Hari/Tanggal : Selasa, 18 Maret 2025
Kelas : 4A
Mata Pelajar : Bahasa Indonesia dan PJOK
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
a. Untuk membeli barang
b. Sebagai alat barter
c. Sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh negara
d. Untuk kenang-kenangan
2. Mebawa bekal ke sekolah sehingga tidak perlu membeli jajan merupakan salah satu cara agar….
a. Tabungan cepat terkumpul c. Tidak perlu membawa uang jajan
b. Uang jajan bisa dibelikan mainan d. Uang jajan untuk dibelikan baju
3. Firas menyisihkan uang untuk membeli sepeda. Arti kata menyisihkan pada kalimat di atas adalah …
a. Menghabiskan c. Membelikan
b. Mencadangkan d. Membutuhkan
4. Dalam teks prosedur, apa yang dimaksud dengan “langkah”?
a. Cara melakukan sesuatu c. Tujuan dari teks
b. Bahan yang dibutuhkan d. Kesimpulan dari teks
5. Perhatikan teks berikut!
· Siapkan dokumen persyaratan seperti fotokopi kartu pelajar, fotokopi akta kelahiran, formulir pembukaan rekening, dan fotokopi KTP salah satu orang tua
· Datanglah ke bank bersama orang tua
· Serahkan dokumen persyaratan ke petugas bank
· Tunggulah verifikasi persyaratan dan membuka rekening oleh petugas bank
· Setelah itu, ambilah buku rekening
Marsya membaca setiap langkah-langkah yang termuat pada teks di atas. Teks yang dibaca Marsya termasuk....
a. Teks fabel tentang cara menabung
b. Teks fabel tentang cara membuka rekening
c. Teks prosedur tentang mengambil tabungan
d. Teks prosedur tentang cara membuka rekening
6. Cermatilah kalimat berikut!
(1) Gunakan setrika secara efektif.
(2) Colokkan steker ke stopkontak.
(3) Tunggu sampai panas yang diinginkan.
(4) Putar sakelar pengatur suhu.
Urutkan kalimat di atas agar menjadi petunjuk yang padu adalah ….
a. (2) – (4) – (3) – (1) c. (4) – (3) – (1) – (2)
b. (2) – (4) – (1) – (3) d. (2) – (1) – (3) – (4)
7. Hukuman harus diberikan kepada turis yang membuang sampah sembarangan
di sekitar pantai Sanur.
Kata turis pada kalimat tersebut memiliki arti...
a. Penjual minuman c. Orang yang berenang
b. Orang yang berwisata d. Pelayan restoran
8. Kenzi pergi ke mini market, kemudian Kenzi pergi ke sekolah. Kalimat efektif dari kalimat di atas adalah….
a. Kenzi pergi ke minimarket, kemudian pergi ke sekolah
b. Kenzi pergi ke minimarket, kemudian Kenzi pergi
c. Kenzi pergi ke minimarket, kemudian ke sekolah
d. la pergi ke minimarket, kemudian Kenzi pergi ke sekolah
9. Berikut yang merupakan kalimat efektif adalah….
a. Bagi para siswa-siswa diharapkan datang pukul 07.30 WIB
b. Penebangan pohon itu kami dibantu oleh semua warga desa
c. Saya hanya memiliki satu tanaman peliharaan saja
d. Siswa kelas IV senang memelihara hewan dan tumbuhan
10. Allesia baru saja mengunjungi Candi Prambanan bersama teman sekelasnya. Setelah pulang Allesia dan teman-temannya membuat karya ilmiah yang disebut….
a. Laporan sekolah c. Laporan perjalanan
b. Laporan praktikum d. Laporan observasi
2. “Dia adalah mata-mata di antara kita”. Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah …
3. "Bisikan angin membelai daun-daun pohon" Kalimat tersebut mengandung majas ….
1) Setidaknya berisi subjek
2) Tidak bertele-tele
3) Hemat kata
4) Memiliki banyak makna
Ciri-ciri kalimat efektif ditunjukkan oleh nomor....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar