TEMATIK KELAS 3C TEMA 6 SUB TEMA 3 dan 4 (Thursday, 3 February 2022)

 Hari /Tanggal             : Kamis, 3  Februari 2022

Kelas                           : 3C

Mata Pelajaran            :  Tematik



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hello my beloved students, how are you today? I hope we are fine today. before start our lesson let,s say basmallah together. Bismillahirrohmanirrohiim....
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan absen dengan mengirimkan dokumentasi bagi yang belajar daring.
Tema 6       : Energi dan Perubahannya
Subtema 1  : Sumber energi
Pembelajaran : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sumber energi dengan tepat.

2.        Dengan membaca dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenis – jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari.

3.        Dengan kerja kelompok, siswa mampu menentukan satuan waktu tertentu dengan tepat.

4.        Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasivariasi pola irama pada sebuah lagu.

5.        Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban - kewajiban di rumah terkait sumber energi.

 Ayo Mengamati

Siti dan teman-teman telah menyelesaikan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini adalah percakapan antara Pak Guru dan muridmurid. 

“Anak-anak tahukah kalian tentang satuan waktu?”, tanya Pak Guru. 

“Belum, Pak!”, jawab Siti dan teman-teman. 

“Kalau begitu Pak Guru mau tanya, siapa yang sudah lebih lama hidup, Pak Guru atau kalian?” 

“Pak Guru!”, jawab murid-murid serempak. 

“Dari mana kalian tahu?” 

“Karena Pak Guru lebih tua dari pada kami, Pak.”, jawab Udin. 

“Udin ingat berapa umur Pak Guru?” “37 tahun, Pak!” jawab Udin. 

“Udin benar! Jadi tahun itu juga merupakan penunjuk waktu!” 

“Adakah penunjuk waktu lainnya? Siapa yang dapat menjawab?” 

Murid-murid terdiam, sambil berpikir. Lalu Pak Guru berkata, “Kalau begitu, yuk kita pelajari tentang penunjuk waktu atau satuan waktu!”.

Setelah membaca dialog di atas kita memahami tentang peristiwa  yang memerlukan waktu lebih lama dan lebih singkat.  Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.

Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari. 

Lihat tabel di bawah ini!

                              


No

Nama bulan

Jumlah hari

1.

Januari

31

2.

Februari

28 atau 29

3.

Maret

31

4.

April

30

5.

Mai

31

6.

Juni

31

7.

Juli

31

8.

Agustus

30

9.

September

31

10.

Oktober

31

11.

November

30

2

Desember

31



Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah  harinya ada 29 hari. Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu.  Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari. 

Ayo Mencoba

Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1? Ayo menyanyikan lagi bersama-sama! Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut! Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama lagunya. Gunakan alat-alat musik berikut ini!

     

                                        (Marakas)                                                (Tamborin)

    
                                        (Kastanyet)                                                 (Rebana)

Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok
memainkan satu jenis alat musik.Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringidengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.Bait kedua polanya sama dengan bait pertama.Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan keempat diiringi oleh semua alat musik. 
                                             
                               Matahari
Ciptaan: Nurhasanah

Matahari bersinarlah terang (marakas)
Burung-burung pun berkicau riang (tamborin)
Harum semerbak bunga berkembang (kastanyet)
Tandanya hari mulai siang (rebana)
     
 *)      Maha kuasa Tuhan Yang Esa (marakas)
          Yang telah menurunkan rahmat-Nya (tamborin)
          Tuhan Pengasih Tuhan Penyayang (kastanyet)
          Mari bersyukur kepada-Nya (rebana)

Refr.  Matahari sumber kehidupan
        Sumber energi yang utama
      Cahayanya bersinar terang
         Pohon-pohon menari rianng
(reff semua alat musik)

Ayo Membaca

 Air dan Angin adalah Sumber Energi. Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Air juga sumber energi listrik. Cara memanfaatkannya adalah air ditampung pada sebuah bendungan atau waduk. Lalu, bagaimana air di bendungan dapat menghasilkan energi listrik?  Caranya adalah air di  dialirkan. Aliran air ini memiliki kekuatan yang disebut energi kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan  menggerakkan generator listrik. Generator listrik  inilah yang membangkitkan energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Berikut ini adalah  beberapa nama PLTA yang ada di Indonesia. 

Nama PLTA

Lokasi

PLTA Jatiluhur

Purwakarta Jawa Barat

PLTA Maninjau

Agam,Sumatra Barat

PLTA Karangkates

Malang, Jawa Timur

PLTA Sigura-gura

Simorea, Sumatra Utara

PLTA Musi

Kapahiang,Bengkulu

PLTA Gajah Mungkur

Wonogiri, Jawa Tengah




  
             PLTA Sigura-gura                                     PLTA Musi              

PLTA  Jatiluhur
Sumber energi lainnya adalah udara. Di dalam udara terdapat oksigen. Oksigen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia bernafas menghirup oksigen. Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Udara juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.  Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi
listrik.  Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) terbesar di Indonesia terdapat di Sidrap, Sulawesi Selatan.


   Kincir Angin

Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat hidup.

Lingkungan memberi sumber energi untuk kita. Namun, energi tersebut terbatas persediaannya. Apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari lingkungan, untuk menghemat energi?

Cara atau tindakan yang bisa dilakukan untuk menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari:

1.        Mematikan lampu jika tidak digunakan atau pada siang hari.

2.        Mengganti lampu dengan yang hemat energi.

3.        Mematikan semua peralatan elektronik jika tidak digunakan.

4.        Mematikan kompor jika tidak dipakai dan merawat agar nyala api sempurna.

5.        Menggunakan air secukupnya tidak berlebihan dan mematikan kran air jika sudah digunakan. Membuat atau mendesain rumah dengan penerangan yang cukup, sehingga mengurangi penggunaan lampu.

6.        Menggunakan kendaraan seperlunya untuk menghemat energi.

7.        Mancabut charger handphone atau saklar saat tidak digunakan untuk menghemat listrik.

 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

 

Tugas kalian hari ini kerjakan modul tematik tema 6 subtema 1 pembelajaran PKN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP halaman 37 dan 38. Kerjakan langsung di buku Modul tematiknya ya nak!

 



Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

see you, have a nice day...
Bu
 Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.
Berikut dokumentasi PTM Rabu,2 Februari 2022,


5 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wrb
    Trimakasih materinya Bu Guru
    Azka Maura Safina
    Kls3C
    No Absen 05
    SD Al Azhar 2
    Hadir..🙏🙏

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum bu guru
    Risky al-fatih akbar
    Kelas 3c
    No, absen 23
    SD al-azhar 2
    Ket. Hadir
    Terimakasih🙏🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Alecia callysta vasha
    No absen 1
    Kls 3.c
    SD Al Azhar 2

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu guru
    Anindya Maheswari
    Kelas 3C
    Hadir
    Terimakasih 🙏🥰

    BalasHapus

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...