MATEMATIKA KELAS 6B (SIFAT-SIFAT LUAS DAN VOLUME PRISMA DAN LIMAS)

 


Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !


Tujuan pembelajaran hari ini adalah : 

1. Memahami sifat-sifat dari bangun ruang prisma dan limas

2. Menghitung luas permukaan dan volume bangun prisma dan limas


MUATAN MATEMATIKA

 

A.     BANGUN RUANG dan SIFAT-SIFATNYA ( PRISMA DAN LIMAS )

 

1.      PRISMA

Bangun ruang prisma adalah suatu bangun ruang matematika tiga dimensi yang telah dibatasi oleh alas dan tutup berbentuk segi-n dan sisi sisi yang tegak berbentuk persegi panjang maupun persegi sehingga Bangun Ruang Prisma bisa dikatakan sebagai bangun ruang yang memiliki penampang melintang yang selalu sama dalam ukuran dan bentuknya. 

Macam-macam prisma :

a.   Prisma Segitiga

Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki bentuk alas dan juga atau atau penutup berbentuk segitiga, dan juga prisma segitiga memiliki selimut yang berbentuk persegi panjang


 Sifat Prisma Segitiga :

1.      Prisma segitiga memiliki 5 buah sisi,3 buah sisi disamping yang berbentuk persegi panjang, dan 2 buah sisi di alas dan atap berbentuk segitiga

2.      Prisma segitiga memiliki 6 buah titik sudut

3.      Memiliki 9 buah rusuk, dan 3 diantaranya adalah rusuk tegak

 

b.   Prisma Segiempat

Prisma segi empat adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas dan juga atap berbentuk segi empat dan memiliki selimut sisi samping berbentuk persegi panjang, prisma segi empat ini bisa juga disebut sebagai kubus

 

 Sifat-sifat Prisma Segiempat :

1.      Memiliki 6 Buah sisi, 4 buah sisi di samping berbentuk persegi panjang dan 2 buah sisi di alas dan juga atap berbentuk segi empat

2.      Prisma segi empat ini memiliki 8 buah titik sudut

3.      Prisma segi empat ini memiliki 12 buah rusuk, 4 diantaranya merupakan rusuk tegak

 

c.    Prisma Segilima

Prisma segi lima ini adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki atap dan juga alas berbentuk segilima dan memilki selimut berbentuk persegi panjang di sisi sampingnnya.

  


 Sifat-sifat Prisma Segilima :

1.      Memiliki 10 buah titik sudut

2.      Memiliki 15 rusuk, 5 buah rusuk diantaranya merupakan rusuk tegak

3.      Memiliki 7 buah sisi, 5 buah sisi berada di samping berbentuk persegi panjang dan 2 buah sisi lain berada di alas dan atap berbentuk segi lima

 

2.   LIMAS

Bangun ruang limas adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang telah dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi – sisi tegak yang berbentuk segitiga. 

 

Macam-macam limas :

a.   Limas Segitiga

Limas segitia itu adalah limas yang mempunyai alas yang berbentuk segitiga, baik alasnya berbentuk segitiga sembarang, segitiga siku-siku, segitiga sama sisi, maupun segitiga sama kaki.


 Sifat-sifat limas segitiga :

1.      Memiliki 4 buah titik sudut, 3 buah titik sudut itu terdapat pada bagian alas kemudian 1 titik sudutnya berada di titik puncak

2.      Memiliki 6 buah jumlah rusuk

3.      Mempunyai 4 buah sisi yaitu 3 sisi tegak dan 1 buah sisi alas

 

b.   Limas Segiempat

Limas segi empat itu adalah limas yang mempunyai alas yang berbentuk segi empat, baik itu berupa persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, layang-layang, persegi dan lain sebagainya.

 

 Sifat-sifat limas segiempat :

1.      Memiliki 5 buah titik sudut, 4 buah titik sudut itu terdapat pada bagian alas dan 1 buah pada bagian puncak

2.   Memiliki jumlah rusuk 8 buah

3.   Mempunyai 5 buah sisi, 1 sisi terdapat pada alas yang berbentuk segi empat kemudian 4 buah sisi lainya tegak yang memiliki bentuk segitiga

 

c.    Limas Segilima

Limas segi lima itu adalah bangun ruang limas yang memiliki alas yang bentuknya segi lima, baik itu segi lima sembarang maupun segi lima teratur.

 

Sifat-sifat limas segilima :

1.      Mempunyai 6 buah titik sudut , 5 buah pada bagian alas sedangkan 1 buah sudut terdapat pada bagian puncak

2.      Mempunyai jumlah rusuk 10 buah

3.      Memiliki 6 buah sisi, 5 buah sisi terdapat pada bagian samping sedangkan 1 sisi lainnya terdapat pada bagian alas

 

B.     LUAS dan VOLUME PRISMA DAN LIMAS 

 

1.      1. Prisma


 

            Contoh Soal : 

1. Tentukan banyaknya sisi, rusuk, dan titik sudut pada prisma segiduabelas ?

Solusi : n = 12

Banyak sisi = n + 2 = 12 + 2 = 14 sisi

Banyak rusuk = 3n = 3 x 12 = 36 buah rusuk

Banyak titik sudut = 2n = 2 x 12 = 24 titik sudut

2. Suatu prisma segiempat memiliki alas berbentuk belah ketupat dengan ukuran diagonal-diagonalnya adalah 24 cm dan 10 cm. Jika tinggi prisma tersebut adalah 15 cm, tentukan luas permukaan prisma tersebut ?

Solusi : Lalas = ½ x d1 x d2 = ½ x 24 cm x 10 cm = 120 cm2

Panjang sisi alas = √(122 + 52) = √(144 + 25) = √169 = 13 cm

Kalas = 4 x s = 4 x 13 cm = 52 cm

Lp = (2 x Lalas)+ (Kalas x t)

= (2 x 120 cm2) + ( 52 cm x 15 cm)

= 240 cm2 + 780 cm2 = 1020 cm2

 

3. Suatu prisma segiemapt memiliki alas berbentuk trapesium dengan ukuran panjang sisi-sisi sejajarnya 4 cm dan 8 cm serta tinggi trapesium adalah 10 cm. Jika tinggi prisma adalah 20 cm, tentukan volume prisma segiempat tersebut ?

Solusi : Lalas  = ½ x (a + b) x t = ½ x (4 + 8 ) x 10 = 60 cm2

 V      = Lalas  x t

          = 60 cm2 x 20 cm = 1200 cm3

 

4.   Perhatikan gambar berikut !

        

            Hitunglah luas permukaan prisma segiempat tersebut ?

            Jawab :

                        Luas prisma    

                        = (2 x L alas) + (K alas x t) 

                        = (2 x ½ x 24 x 10) + (4 x 13 x 30)

                        = 240 + 1.560

                        = 1.800 cm²

 .      2. Limas

 

 

Contoh Soal :

1.      Sebuah limas segi empat memiliki alas dengan panjang 14 cm dan lebar 8 cm, serta tinggi limas 24 cm. Hitunglah volume limas segi empat tersebut!

Jawab;
Diketahui;
Limas segi empat
alas berbentuk persegi panjang,
maka la = p x l
= 14 X 8 = 112 cm
tinggi limas (t) = 24 cm
Jawab;
volume limas = 1/3 x luas alasx tinggi
= 1/3 x 122 x 24
= 896 cm
Jadi volume limas segi empat tersebut adala 896 cm

2.      Sebuah limas segitiga sama sisi mempunyai sisi alas 12 cm dan tinggi alas 8 cm. Jika tinggi sisi tegak segitiga selimut adalah 20 cm, maka luas permukaan limas tersebut ....  cm²

Jawab : 

Diketahui a = 12 cm, t = 8 cm, t.sisi tegak = 20 cm
Ditanyakan luas permukaan limas ?

L = Luas alas + luas seluruh sisi tegak
L = (½ x 12 x 8) + (3 x ½ x 12 x 20)
L = 48 cm2 + 360 cm²
L = 408 cm²

 

Berikut Link untuk Pengerjaan SOAL LATIHAN MATEMATIKA  

Kerjakan Soal dengan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal. Kerjakan dengan jujur dan teliti !!!

TEMATIK KELAS 6B (TEMA 6 SUB TEMA 1 PB 5 dan 6)

 


Good morning, how are you today? I hope we are fine today, Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !


ABSENSI HARIAN


TEMA 6. MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUB TEMA 1. MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN 

PB 5-6


MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : IPA, PPKn, dan SBdP

KD PPKn 3.2

KD SBdP  3.2

KD IPA 3.2


TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Dengan kegiatan mengamati gambar poster, siswa dapat memahami cara membuat poster ciri-ciri pubertas pada laki-laki.

2. Dengan kegiatan menceritakan, siswa dapat menjelaskan dampak pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

3. Dengan kegiatan bernyanyi, siswa dapat menjelaskan interval nada pada sebuah lagu.


Masih ingatkah kalian mengenai POSTER???

Coba kalian tuliskan dalam kolom komentar bloger ibu guru, Apakah yang dimaksud dengan POSTER?



Kalian telah banyak mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia> Selain itu, kamu mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri dan lingkungan. Coba sebutkan manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertangung jawab, tuliskan dalam kolom komentar bloger ibu guru ya Nak! 



Nyanyikan lagu di atas, menggunakan irama dibawah ini, 
kemudian kirimkan voice note bernyanyi kalian ke dalam grup WA kelas ya Nak!



TEMATIK KELAS 6B (TEMA 6 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4)

 


Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !


ABSENSI HARIAN


TEMA 6. MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUB TEMA 1. MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN 

PB 3 - 4


MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : PPKn, IPS, SBdP, IPA, dan Bahasa Indonesia

KD Bahasa Indonesia 3.7

KD IPS 3.4

KD PPKn 3.2

KD SBdP  3.2

KD IPA 3.2


TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Dengan kegiatan berlatih tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. 

2. Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan laporan pembahasan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.

3. Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo Papua”, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.

4. Dengan kegiatan membaca tangga nada, siswa dapat menjelaskan cara memainkan interval pada sebuah lagu dengan tepat.

5. Dengan mengamati dan berdiskusi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan laki-laki, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan anak laki-laki dengan tepat.

Mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan kewajiban bagi semua warga negara yang diatur dalam UUD RI 1945 Pasal 31 Ayat 2.


Kewajibanmu dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya mengikuti pendidikan dasar, namun masih banyak kewajiban lain yang harus kalian laksanakan, diantaranya selalu berprilaku positif

Tuliskan contoh prilaku positif yang dapat kalian lakukan sebagai pelajar dalam memaknai Proklamasi Kemerdekaan dalam kolom komentar bloger ibu guru!


Jawablah pertanyaan dibawah ini dan tulisakan jawaban pada buku tugasmu!
1. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul yang kalian temukan?
2. Apakah yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
3. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?

Bacalah buku cetakmu halaman 22-24 terkait Tangga Nada
4. Tuliskan jarak antara nada satu ke nada lainnya pada tangga nada c mayor!
5. Dari gambar di atas, gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Jelaskan!



TEMATIK KELAS 6B (TEMA 6 SUB TEMA 1 PB 2)




Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !


ABSENSI HARIAN


TEMA 6. MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUB TEMA 1. MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN 

PB 2


MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : Bahasa Indonesia, SBdP dan IPA

KD Bahasa Indonesia 3.7

KD SBdP  3.2

KD IPA 3.2


TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan judul dan kata kunci serta isi bacaan dengan tepat.

2. Dengan kegiatan ayo berlatih, siswa dapat menjelaskan cara pengelolaan sampah dengan tepat.

3. Dengan kegiatan menyanyi lagu “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat menyanyikan lagu sesuai interval lagu dengan percaya diri.

4. Dengan kegiatan berlatih tentang interval nada, siswa dapat menjelaskan interval nada dari sebuah lagu dengan percaya diri.

5. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki dan anak perempuan.

6. Dengan kegiatan membaca teks berjudul “Ciri-ciri Masa Puber”, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan


Apakah yang Siti dan keluarga sedang lakukan pada gambar? 
tuliskan jawabanmu dalm kolom komentar bloger ibu guru ya Nak!

Bacalah teks pada buku cetekmu halaman 7-8!

Setelah membaca teks tersebut, silakan ananda mengerjakan soal berikut di buku tugasmu! 
1. Apakah kata kunci pada judul bacaan di atas?
2. Bagaimana dengan pengolahan sampah di sekitarmu?
3. Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu?



AYO, Bernyanyi!!!


Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan dibawah ini melanjutkan soal yang sudah kalian jawab diatas!

4. Tuliskan perbedaan pada kedua gambar di atas!
5. Sebutkan ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa pubertas!

(kirimkan jawabannmu secara japri kepada ibu guru di WA untuk latihan soal nomor 1-5 di atas ya Nak!)

TEMATIK KELAS 6-TEMA 6 SUBTEMA 1 PB 1

 



Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !


ABSENSI HARIAN


TEMA 6. MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUB TEMA 1. MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN 

PB 1


MATA PELAJARAN YANG MUNCUL : PPKn, IPS dan Bahasa Indonesia

KD PPKn  3.2

KD IPS 3.4

KD Bahasa Indonesia 3.7


TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Dengan kegiatan mengamati , siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2. Dengan kegiatan mengamati tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3. Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.

4. Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kewajiban dan Hak Sebagai Warga Masyarakat
Selain tanggung jawab, kita juga mempunyai hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat. Hak, kewajiban, dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang berbeda, tetapi saling berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

Hak dan kewajiban bersifat kodrati yakni melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimanakah perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab? Pahamilah uraian berikut ini.

A. Hak sebagai Warga Masyarakat
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.
  • Mendapatkan perlindungan hukum.
  • Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Menikmati lingkungan bersih.Hidup tenang dan damai.
  • Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama, berpendapat dan berorganisasi.
  • Mengembangkan kebudayaan daerah.

B. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
  • Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  • Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  • Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  • Membantu tetangga yang terkena musibah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus peduli terhadap lingkungan. Misalnya, ikut membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan.
Apakah kamu sudah mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolahmu? Kamu hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah.
Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban siswa sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Bangsa Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945.
Kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh dengan perjuangan penuh pengorbanan. Oleh karena itu, kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, bangsa Indonesia harus berjuang dengan penuh pengorbanan. Bagaimana kamu memaknai kemerdekan bangsa ini?

Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.

Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan ke- merdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia  telah  merdeka  dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain.

Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.
a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan.
Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

UNTUK TUGAS HARI INI SILAHKAN SAKSIKAN VIDEO BERIKUT, KEMUDIAN KERJAKAN TUGAS YANG ADA DALAM VIDEO

SELAMAT MENYAKSIKAN !!!

English Grade 6 (Monday, 13 December 2021)

 



School : SD AL- AZHAR 2

Grade  : 6

Theme : Review Decribing People

Aim     : dengan mengamati gambar siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri seseorang dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar.


Good morning sholih sholihah grade 6. how are you today? I hope we are fine today. don't forget to pray dhuha first and murojaah. today we just review our lesson about describing people. let's see this picture below.








silahkan pelajari lagi hari ini tidak ada tugas, silahkan absen dikolom komentar blogger mis.
                                               
Assalamualaikum,wr.wb.

English grade 1 (Tuesday, 7 Desember 2021)

 


School : SD AL- AZHAR 

Grade  : 1

Theme : Colors

Aim     : dengan mengamati video siswa dapat menyebutkan warna dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar.


Good morning sholih sholihah grade 6. how are you today? I hope we are fine today. don't forget to pray dhuha first and murojaah. Ok for today just see this song. Hati ini hanya mendengarkan video lagu zentang warna,agar ananda semua lebih paham lagi tentang warna dalam bahasa Inggris. 


After watch this video,silahkan sebutkan 3 warna dalam bahasa Inggris, langsung di kolom komentar blogger Miss Husnul ya sholih, sholihah.

Wassalamu'alaikum,wr.wb

Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jum'at, 29 Agustus 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika Tabik Pun 🙏  Good mor...