TEMATIK KELAS 3C (Tuesday, 15 February 2022)

 Hari /Tanggal               : Selasa 15, Februari 2022

Kelas                            : 3C

Mata Pelajaran             :  Tematik

Guru                             : Khusnul Khotimah, S.Pd.



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasi sebagai bukti kehadiran ya nak.

setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 6                               : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                          :  Energi Alternatif

Pembelajaran                    : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran      : 

1. Setelah membaca siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar

2. Setelah mengamati contoh siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait dengan lama waktu berlangsungnya suatu kejadian

3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menggunakan kombinasi garis, bidang dan warna untuk membuat karya dekoratif.


Energi Alternatif

Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. 
Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya
semakin sedikit. 
Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak.  Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!

Ayo Membaca

Apakah energi alternatif itu?
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.

Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut! 

 
        Pemanfaat energi surya                      Pemanfaatan energi air,



 Pemanfaatan energi angin

Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi 
gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah. 

 Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan. 

Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin  ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan
pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.


Ayo Berlatihh
Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!   


Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.



Ayo Membaca

Gerak Angin sebagai Energi Alternatif 

Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Merekamemilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup. 
Angin diperlukan untuk menerbangkan layang- layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain . layang-layang.  Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang. 
Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.  

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.  
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin. 
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam. Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang.  Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang menggunakan tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan untuk permainan lainnya.

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar  dengan benar. 
Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.

                                                               
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.

Tugas!
Buatlah gambar layang-layang seperti contoh pada buku Tema 6 halaman 109, dan berilah hiasan warna, garis dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang tersebut.

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 




Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb

5 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wrb
    Azka Maura Safina
    Kls3C
    No Absen 05
    SD Al Azhar 2
    Hadir Bu Guru trimakasih 🙏🙏

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Bu guru
    Terima kasih atas materinya
    Khalif Noviano Hidayat
    Kelas 3 C
    No Absen 16
    Hadir

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum bu guru
    Anindya Maheswari Widiono
    Kelas 3C
    No absen 02
    Hadir bu guru terimakasih 🙏

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum bu guru
    Risky al-fatih akbar
    Kelas 3c
    No, absen 23
    SD al-azhar 2
    Terimakasih🙏🙏

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum
    Alecia Callysta vasha
    Kls 3.c
    No absen 1
    SD al azhar 2

    BalasHapus

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...