Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Kamis, 18 September 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, Pendiikan Pancasila, Bahasa Indonesia

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga Negara.

Materi



Pengertian Dasar

1. Norma

Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan bersama.

Contoh Norma:

  • Norma agama: melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan

  • Norma kesopanan: berkata sopan kepada orang yang lebih tua

  • Norma hukum: mematuhi aturan lalu lintas

2. Hak

Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan harus diterima oleh seseorang sejak lahir.

Contoh Hak sebagai Warga Negara:

  • Mendapat pendidikan

  • Mendapat perlindungan hukum

  • Hidup aman dan damai

3. Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai tanggung jawab.

Contoh Kewajiban sebagai Warga Negara:

  • Mematuhi hukum dan peraturan

  • Membayar pajak

  • Menghargai hak orang lain

🔍 Contoh Identifikasi dalam Kehidupan Sehari-hari






SituasiNorma yang BerlakuHak Warga NegaraKewajiban Warga Negara
Membantu korban bencana alamNorma kesusilaan & agamaHak mendapat bantuan saat kesulitanWajib membantu sesama
Mengikuti upacara bendera di sekolahNorma hukum & kesopananHak mengikuti kegiatan sekolahWajib mengikuti upacara sebagai pelajar
Tidak membuang sampah sembaranganNorma hukum & lingkunganHak hidup di lingkungan bersihWajib menjaga kebersihan lingkungan
Mendapat perlakuan adil di pengadilan

Kerjakan soal berikut untuk latihan!

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d.

1. Aristoteles seorang ahli filsafat dari Yunani menytaakan bahwa pada hakikatnya manusia adalah "zoon politicon" yang artinya manusia...

a. Mahluk individu dengan berbagai macam kepentingannya.

b. Adalah mahluk yang selalu hidup berkelompok dalam masyarakat.

c. Harus dapat hidup bersama-sama dengan kelompoknya sendiri.

d. Hanya dapat hidup bila selalu bersama-sama dengan manusia lainnya.

 

2. Peribahasa "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung" yang berasal dari Sumatra Barat mengandung makna bahwa di manapun kita berada kita harus...

a. Mematuhi norma-norma yang berlaku.

b. Mengetahui semua aturan di daerah tersebut.

c. Memperkenalkan adat istiadat daerahnya sendiri.

d. Melaksanakan norma tertentu yang dianggap sesuai.

 

3. Kaidah hidup, aturan, perintah, dan/atau larangan yang berlaku dalam masyarakat disebut...

a. Adat istiadat

b. Hukum negara

c. Norma-norma

d. Kebiasaan

 

4. Tujuan adanya norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah...

a. Mewujudkan ketertiban dan keteraturan.

b. Menghukum orang yang melanggar norma.

c. Memaksa seseorang untuk bersikap baik.

d. Menghindari adanya perbedaan kepentingan.

 

5. Seseorang menyesal dan merasa bersalah karena telah berbohong kepada orang lain, merupakan perwujudan norma...

a. Agama

b. Kesopanan

c. Kesusilaan

d. Hukum


Bahasa Indonesia 

Tujuan Pembelajaran: murid dapat Menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks

1. Kosakata dan Gaya Bahasa 
  • Pengenalan dan Latihan Kosakata:
    • Kosakata Denotatif: Kata-kata dengan makna harfiah yang jelas.
    • Kosakata Konotatif: Kata-kata yang memiliki makna tambahan atau perasaan tertentu.
    • Kosakata Kiasan: Penggunaan majas atau idiom untuk memperkaya ekspresi.
  • Latihan Memilih Kata yang Tepat: 
    Latihan memilih kata yang sesuai dengan konteks (formal/informal) dan budaya agar penyampaian informasi menjadi efektif dan tidak menyinggung mitra tutur.
2. Keterampilan Berbicara dan Presentasi 
  • Teknik Penyampaian Lisan yang Efektif:
    • Fasilitas dan Kelancaran: Melatih kelancaran berbicara tanpa ragu-ragu, dengan artikulasi yang jelas.
    • Intonasi dan Nada Suara: Menggunakan variasi intonasi untuk menekankan poin penting atau menciptakan suasana (misalnya, humor).
    • Ekspresi dan Gestur: Mengembangkan kemampuan menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang mendukung pesan yang disampaikan.
  • Struktur Presentasi yang Logis dan Sistematis:
    • Melatih peserta didik untuk menyusun informasi secara logis, mulai dari pendahuluan, isi, hingga penutup.
    • Membuat alur informasi yang mudah diikuti oleh mitra tutur.
3. Konten dan Kepercayaan Diri 
  • Penyampaian Fakta dan Imajinasi:
    • Melatih peserta didik untuk menyampaikan informasi berdasarkan fakta dengan jelas.
    • Mengembangkan kemampuan menyajikan imajinasi atau cerita secara menarik dan indah, misalnya melalui prosa atau puisi.
  • Menyampaikan Informasi untuk Tujuan Khusus:
    • Menghibur: Latihan menyampaikan cerita lucu, lelucon, atau pengalaman pribadi yang menarik untuk menghibur audiens.
    • Meyakinkan: Latihan berargumen secara logis, menyajikan bukti yang relevan, dan menggunakan retorika untuk meyakinkan mitra tutur.
Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

A. Tinjauan tentang Anyaman 
  1. Pengertian Anyaman:
    • Anyaman adalah teknik menciptakan benda dari bahan-bahan yang lentur seperti bambu, rotan, pandan, atau serat lainnya yang disusun silang.
    • Bahan-bahan ini kemudian dijalin secara teratur atau tidak teratur untuk membentuk suatu bidang.
  2. Jenis-jenis Bahan Anyaman:
    • Bambu: Digunakan untuk membuat tikar, keranjang, dan berbagai perkakas rumah tangga.
    • Pandan: Sering digunakan untuk membuat alas kaki atau tas karena seratnya yang kuat dan wangi.
    • Rotan: Fleksibel dan kuat, cocok untuk membuat furnitur atau hiasan.
    • Serat alam lainnya: Termasuk eceng gondok, mendong, dan lainnya.
  3. Unsur-unsur dalam Anyaman:
    • Teknik Anyaman: Menjelaskan metode penjalinan seperti anyaman tunggal (satu jalur), anyaman silang (menyilang dua jalur), atau anyaman pola khusus.
    • Motif: Pola-pola yang terbentuk dari susunan anyaman, misalnya motif garis, geometris, atau motif bunga.
    • Tekstur: Permukaan karya yang bisa kasar, halus, atau timbul, tergantung bahan dan teknik yang digunakan.
    • Warna: Warna asli bahan atau pewarna yang digunakan untuk memperkaya tampilan anyaman.
B. Presentasi dan Penilaian Karya 
  1. Deskripsi Karya:
    • Murid menjelaskan karya anyaman yang dibuatnya (misalnya, "Karya saya adalah tikar dari anyaman bambu".
    • Jelaskan bahan dan teknik yang digunakan (misalnya, "Saya menggunakan bambu dan teknik anyaman silang".
  2. Analisis Karya:
    • Elemen Kunci: Murid menunjuk dan menjelaskan elemen-elemen penting, misalnya "Motifnya adalah pola kotak-kotak yang simetris,".
    • Penekanan: Murid bisa menjelaskan bagian yang menonjol atau menarik perhatian, misalnya "Teksturnya terasa kasar namun rata,".
  3. Interpretasi Karya:
    • Makna atau Pesan: Murid menyampaikan apa yang ingin disampaikan melalui karyanya, misalnya "Saya membuat ini agar kita bisa menggunakan barang ramah lingkungan".
    • Fungsi: Murid menjelaskan kegunaan karya tersebut, misalnya "Tikar anyaman ini bisa digunakan sebagai alas duduk saat bermain di luar ruangan,".
  4. Menggunakan Kosa Kata Seni:
    • Tekankan penggunaan istilah seperti motif, tekstur, desain, komposisi, dan fungsi saat murid mempresentasikan karyanya.
C. Kegiatan Praktik 
  • Buatlah karya anyaman sederhana.
  • Perhatikan setiap detail dalam proses penciptaan.
  • Kemudian, presentasikan hasil karya tersebut di depan kelas menggunakan istilah-istilah yang telah dipelajari.
Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini, semoga kita semua sehat selalu, aamiin ya rabbal alaamiin. wassalamualaikum, wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 18 September 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, Pendiikan Pancasila, Baha...