Class 4A SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 6 Februari 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Matematika, Pendidikan Pancasila, Seni Musik

Alat Peraga           : Gambar,  Video 

Metode Pembelajaran : demonstrasi ,Diskusi dan Tanya Jawab 


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran

Matematika 

Elemen CP : Pengukuran : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi luas dan keliling pada bangun datar (Persegi / Segi Empat)

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami luas dan keliling pada bangun datar (Persegi / Segi Empat)

Materi Pembelajaran 

Bangun datar merupakan salah satu materi yang terdapat pada matematika. Ada berbagai jenis bangun datar yang perlu dipelajari beserta rumus luas dan kelilingnya.  Bangun datar atau bangun dua dimensi, bersumber dari Toppr, adalah bentuk yang hanya memiliki panjang dan lebar. 

Berbeda dengan bangun ruang atau bangun tiga dimensi yang memiliki tinggi, panjang, dan lebar serta bisa dicari jumlah volumenya.  Ada berbagai macam contoh bentuk dari bangun datar seperti segi empat atau persegi, persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. 

Keliling bangun datar adalah jumlah panjang seluruh sisi yang mengelilingi bangun tersebut. Luas bangun datar adalah besarnya daerah yang dibatasi oleh sisi-sisi bangun datar tersebut.

Berikut ini adalah rumus luas dan keliling bangun datar : 

Segi empat 

Segi empat atau persegi memiliki karakteristik utama yaitu panjang keempat sisinya sama. Selain sisi yang sama panjang, segi empat juga memiliki diagonal yang sama panjangnya. 

Rumus luas untuk bangun datar segi empat adalah  L = s x s s = panjang sisi segi empat.  

Untuk rumus kelilingnya adalah:  K = s + s + s + s atau K = 4 x s.

Contoh Soal: 

1. Jika sebuah persegi salah satu sisinya memiliki panjang 20 cm, maka berapa keliling persegi tersebut?

Jawaban:

K = 4 x s
K = 4 x 20
K = 80 cm

2. Lahan rumah Pak Joko berbentuk persegi memiliki keliling 32 m. Berapakah panjang setiap sisinya?

Jawaban:

s = K/4
s = 32/4
s = 8 m

3. Sebuah persegi memiliki panjang sisi 10 cm. Berapakah luasnya?

Jawaban:

L = s x s
L = 10 x 10
L = 100 cm2

4. Meja milik ayah berbentuk persegi dengan luas 4 m2. Berapa cm panjang sisinya?

Jawaban:

s = √4
s = 2 m

Persegi panjang 

Persegi panjang memiliki bentuk yang hampir sama dengan segi empat. Namun bedanya adalah persegi panjang memiliki dua sisi lebar (l) dan dia sisi panjang (p).  

Untuk persegi panjang, rumus luasnya adalah  L = p x l 

Jika Anda ingin mencari keliling dari persegi panjang maka menggunakan rumus berikut ini k = 2 x (p + l)

Segitiga 

Bangun datar ini memiliki tiga sisi. Segitiga biasanya memiliki dua sisi yang sama atau memiliki tiga sisi yang sama panjang. 

Rumus untuk mencari luas segitiga adalah L = 1/2 x a x t a = alas t = tinggi 

Sedangkan rumus untuk mencari keliling dari segitiga adalah K = s + s + s 


Berikut ini Video Pembelajaran : 



Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami makna Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi Pembelajaran 

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau sering disingkat NKRI adalah negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik, dengan nama negara Indonesia.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, merupakan awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terdiri dari wilayah kepulauan yang tersebar dengan beraneka ragam adat, budaya, suku, dan keyakinan.

Nilai-nilai dalam persatuan dan kesatuan merupakan jiwa lahirnya NKRI. Hal itu karena dalam persatuan dan kesatuan seseorang akan menyadari tentang keragaman bangsa Indonesia tersebut.

Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia juga secara jelas dapat dipahami dari dasar negara Pancasila dan konstitusi negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pilihan Indonesia menjadi negara kesatuan, didasarkan bukan hanya sekadar kepentingan atau sikap politik, tetapi juga didasarkan atas komitmen persatuan dan keadilan.

Sebagai warga negara yang cinta terhadap tanah airnya, sudah semestinya mengetahui dan memahami sejarah terbentuknya NKRI.

Sejarah Terbentuknya NKRI

Sejarah Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi itu juga merupakan rangkaian peristiwa yang melatarbelakangi terjadinya kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana kronologis lahirnya atau terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia itu? Berikut ini rangkaian kronologis terbentuk NKRI.

29 April 1945

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang didirikan oleh pemerintah Jepang, yang beranggotakan 63 orang.

06 Agustus 1945

Sebuah bom atom meledak di kota Hiroshima, Jepang. Pada saat itu, Jepang sedang menjajah Indonesia.

07 Agustus 1945

BPUPKI kemudian berganti pada tanggal menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi inkai.

9 Agustus 1945

Bom atom kedua kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang membuat Jepang menyerah kepada Amerika Serikat. Momen ini dimanfaatkan Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

10 Agustus 1945

Sutan Syahrir mendengar lewat radio bahwa Jepang telah menyerah pada Sekutu, yang membuat para pejuang Indonesia makin mempersiapkan kemerdekaan. Saat Soekarno kembali dari Dalat, Sutan Syahrir mendesak kemerdekaan Indonesia.

15 Agustus 1945

Jepang benar-benar menyerah pada sekutu.

Teks Proklamasi pun disusun pada dini hari, yang diketik oleh Sayuti Malik.

17 Agustus 1945

Pagi hari di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Teks Proklamasi dibacakan tepat pada pukul 10:00 WIB dan dikibarkan Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati. Peristiwa tersebut disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.

18 Agustus 1945

PPKI mengambil keputusan, mengesahkan UUD 1945, dan terbentuknya NKRI, serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Isi Teks Proklamasi 1945

Berikut isi teks proklamasi yang telah dikonsep oleh Ir. Soekarno:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta

Berikut Video Pembelajaran :


SENI MUSIK : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola bunyi, nada dan irama baik yang menggunakan anggota tubuh maupun yang menggunakan alat musik ritmis dan melodis.  

TUJUAN PEMBELAJARAN : 

1.      Peserta didik dapat mengidentifi ragam lagu anak dan lagu daerah.

ALUR TUJUAN PENDIDIKAN: 

1.1   Peserta didik mengidentifikasi ragam lagu anak dan daerah.

1.2   Peserta didik menyebutkan jenis-jenis lagu anak dan daerah


MATERI PEMBELAJARAN 
Pengertian lagu anak-anak Lagu anak-anak adalah jenis lagu yang diperuntukan pada anak-anak. Dilansir dari Lumen Learning, lagu anak-anak biasanya memiliki bentuk sederhana dengan bait-bait lagu yang diulang-ulang sehingga mudah untuk dihafalkan. Lirik dalam lagu anak-anak berkaitan dengan tema yang disukai anak-anak dan aktivitas sehari-hari. Misalnya, tentang pertemanan, orang tua dan keluarga, juga tentang hewan.

Adapun, lagu anak-anak biasanya dinyanyikan juga oleh anak-anak. Lagu anak-anak ditujukan sebagai hiburan bagi anak-anak dan juga pendidikan secara kognitif. Dilansir dari Social Science LibreTexts, hal tersebut karena anak-anak mendengarkan, menganalisis, memevisualisasikan, mengingat, dan berkonsentrasi utnuk memahami apa yang mereka nyanyikan. Lagu anak-anak juga biasanya mengandung nilai dan pesan moral yang sederhana dan dapat dipahami oleh anak-anak.

Contoh lagu anak
Apa saja contoh lagu anak-anak? Contoh lagu anak-anak adalah yang populer di Indonesia adalah: 
Balonku, Kasih ibu, Satu-satu, Soleram, Ninabobo, Bintang kecil, Naik becak, Naik delman, Paman datang Lihat kebunku Pelangi-pelangi Naik kereta api Ambilkan bulan Cecak di dinding Burung kakaktua Dua mata saya Burung kutilang Topi saya bundar Nenek moyangku Aku anak gembala Anak kambing saya Aku seorang kapiten Potong bebek angsa Kalau kau suka hati Abang tukang bakso Twinkle-twinkle little star Satu ditambah satu sama dengan dua





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jumat, 9 Mei 2025 Kelas                       : 4A Mata Pelajaran     : Pendidikan Anti Korupsi  Alat Peraga        ...