Class 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 3 September 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.
UnsurPenjelasan
GarisBatas atau arah suatu bentuk
WarnaUnsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana
BentukWujud visual, bisa geometris atau organik
TeksturKesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.)
RuangKesan kedalaman atau dimensi
Gelap terangPerbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman

2. Prinsip-prinsip Seni Rupa
  • Keseimbangan (balance)

  • Irama (rhythm)

  • Proporsi (proportion)

  • Harmoni (harmony)

  • Penekanan (emphasis)

  • Kesatuan (unity)

 C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi

TujuanKosakata Umum
Mendeskripsikan unsurgaris, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan
Menilai estetikaharmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi
Menjelaskan teknikmelukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media
Mengungkap ekspresiemosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak

🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa

  1. Perkenalan Karya
    Contoh:
    “Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”

  2. Deskripsi Unsur Seni
    “Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”

  3. Analisis Teknik & Ekspresi
    “Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”

  4. Penilaian (Apresiasi)
    “Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”

🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya

Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:

  1. Ide atau gagasan karya

  2. Pemilihan media dan teknik

  3. Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)

  4. Tantangan yang dihadapi

  5. Hasil akhir dan refleksi pribadi

Contoh kalimat:

“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”

📝 F. Latihan dan Penilaian

1. Tugas Kelompok

  • Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.

  • Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.

2. Tugas Individu

  • Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).

  • Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.

Video pembelajaran:


IPAS
Tujuan pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran

·      Mengidentifikasi berbagai sistem organ dalam tubuh manusia Sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, dan system ekskresi)


sistem pencernaan kelas 6 SD berfokus pada pemahaman organ-organ utama seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus, serta fungsi masing-masing dalam memproses makanan menjadi nutrisi yang bisa diserap tubuh dan mengeluarkan sisa limbahSiswa akan belajar tentang pencernaan mekanis (gerakan mengunyah, meremas) dan kimiawi (menggunakan enzim) serta proses penyerapan nutrisi dan pembentukan feses.

Organ dan Fungsi Utama Sistem Pencernaan
  • Mulut:
    Tempat makanan pertama masuk, tempat terjadi pencernaan mekanis (mengunyah oleh gigi) dan kimiawi (pencampuran dengan air liur oleh enzim amilase)
Kerongkongan (Esofagus):
Saluran otot yang mendorong makanan dari mulut ke lambung melalui gerakan peristaltik

Lambung:
  • Makanan dihaluskan oleh gerakan otot lambung dan dicampur dengan asam serta enzim untuk pencernaan kimiawi. 
Usus Halus:
Tempat utama penyerapan sari-sari makanan ke dalam darah. Terdiri dari usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerapan

Usus Besar:
Menyerap air dari sisa makanan dan memadatkan sisa makanan menjadi feses (kotoran)

Rektum dan Anus:
  • Bagian akhir sistem pencernaan tempat feses disimpan sementara di rektum dan dikeluarkan dari tubuh melalui anus. 
Jenis Pencernaan
  • Pencernaan Mekanis:
    Proses penghalusan, pengunyah, dan peremasan makanan menggunakan organ seperti gigi dan otot. 
  • Pencernaan Kimiawi:
    Penguraian makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh organ seperti kelenjar ludah, lambung, dan pankreas. 
Proses Lengkap Pencernaan 
  1. Makanan masuk ke mulutDikunyah dan dicampur air liur.
  2. Masuk ke kerongkonganMakanan didorong peristaltik ke lambung.
  3. Diproses di lambungMakanan dihaluskan dan dicampur enzim untuk pemecahan lebih lanjut.
  4. Nutrisi diserap di usus halusSari-sari makanan diserap ke dalam darah.
  5. Air diserap di usus besarSisa makanan dipadatkan menjadi feses.
  6. Feses dikeluarkanMelalui rektum dan anus.
Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat 
Wassalamu'alaikum,wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS DAY 3 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Selasa, 14  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, B.Inggris Tabik Pu...