Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Kamis, 2 Oktober 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan


Materi pembelajaran 

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga Negara.

Pengertian Dasar

1. Norma

Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan bersama.

Contoh Norma:

  • Norma agama: melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan

  • Norma kesopanan: berkata sopan kepada orang yang lebih tua

  • Norma hukum: mematuhi aturan lalu lintas

2. Hak

Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan harus diterima oleh seseorang sejak lahir.

Contoh Hak sebagai Warga Negara:

  • Mendapat pendidikan

  • Mendapat perlindungan hukum

  • Hidup aman dan damai

3. Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai tanggung jawab.

Contoh Kewajiban sebagai Warga Negara:

  • Mematuhi hukum dan peraturan

  • Membayar pajak

  • Menghargai hak orang lain

🔍 Contoh Identifikasi dalam Kehidupan Sehari-hari



Bahasa Indonesia 
Bahasa Indonesia:
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya
Materi Pembelajaran:

Pengertian Norma Sosial dan Budaya

Norma sosial dan budaya adalah aturan tidak tertulis yang mengatur perilaku dan komunikasi dalam masyarakat, termasuk dalam pemilihan kata.

2. Pentingnya Memilih Kata yang Tepat

  • Menunjukkan rasa hormat.

  • Menjaga keharmonisan hubungan sosial.

  • Menghindari konflik atau kesalahpahaman.

3. Contoh Situasi dan Pilihan Kata

SituasiKata Tidak TepatKata yang Tepat
Menyapa guru"Hei, Pak!""Selamat pagi, Pak"
Berbicara dengan teman"Lu/Gue" (kasual, untuk teman sebaya)"Saya/Kamu" (lebih sopan)
Menyampaikan kritik"Ini jelek banget!""Mungkin bisa diperbaiki di bagian ini."
Menolak permintaan"Nggak mau!""Maaf, saya belum bisa membantu."

4. Kata-Kata yang Perlu Dihindari

  • Kata kasar: bodoh, goblok, tolol.

  • Kata yang bersifat diskriminatif: menyebut etnis, agama, atau kondisi fisik secara negatif.

  • Kata gaul yang tidak pantas digunakan dalam situasi formal.

5. Menyesuaikan Kata dengan Lawan Bicara

Lawan BicaraContoh Pilihan Kata
Orang Tua / Guru"Permisi", "Mohon maaf", "Terima kasih"
Teman Sebaya"Hai", "Apa kabar?" (santai tapi tetap sopan)
Orang Baru DikenalGunakan bahasa formal sampai tahu situasinya



📘 Latihan Soal

  1. Gantilah kata-kata berikut menjadi lebih sopan:

    • "Gue nggak suka makanan ini."

    • "Dia tuh bodoh banget!"

    • "Eh, kamu nyebelin deh!"

  2. Pilihlah kata yang tepat dalam situasi formal:

    • A. "Bro, bantuin dong!"

    • B. "Maaf, bisakah Anda membantu saya?"


    • Intonasi dan Nada Suara: Menggunakan variasi intonasi untuk menekankan poin penting atau menciptakan suasana (misalnya, humor).
    • Ekspresi dan Gestur: Mengembangkan kemampuan menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang mendukung pesan yang disampaikan.
  • Struktur Presentasi yang Logis dan Sistematis:
    • Melatih peserta didik untuk menyusun informasi secara logis, mulai dari pendahuluan, isi, hingga penutup.
    • Membuat alur informasi yang mudah diikuti oleh mitra tutur.
3. Konten dan Kepercayaan Diri 
  • Penyampaian Fakta dan Imajinasi:
    • Melatih peserta didik untuk menyampaikan informasi berdasarkan fakta dengan jelas.
    • Mengembangkan kemampuan menyajikan imajinasi atau cerita secara menarik dan indah, misalnya melalui prosa atau puisi.
  • Menyampaikan Informasi untuk Tujuan Khusus:
    • Menghibur: Latihan menyampaikan cerita lucu, lelucon, atau pengalaman pribadi yang menarik untuk menghibur audien
    • Meyakinkan: Latihan berargumen secara logis, menyajikan bukti yang relevan, dan menggunakan retorika untuk meyakinkan mitra tutur.
Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum,wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS DAY 3 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

  Hari/Tanggal        : Selasa, 14  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, B.Inggris Tabik Pu...