Hari/Tanggal : Kamis, 4 September 2025
Kelas : 6D
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Seni Rupa
Tabik Pun 🙏
Gambar atau adegan awal memberi petunjuk suasana atau tokoh
Langkah 2: Tentukan Tema dan Tokoh
Siapa tokohnya?
Apa masalah atau konflik dalam cerita?
Langkah 3: Temukan Amanat/Nilai-nilai
Apa pelajaran moral yang bisa diambil?
Apa sikap baik yang ditunjukkan tokoh?
💡 Nilai-nilai dalam Teks Sastra
Nilai | Penjelasan | Contoh |
---|---|---|
Religius | Nilai yang berkaitan dengan keimanan atau ajaran agama | Tokoh selalu berdoa sebelum memulai aktivitas |
Moral | Nilai yang mengajarkan sikap baik dan buruk | Tokoh jujur walau dalam kesulitan |
Sosial | Nilai yang berkaitan dengan hubungan antar manusia | Tokoh membantu temannya yang kesulitan belajar |
Budaya | Nilai yang menunjukkan kebiasaan, adat, atau tradisi daerah | Tokoh menghormati adat saat upacara tradisional |
Kepahlawanan | Nilai yang menunjukkan semangat juang atau pengorbanan | Tokoh berani membela teman dari ketidakadilan |
📝 Contoh Soal Analisis Teks Audiovisual
Tonton video cerita "Timun Mas", lalu jawab pertanyaan berikut:
Siapa tokoh utama dalam cerita?
Apa masalah yang dihadapi timun mas?
Bagaimana timun mas mengatasi masalah tersebut?
Nilai apa yang bisa kamu pelajari dari cerita ini?
🎨 Cara Menyajikan Hasil Analisis
Menulis ringkasan isi cerita
Menyebutkan tokoh, latar, dan amanat
Membuat poster nilai moral dalam cerita
Presentasi lisan di depan kelas
Unsur | Penjelasan |
---|---|
Garis | Batas atau arah suatu bentuk |
Warna | Unsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana |
Bentuk | Wujud visual, bisa geometris atau organik |
Tekstur | Kesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.) |
Ruang | Kesan kedalaman atau dimensi |
Gelap terang | Perbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman |
Keseimbangan (balance)
Irama (rhythm)
Proporsi (proportion)
Harmoni (harmony)
Penekanan (emphasis)
Kesatuan (unity)
C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi
Tujuan | Kosakata Umum |
---|---|
Mendeskripsikan unsur | garis, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan |
Menilai estetika | harmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi |
Menjelaskan teknik | melukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media |
Mengungkap ekspresi | emosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak |
🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa
Perkenalan Karya
Contoh:
“Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”Deskripsi Unsur Seni
“Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”Analisis Teknik & Ekspresi
“Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”Penilaian (Apresiasi)
“Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”
🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya
Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:
Ide atau gagasan karya
Pemilihan media dan teknik
Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)
Tantangan yang dihadapi
Hasil akhir dan refleksi pribadi
Contoh kalimat:
“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”
📝 F. Latihan dan Penilaian
1. Tugas Kelompok
Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.
Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.
2. Tugas Individu
Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).
Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar