Hari/Tanggal : Rabu, 3 September 2025
Kelas : 6D
Mata Pelajaran : Seni Rupa, IPAS
Tabik Pun 🙏
Unsur | Penjelasan |
---|---|
Garis | Batas atau arah suatu bentuk |
Warna | Unsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana |
Bentuk | Wujud visual, bisa geometris atau organik |
Tekstur | Kesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.) |
Ruang | Kesan kedalaman atau dimensi |
Gelap terang | Perbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman |
Keseimbangan (balance)
Irama (rhythm)
Proporsi (proportion)
Harmoni (harmony)
Penekanan (emphasis)
Kesatuan (unity)
C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi
Tujuan | Kosakata Umum |
---|---|
Mendeskripsikan unsur | garis, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan |
Menilai estetika | harmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi |
Menjelaskan teknik | melukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media |
Mengungkap ekspresi | emosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak |
🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa
Perkenalan Karya
Contoh:
“Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”Deskripsi Unsur Seni
“Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”Analisis Teknik & Ekspresi
“Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”Penilaian (Apresiasi)
“Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”
🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya
Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:
Ide atau gagasan karya
Pemilihan media dan teknik
Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)
Tantangan yang dihadapi
Hasil akhir dan refleksi pribadi
Contoh kalimat:
“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”
📝 F. Latihan dan Penilaian
1. Tugas Kelompok
Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.
Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.
2. Tugas Individu
Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).
Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.
Video pembelajaran:
Tujuan Pembelajaran
· Mengidentifikasi berbagai sistem organ dalam tubuh manusia Sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, dan system ekskresi)
- Tempat makanan pertama masuk, tempat terjadi pencernaan mekanis (mengunyah oleh gigi) dan kimiawi (pencampuran dengan air liur oleh enzim amilase)
- Makanan dihaluskan oleh gerakan otot lambung dan dicampur dengan asam serta enzim untuk pencernaan kimiawi.
- Bagian akhir sistem pencernaan tempat feses disimpan sementara di rektum dan dikeluarkan dari tubuh melalui anus.
- Proses penghalusan, pengunyah, dan peremasan makanan menggunakan organ seperti gigi dan otot.
- Penguraian makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh organ seperti kelenjar ludah, lambung, dan pankreas.
- Makanan masuk ke mulut: Dikunyah dan dicampur air liur.
- Masuk ke kerongkongan: Makanan didorong peristaltik ke lambung.
- Diproses di lambung: Makanan dihaluskan dan dicampur enzim untuk pemecahan lebih lanjut.
- Nutrisi diserap di usus halus: Sari-sari makanan diserap ke dalam darah.
- Air diserap di usus besar: Sisa makanan dipadatkan menjadi feses.
- Feses dikeluarkan: Melalui rektum dan anus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar