Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 22 Oktober 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini kita lanjutkan pembelajaran kita ya,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan)



































































































     Pembelajaran IPAS
  Murid dapat mengidentifikasi tahapan siklus air serta menjelaskan proses terjadinya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi pembelajaran

Siklus air adalah proses perputaran air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi melalui beberapa tahapan.

🔄 Tahapan Siklus Air

  1. ☀️ Evaporasi (Penguapan)

    • Air dari laut, sungai, danau, dan permukaan bumi lainnya menguap karena panas matahari.

    • Uap air naik ke atmosfer.

  2. 🌫️ Kondensasi (Pengembunan)

    • Uap air di udara mendingin dan berubah menjadi butiran air kecil, membentuk awan.

  3. 🌧️ Presipitasi (Hujan)

    • Butiran air di awan menyatu dan menjadi berat, lalu jatuh ke bumi sebagai hujan, salju, atau hujan es.

  4. 💧 Infiltrasi & Limpasan

    • Air hujan meresap ke tanah (infiltrasi) dan sebagian mengalir di permukaan (runoff) menuju sungai, danau, atau laut.

  5. 🌿 Transpirasi

    • Tumbuhan juga melepaskan uap air ke udara melalui daunnya.

🔁 Jenis Siklus Air

  1. Siklus Pendek:
    Air → Uap air → Awan → Hujan → Kembali ke air

  2. Siklus Sedang:
    Air → Uap air → Awan → Hujan di daratan → Sungai → Kembali ke laut

  3. Siklus Panjang:
    Termasuk pembentukan es/salju di pegunungan yang kemudian mencair dan kembali ke laut.

🧠 Manfaat Siklus Air

  • Menyediakan air bersih bagi makhluk hidup

  • Menjaga keseimbangan alam

  • Membantu pertumbuhan tanaman

📌 Contoh Kegiatan Murid

  • Menggambar diagram siklus air

  • Menceritakan kembali proses siklus air dengan kata-kata sendiri

  • Melakukan percobaan sederhana tentang penguapan dan pengembunan (misalnya dengan gelas berisi air yang ditutup plastik)

📝 Latihan Soal Sederhana

  1. Apa yang menyebabkan air di permukaan bumi menguap?

  2. Sebutkan tiga tahapan utama dalam siklus air!

  3. Apa yang terjadi jika tidak ada proses kondensasi?


Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini,
wasssalamualaikum, wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Rabu, 22 Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS Tabik Pun 🙏  Good morn...