4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 



Kelas         :4A SD Al Azhar 2

Semester  : 1

Hari,Tgl    : Rabu, 24 Juli2024

Muatan Pembelajaran  : Pengenalan P5

Guru        : Husnul Khotimah, S.Pd. 

Good morning everyone,You are good students. I hope we are in the good condition and also healthy body. Today before start our lesson better we listen tausiyah,pray Dhuha and muroja'ah. 

Materi Profil Pelajar Pancasila ( P5 )

Pelajar Pancasila atau yang sering disebut dengan P5 adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?

Profil Pelajar Pancasila ini adalah suatu proyek penguatan nilai-nilai Pancasila yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan sasaran para pelajar di Indonesia. Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Manfaat Profil Pelajar Pancasila Bagi Dunia Pendidikan

Untuk Peserta Didik

  • Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
  • Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas.
  • Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

6 Elemen Profil Pelajar Pancasila


1. Berakhlak Mulia

Sesuai dengan sila pertama Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”, maka elemen pertama dalam proyek ini pun tentu saja akan berkenaan dengan bagaimana para pelajar Indonesia berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai Sang Pencipta. Tidak hanya itu saja, elemen ini juga berkaitan tentang bagaimana para pelajar Indonesia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. 
Ada 5 elemen yang terbagi lagi yakni berupa:  
(a) akhlak beragama; 
(b) akhlak pribadi;
(c) akhlak kepada manusia; 
(d) akhlak kepada alam; dan 
(e) akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan Global

Sesuai dengan semboyan negara Indonesia ini yakni Bhineka Tunggal Ika yang bermakna “Berbeda-beda tetapi tetap satu”, maka dalam elemen ini para pelajar Indonesia harus mempertahankan budaya leluhurnya sebagai identitas bangsa. Dalam elemen ini, kuncinya adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap kebhinekaan.

a) Mengenal dan Menghargai Budaya

b) Kemampuan Berkomunikasi Interkultural Dalam Berinteraksi dengan Sesama

c) Refleksi dan Tanggung Jawab Terhadap Pengalaman Kebhinekaan


3. Gotong Royong

a) Kolaborasi

Yakni dengan bekerja bersama dengan orang lain disertai perasaan senang dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain. Dalam hal ini, kita juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik itu komunikasi yang berupa mendengar dan menyimak gagasan orang lain, menyampaikan pesan dan gagasan secara efektif, mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi, hingga memberikan umpan-balik secara kritis dan positif.

b) Kepedulian

Yakni dengan memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di lingkungan fisik sosial. Melalui karakter peduli ini, kita seolah dapat  merasakan dan memahami apa yang dirasakan orang lain, memahami perspektif mereka, dan menumbuhkan hubungan dengan orang dari beragam budaya. Bahkan secara tidak langsung, karakter ini juga berhubungan erat dengan kebhinekaan global.

c) Berbagi

Yakni dengan memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama. Selain itu, kita juga harus mau dan mampu menjalani kehidupan bersama yang mengedepankan penggunaan bersama sumber daya dan ruang yang ada di masyarakat secara sehat.

4. Mandiri

Dalam konteks ini, mandiri yang dimaksudkan adalah kita sebagai pelajar Indonesia haruslah bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

a) Kesadaran Akan Diri dan Situasi yang Dihadapi

Yakni dengan melakukan refleksi terhadap kondisi dirinya dan situasi yang dihadapi. Hal itu dapat dimulai dengan memahami emosi dirinya, kelebihan serta keterbatasan dalam diri. Nah, jika sudah memahami hal-hal tersebut, maka kita pun akan mampu mengenali dan menyadari kebutuhan pengembangan di dalam diri, sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi.

b) Regulasi Diri

Yakni dengan mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajarnya.

5. Bernalar Kritis

Elemen ini mengajarkan bahwa kita harus mampu secara objektif memproses informasi, baik kualitatif maupun kuantitatif. Selain itu, kita sebagai pelajar Indonesia juga harus membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi kemudian menyimpulkannya.

a) Memperoleh dan Memproses Informasi Gagasan

b) Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran

c) Merefleksi dan Mengevaluasi Pemikirannya Sendiri

d) Mengambil Keputusan

6. Kreatif

Dalam konteks ini, kreatif diartikan sebagai kemampuan untuk memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak bagi hal-hal yang bersangkutan.

a) Menghasilkan Gagasan yang Orisinal

Yakni dengan upaya menghasilkan gagasan yang terbentuk dari hal paling sederhana, seperti ekspresi pikiran dan/atau perasaan, hingga dengan gagasan yang kompleks. Setelah itu, gagasan tersebut harus dapat diaplikasikan menjadi ide baru sesuai dengan konteksnya guna mengatasi persoalan dan memunculkan berbagai alternatif penyelesaian.

b) Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal

Yakni dengan menghasilkan karya yang didorong oleh minat dan kesukaannya pada suatu hal. Upaya ini juga berkaitan dengan emosi yang kita rasakan lho, sampai dengan mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan sekitarnya.

Lagu Profil Pelajar Pancasila


Video Pembelajaran 

Activitas 1

  1. Peserta didik mengenal apa arti kepanjangan dari P5
  2. Peserta didik dikenalkan dengan arti dan manfaat kegiatan P5 untuk pelajar
  3. Peserta didik dikenalkan dengan 6 Dimensin Profil pelajar Pancasila
  4. Peserta didik diajak oleh guru untuk menyanyikan lagu Pelajar Pancasila dengan gerakan
  5. Peserta didik diminta untuk menghafalkan lagu dan membentuk kelompk yang terdiri dari 4-5 peserta didik untuk melatih kekompakan benyanyi bersama
  6. Peserta didik diminta untuk maju satu per satu berdasarkan kelompok untuk menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, guna melatih kepercayaan diri, kekompakan dan tanggung jawab.
  7. Guru menjelaskan dan mengaikan tema yang akan di pilih adalah tentang “Bhineka Tunggal Ika”
  8. Peserta didik sudah memahami materi hari ini dilanjutkan mengerjakan soal evaluasi kegiatan/ aktivitas 1.

 

Soal Evaluasi!

  1. Apa kepanjangan dari P5?
  2. Sebutkan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila ?
  3. Sebutkan 2 contoh Berkhebinekan Global?
  4. Sebuatkan manfaat dari  Profil Pelajar Pancasila Bagi Peserta didik Pendidikan ?
  5. Apa yang kamu rasakan setelah mempelajari materi Profil Pelajar Pancasila? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Selasa, 10 September 2024 Muatan Pembelajaran  : Matematika dan IPAS Guru     ...