Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  

Hari/Tanggal        : Kamis, 25 September 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, Pendiikan Pancasila, Bahasa Indonesia

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..
ilmu ya..

Seni Rupa (sumatif harian ke 2)
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan)































































































Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga Negara.

Materi



Pengertian Dasar

1. Norma

Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan bersama.

Contoh Norma:

  • Norma agama: melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan

  • Norma kesopanan: berkata sopan kepada orang yang lebih tua

  • Norma hukum: mematuhi aturan lalu lintas

2. Hak

Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan harus diterima oleh seseorang sejak lahir.

Contoh Hak sebagai Warga Negara:

  • Mendapat pendidikan

  • Mendapat perlindungan hukum

  • Hidup aman dan damai

3. Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai tanggung jawab.

Contoh Kewajiban sebagai Warga Negara:

  • Mematuhi hukum dan peraturan

  • Membayar pajak

  • Menghargai hak orang lain

🔍 Contoh Identifikasi dalam Kehidupan Sehari-hari


2. Peribahasa "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung" yang berasal dari Sumatra Barat mengandung makna bahwa di manapun kita berada kita harus...

a. Mematuhi norma-norma yang berlaku.

b. Mengetahui semua aturan di daerah tersebut.

c. Memperkenalkan adat istiadat daerahnya sendiri.

d. Melaksanakan norma tertentu yang dianggap sesuai.

 

3. Kaidah hidup, aturan, perintah, dan/atau larangan yang berlaku dalam masyarakat disebut...

a. Adat istiadat

b. Hukum negara

c. Norma-norma

d. Kebiasaan

 

4. Tujuan adanya norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah...

a. Mewujudkan ketertiban dan keteraturan.

b. Menghukum orang yang melanggar norma.

c. Memaksa seseorang untuk bersikap baik.

d. Menghindari adanya perbedaan kepentingan.

 

5. Seseorang menyesal dan merasa bersalah karena telah berbohong kepada orang lain, merupakan perwujudan norma...

a. Agama

b. Kesopanan

c. Kesusilaan

d. Hukum


Bahasa Indonesia:

Tujuan Pembelajaran: murid dapat Menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks

1. Kosakata dan Gaya Bahasa 
  • Pengenalan dan Latihan Kosakata:
    • Kosakata Denotatif: Kata-kata dengan makna harfiah yang jelas.
    • Kosakata Konotatif: Kata-kata yang memiliki makna tambahan atau perasaan tertentu.
    • Kosakata Kiasan: Penggunaan majas atau idiom untuk memperkaya ekspresi.
  • Latihan Memilih Kata yang Tepat: 
    Latihan memilih kata yang sesuai dengan konteks (formal/informal) dan budaya agar penyampaian informasi menjadi efektif dan tidak menyinggung mitra tutur.
2. Keterampilan Berbicara dan Presentasi 
  • Teknik Penyampaian Lisan yang Efektif:
    • Fasilitas dan Kelancaran: Melatih kelancaran berbicara tanpa ragu-ragu, dengan artikulasi yang jelas.
    • Intonasi dan Nada Suara: Menggunakan variasi intonasi untuk menekankan poin penting atau menciptakan suasana (misalnya, humor).
    • Ekspresi dan Gestur: Mengembangkan kemampuan menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang mendukung pesan yang disampaikan.
  • Struktur Presentasi yang Logis dan Sistematis:
    • Melatih peserta didik untuk menyusun informasi secara logis, mulai dari pendahuluan, isi, hingga penutup.
    • Membuat alur informasi yang mudah diikuti oleh mitra tutur.
3. Konten dan Kepercayaan Diri 
  • Penyampaian Fakta dan Imajinasi:
    • Melatih peserta didik untuk menyampaikan informasi berdasarkan fakta dengan jelas.
    • Mengembangkan kemampuan menyajikan imajinasi atau cerita secara menarik dan indah, misalnya melalui prosa atau puisi.
  • Menyampaikan Informasi untuk Tujuan Khusus:
    • Menghibur: Latihan menyampaikan cerita lucu, lelucon, atau pengalaman pribadi yang menarik untuk menghibur audiens.
    • Meyakinkan: Latihan berargumen secara logis, menyajikan bukti yang relevan, dan menggunakan retorika untuk meyakinkan mitra tutur.

    Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat.
  • Wassalamu'alaikum,wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS DAY 3 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Selasa, 14  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, B.Inggris Tabik Pu...