Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Senin, 27 Oktober 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  IPAS dan Matematika 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

 Pembelajaran:
memahami konsep rasio dan menggunakan bahasa rasio untuk menjelaskan hubungan perbandingan antara dua besaran
Materi Pembelajaran:

A. Pengertian Rasio

Rasio adalah perbandingan antara dua besaran sejenis yang menunjukkan berapa kali satu besaran mengandung besaran lainnya.
Rasio ditulis dalam tiga bentuk:

  1. a : b (dibaca “a banding b”)

  2. a/b

  3. a terhadap b

Contoh:

  • Perbandingan jumlah apel (6) dan jeruk (3) adalah 6 : 3 atau 2 : 1 setelah disederhanakan.
    Artinya, setiap 2 apel terdapat 1 jeruk.

🧮 B. Menyederhanakan Rasio

Untuk menyederhanakan rasio, bagi kedua bilangan dengan faktor persekutuan terbesar (FPB).

Contoh:
Rasio 12 : 8
→ FPB dari 12 dan 8 adalah 4
→ Rasio sederhana = 12 ÷ 4 : 8 ÷ 4 = 3 : 2

⚖️ C. Jenis-Jenis Perbandingan (Rasio)

  1. Perbandingan Senilai (Berbanding lurus)
    Jika satu besaran bertambah, besaran lain juga bertambah dengan perbandingan yang sama.
    Contoh:

    • Harga 2 kg apel = Rp40.000

    • Maka harga 4 kg apel = Rp40.000 × 4/2 = Rp80.000
      (karena harga berbanding lurus dengan berat)

  2. Perbandingan Berbalik Nilai
    Jika satu besaran bertambah, besaran lain justru berkurang secara sebanding.
    Contoh:

    • 3 pekerja menyelesaikan pekerjaan dalam 6 hari.

    • Jika pekerjanya menjadi 6, maka waktu kerja = 3 × 6 / 6 = 3 hari.

💬 D. Menggunakan Bahasa Rasio

Dalam menjelaskan hubungan dua besaran dengan bahasa rasio, gunakan kalimat yang jelas.
Contoh-contoh kalimat:

  • Perbandingan jumlah siswa laki-laki dan perempuan adalah 3 : 2, artinya setiap 3 siswa laki-laki ada 2 siswa perempuan.

  • Uang Andi dan Budi berbanding 4 : 5, artinya jika Andi punya Rp40.000, maka Budi punya Rp50.000.


🧠 F. Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1:
Jumlah kelereng merah dan biru adalah 45. Jika rasio merah : biru = 2 : 3, berapa jumlah masing-masing kelereng?

Penyelesaian:
Total bagian = 2 + 3 = 5 bagian
→ 1 bagian = 45 ÷ 5 = 9
→ Merah = 2 × 9 = 18 kelereng
→ Biru = 3 × 9 = 27 kelereng

Soal 2:
Sebuah peta memiliki skala 1 : 100.000. Jika jarak di peta 3 cm, berapa jarak sebenarnya?

Penyelesaian:
Skala = jarak peta : jarak sebenarnya
→ 1 : 100.000 = 3 : x
→ x = 3 × 100.000 = 300.000 cm = 3 km

video pembelajaran:



Pembelajaran IPAS

  Murid dapat mengidentifikasi tahapan siklus air serta menjelaskan proses terjadinya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi pembelajaran

Siklus air adalah proses perputaran air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi melalui beberapa tahapan.

🔄 Tahapan Siklus Air

  1. ☀️ Evaporasi (Penguapan)

    • Air dari laut, sungai, danau, dan permukaan bumi lainnya menguap karena panas matahari.

    • Uap air naik ke atmosfer.

  2. 🌫️ Kondensasi (Pengembunan)

    • Uap air di udara mendingin dan berubah menjadi butiran air kecil, membentuk awan.

  3. 🌧️ Presipitasi (Hujan)

    • Butiran air di awan menyatu dan menjadi berat, lalu jatuh ke bumi sebagai hujan, salju, atau hujan es.

  4. 💧 Infiltrasi & Limpasan

    • Air hujan meresap ke tanah (infiltrasi) dan sebagian mengalir di permukaan (runoff) menuju sungai, danau, atau laut.

  5. 🌿 Transpirasi

    • Tumbuhan juga melepaskan uap air ke udara melalui daunnya.

🔁 Jenis Siklus Air

  1. Siklus Pendek:
    Air → Uap air → Awan → Hujan → Kembali ke air

  2. Siklus Sedang:
    Air → Uap air → Awan → Hujan di daratan → Sungai → Kembali ke laut

  3. Siklus Panjang:
    Termasuk pembentukan es/salju di pegunungan yang kemudian mencair dan kembali ke laut.

🧠 Manfaat Siklus Air

  • Menyediakan air bersih bagi makhluk hidup

  • Menjaga keseimbangan alam

  • Membantu pertumbuhan tanaman

📌 Contoh Kegiatan Murid

  • Menggambar diagram siklus air

  • Menceritakan kembali proses siklus air dengan kata-kata sendiri

  • Melakukan percobaan sederhana tentang penguapan dan pengembunan (misalnya dengan gelas berisi air yang ditutup plastik)

📝 Latihan Soal Sederhana

  1. Apa yang menyebabkan air di permukaan bumi menguap?

  2. Sebutkan tiga tahapan utama dalam siklus air!

  3. Apa yang terjadi jika tidak ada proses kondensasi?


Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini,
wasssalamualaikum, wr. wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Senin, 27 Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  IPAS dan Matematika  Tabik Pun 🙏  Goo...