijau (menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis)

·         Konsumen: hewan yang memakan makhluk hidup lain (herbivora, karnivora, omnivora)

·         Dekomposer: pengurai (jamur, bakteri)

b. Komponen Abiotik (Benda Tak Hidup)

·         Cahaya matahari

·         Udara (oksigen, karbon dioksida)

·         Air

·         Tanah

·         Suhu

·         Kelembaban

3. Hubungan Biotik dan Abiotik

·         Komponen biotik bergantung pada abiotik untuk bertahan hidup:

o    Tumbuhan memerlukan cahaya, air, dan tanah.

o    Hewan memerlukan udara, suhu yang sesuai, dan air.

·         Komponen abiotik juga bisa dipengaruhi oleh aktivitas biotik:

o    Akar pohon dapat mengubah struktur tanah.

o    Hewan dapat mempercepat pelapukan batuan menjadi tanah.

4. Contoh Interaksi di Ekosistem

·         Di kolam: ikan (biotik) hidup di air (abiotik), makan tumbuhan air (biotik).

·         Di hutan: pohon membutuhkan tanah dan sinar matahari, hewan bergantung pada pohon untuk makanan dan tempat tinggal.

5. Dampak Perubahan Salah Satu Komponen

·         Jika air di kolam mengering → tumbuhan dan hewan air akan mati.

·         Jika pohon ditebang habis (komponen biotik hilang) → tanah jadi gundul dan suhu naik.

6. Pengamatan dan Diskusi Ekosistem Sekitar

·         Mengamati taman sekolah, kolam, kebun, atau pot tanaman.

·         Mencatat: makhluk hidup apa saja? Apa unsur tak hidup di sekitarnya? Bagaimana mereka saling berhubungan?

·         Mendiskusikan hasil pengamatan bersama kelompok.


Berikut video pembelajaran:

Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini.

semoga bermanfaat untuk kita semua. selamat belajar semoga sukses.

silahkan tuliskan refleksi pembelajaran kalian dikolom komentar ya.

wassalamualaikum, wr,wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Senin, 21 Juli 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila, Matematika, IPAS Ta...