Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 2 September 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila , Bahasa Indonesia

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat Menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga Negara..

1. Norma

Norma adalah aturan yang berlaku di masyarakat dan harus dipatuhi agar hidup tertib dan harmonis.

Jenis-jenis norma:

  • Norma agama: Aturan yang berasal dari ajaran agama.

  • Norma kesusilaan: Aturan yang berhubungan dengan hati nurani dan moral.

  • Norma kesopanan: Aturan dalam bertingkah laku yang sopan dan santun.

  • Norma hukum: Aturan tertulis yang dibuat oleh pemerintah dan memiliki sanksi hukum.


✅ 2. Hak

Hak adalah sesuatu yang boleh kita terima atau dapatkan sebagai warga negara.

Contoh hak:

  • Mendapat pendidikan

  • Mendapat perlindungan hukum

  • Mendapat pelayanan kesehatan

  • Menyampaikan pendapat


✅ 3. Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan sebagai warga negara.

Contoh kewajiban:

  • Menaati peraturan dan hukum

  • Menghormati orang tua dan guru

  • Membayar pajak (bagi orang dewasa)

  • Menjaga kebersihan lingkungan


📊 Contoh Penyajian Hasil Identifikasi

📋 Tabel 1: Bentuk-Bentuk Norma di Sekitar Kita

Jenis NormaContoh di SekolahContoh di Rumah
Norma AgamaBerdoa sebelum belajarSalat tepat waktu
Norma KesusilaanTidak menyontek saat ulanganTidak berkata kasar
Norma KesopananMenghormati guruMengucapkan salam
Norma HukumTidak mencuri barang temanTidak merusak fasilitas umum

📋 Tabel 2: Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Hak sebagai Warga NegaraKewajiban sebagai Warga Negara
Mendapat pendidikanBelajar dengan sungguh-sungguh
Mendapat perlindungan hukumMenaati aturan dan hukum
Menyampaikan pendapatMenghormati pendapat orang lain
Mendapat fasilitas umumMenjaga fasilitas umum agar tetap baik



Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran: murid dapat 
Menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks
Materi Pembelajaran:

Menganalisis Informasi dari Berbagai Tipe Teks serta Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Teks Sastra dari Teks Visual dan/atau Audiovisual

1. Pengertian Teks Visual dan Audiovisual

  • Teks visual: Teks yang disajikan dalam bentuk gambar atau tulisan yang bisa dilihat. Contoh: komik, poster, infografis.

  • Teks audiovisual: Teks yang bisa dilihat dan didengar secara bersamaan. Contoh: film pendek, animasi, video cerita, dongeng dalam bentuk video.

2. Jenis-Jenis Teks

  • Teks naratif: Berisi cerita atau kejadian, seperti dongeng, fabel, legenda.

  • Teks deskriptif: Menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana.

  • Teks eksplanasi: Menjelaskan proses terjadinya sesuatu (biasanya alam atau sosial).

  • Teks prosedur: Menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu.

3. Cara Menganalisis Informasi dari Teks Visual/Audiovisual

Langkah-langkah:

  1. Amati isi teks secara keseluruhan (gambar, suara, narasi).

  2. Tentukan jenis teks (narasi, deskripsi, eksplanasi, dll).

  3. Cari informasi penting: siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana (5W + 1H).

  4. Tentukan pesan utama atau isi pokok dari teks.

  5. Simpulkan isi teks dengan kalimat sendiri.


4. Nilai-Nilai dalam Teks Sastra

Teks sastra (cerita rakyat, dongeng, fabel, legenda, dll) mengandung nilai-nilai, seperti:

Jenis NilaiPenjelasanContoh
ReligiusNilai yang berkaitan dengan keimanan kepada TuhanTokoh berdoa sebelum bertindak
MoralNilai tentang benar dan salahKejujuran, tanggung jawab, hormat
SosialNilai tentang hubungan antar manusiaTolong-menolong, kerja sama
BudayaNilai tentang kebiasaan atau tradisiUpacara adat dalam cerita rakyat
KepahlawananNilai keberanian, pantang menyerahTokoh berani berkorban demi orang lain

5. Contoh Analisis

Misal: Menonton video cerita "Malin Kundang"

  • Jenis Teks: Teks naratif (legenda)

  • Isi Cerita: Malin Kundang durhaka kepada ibunya lalu dikutuk menjadi batu

  • Nilai-Nilai:

    • Moral: Jangan durhaka kepada orang tua

    • Sosial: Pentingnya menghormati keluarga

    • Religius: Doa ibu yang dikabulkan Tuhan

video “Kancil dan Buaya”



Latihan Soal

Tonton video dongeng “Kancil dan Buaya”, lalu jawab:

  1. Apa jenis teks dari video tersebut?

  2. Apa pesan moral yang kamu dapatkan?

  3. Siapa tokoh utama dalam cerita?

  4. Apa peristiwa penting yang terjadi?

  5. Apa nilai yang bisa diterapkan dalam kehidupanmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS DAY 3 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Selasa, 14  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, B.Inggris Tabik Pu...