Kelas :1A SD Al Azhar 2
Semester : 2
Hari,Tgl : Kamis, 7 Maret 2024
Muatan Pembelajaran : P5
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
TEMA:
BHINEKA TUNGGAL IKA
BAHAGIA MENJADI DIRI SENDIRI
Tujuan
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Bahagia Menjadi Diri Sendiri” bertujuan
- Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta
- Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
- Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respons secara positif
- Mengidentifikasi emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponsnya secara positif
- Mengesplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
Target
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu:
- Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak pribadi dan akhlak terhadap manusia
- Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Cerita Dari yang Berbeda dan Menyanyi Bersama
Alat dan Bahan : Cerita
AKTIVITAS 1
(Cerita Dari yang Berbeda)
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mensyukuri apa yang dimiliki dan menghargai orang yang berbeda
Pelaksanaan
Duduklah dengan posisi melingkar.
Ceritakan cerita berikut ini, dan tampilkan gambarnya
Ada ice breking sederhana. Ketika pendidik bilang "Pagi", maka peserta didik tepuk tangan 1x. Bila bilang "Siang" tepuk tangan 2x, dst. Pakai cara ini untuk mengembalikan fokus saat sedang sesi.
Refleksi oleh pendidik
Apa hal yang membuat Nick minder?
Mengapa Nick bisa menjadi sukses?
Apa yang terjadi, seandainya Nick minder?
Pesan Moral
Pendidik membantu mengikat makna dari aktivitas dan refleksi tadi menjadi poin-poin berikut ini:
Lihatlah diri ini dengan seimbang. Bila melihat diri ini rendah, maka kita akan minder.
Tapi, jangan juga melihat diri kita lebih tinggi, karena akan membuat kita sombong. Tidak ada orang yang suka berteman dengan orang sombong
Untuk menjadi hebat, fokuslah pada kelebihanmu dan ubahlah kebiasaan-kebiasaan burukmu.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Tuliskan 1 hal yang ingin kamu ubah, dan kamu akan mengubahnya dalam satu minggu ke depan!
AKTIVITAS 2
(Menyanyi Bersama)
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik bisa melihat keragaman di kelasnya
Pelaksanaan
Jika memungkinkan, pendidik bisa menyiapkan lagu beserta minus one. Jika tidak, bisa dengan menyanyi bersama tanpa iringan.
Bernyanyilah lagu "Pelangi-pelangi, alangkah indahmu" bersama-sama. Bisa juga menyanyikan balonku.
Tuliskan warna-warna pelangi/balon yang disebutkan dalam lagu yang dinyanyikan tersebut
Bernyanyi kembali lagu pelangi namun pada bagian warna, diganti menjadi 1 warna saja
Manakah lagu yang lebih enak?
Refleksi oleh pendidik
Bagaimana rasanya ketika lirik lagunya diubah? Lebih enak atau malah jadi aneh?
Apa yang terjadi bila pelangi hanya satu warna?
Pesan Moral
3 Hal Warna-Warni
Pelangi indah karena warnanya berwarna warni. Begitu juga manusia, menjadi indah karena keragamannya.
Ada yang berbeda jenis kelamin, suku, hingga berbeda agama.
Keindahan ini bisa kita jaga dengan cara menghargai perbedaan-perbedaan antara kita.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Tuliskan 3 nama temanmu yang berbeda denganmu, serta tuliskan perbedaan yang kalian miliki !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar