Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 17 September 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan)

































































































     Pembelajaran IPAS

Kerangka Tubuh Manusia

rangka adalah kumpulan tulang yang memberikan bentuk tubuh dan melindungi organ dalamSendi adalah penghubung antar tulang yang memungkinkan gerakan tubuh. Sementara itu, otot adalah jaringan yang dapat mengerut dan mengendur untuk menarik tulang dan menghasilkan gerakan. 

  • Fungsi Kerangka: Memberi bentuk tubuh, menjadi tempat melekatnya otot, melindungi organ dalam, dan menegakkan tubuh.
  • Bagian kerangka: Terdiri dari rangka kepala, rangka badan (tulang belakang, rusuk, dada), dan rangka anggota gerak (tangan dan kaki).
  • Jumlah Tulang kerangka: Manusia memiliki sekitar 206 tulang.
Sendi
  • Fungsi: Menghubungkan dua tulang atau lebih sehingga memungkinkan tulang bergerak. 
  • Jenis Sendi Berdasarkan Gerakan:
  • endi Putar: Memungkinkan satu tulang berputar pada tulang lain, contohnya sendi pada leher. 
  • Sendi Engsel: Mengizinkan gerakan satu arah seperti pada siku dan lutut. 
  • Sendi Peluru: Memungkinkan gerakan ke segala arah seperti pada bahu dan pinggul. 
  • Sendi Pelana: Mengizinkan gerakan dua arah, contohnya sendi pada pangkal ibu jari. 
  • Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Rabu, 17 September 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS Tabik Pun 🙏  Good mo...