Class 1A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Kelas         :1A SD Al Azhar 2

Semester  : 1

Hari,Tgl    : Selasa, 08 Agustus 2023

Muatan Pembelajaran  : Senin musik,B.Indonesia,matematika

Guru        : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd. 

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Bernyanyi lagu nasional
  • Menyimak cerita
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h'
  • Menulis huruf ‘H’ dan ‘h'
  • Membandingkan jumlah benda

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat menunjukkan keterlibatan aktif dengan cara menyanyi sendiri maupun bersama-sama
  • Peserta didik dapat menyimak cerita
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h’
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘H’ dan ‘h’ 
  • Peserta didik dapat membandingkan jumlah benda paling banyak 10 buah

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
  • Peserta  didik  menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta  didik  menunjukkan  pemahaman  pecahan sebagai  bagian  dari  keseluruhan  melalui  konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak,  pecahan  yang  diperkenalkan  adalah  setengah dan seperempat.

SENI MUSIK


Lagu Nasional adalah lagu kebangsaan yang membangkitkan rasa patriotik atau cinta tanah air.

Yuk, dengarkan melalui link video dibawah ini !

Dengarkan sambil nyanyikan ya 😊



MATEMATIKA


Membandingkan Jumlah Benda


Disebuah taman  ada 5 kursi dan ada 7 layang-layang.


Benda apa yang lebih banyak?
Benda apa yang lebih sedikit?
Apa alasan kalian?

1. Sama Banyak
Ditaman ada 4 sepeda dan ada 4 burung

Jadi, jumlah sepeda sama banyak dengan jumlah burung

2. Lebih Banyak
Ditaman ada 5 kursi dan ada 4 sepeda

Jadi, jumlah kursi lebih banyak dari jumlah sepeda

3. Lebih Sedikit
Ditaman ada 4 sepeda dan ada 5 kursi

Jadi, jumlah sepeda lebih sedikit dari jumlah kursi

Ayo Mencoba !!!


BAHASA INDONESIA


Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya






Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan berikut. Lalu, jawablah. 

  1. Ada di mana binatang-binatang itu?
  2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
  3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain dengan tidak aman? Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian. 

  4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain dengan aman? Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian. 
  5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anakanak?

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran
================================






==============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Selasa, 10 September 2024 Muatan Pembelajaran  : Matematika dan IPAS Guru     ...