TEMA 8 SubTema 3 PB 5 dan 6

Hari/Tanggal           : Rabu, 11 Mei 2022

Kelas                       : 3 C

Nama Guru             : Khusnul Khotimah,S.Pd.


Apersepsi

Assalamualaikum Wr Wb 

Good morning my student? How are you today?

I hope we are always in the good condition.

Yesterday , we learned thema 8 subtheme 3 lesson 3 and 4, And today we will learn  thema 8 subthema 3 lesson 5 and 6 , today we will learn how about technological development

Okey,,, lets start our lesson today, keep your spirit my lovely student


Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪 

 Tema 8                   : Praja Muda Karana

Subtema 3              : Aku Suka Bertualang 

Pembelajaran         : 5 dan 6 

Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.

2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!


Perhatikan gambar berikut ini!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross        pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.


Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.



Sekian materi kita pada hari ini semoga ananda semua dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh💖😊Tema 8                   : Praja Muda Karana

Subtema 3              : Aku Suka Bertualang 

Pembelajaran         : 5 dan 6 

Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.

2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!


Perhatikan gambar berikut ini!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross        pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.


Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.



Sekian materi kita pada hari ini semoga ananda semua dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh💖😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...