Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Senin, 28 April 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia 

Alat Peraga           : gambar 

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 

Tabik puun

Good morning everyone,I hope we are always in good condition and happy today.

Baik Sholeh Sholehah kita lanjutkan pembelajaran hari ini materi pembelajaran Pendidikan Pancasila tentang gotong royong dan Bahasa Indonesia jelajah kata. 

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Pola Hidup Gotong Royong 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami arti, tujuan dan manfaat gotong royong.

Materi Pembelajaran 

Gotong royong adalah salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Secara garis besar, gotong royong tertuang pada pancasila dalam sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Gotong royong telah mendarah daging dan bahkan menjadi kepribadian bangsa, serta sebagai budaya yang sudah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang hampir semua daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong.

Gotong royong berasal dari kata gotong berarti bekerja dan royong berarti bersama. 

Manfaat dan Tujuan Gotong Royong

Manfaat dan tujuan dari gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat, antara lain:

1. Menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan.

2. Membina hubungan sosial yang baik terhadap masyarakat disekitar.

3. Menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang.

4. Mempererat tali silahturahmi atau persaudaraan.

5. Meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan.

6. Meningkatkan produktivitas kerja.

7. Terciptanya rasa persatuan dan kesatuan di dalam lingkungan sekitar.

Contoh perilaku gotong royong dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Kerja Bakti
2. Membangun Fasilitas Umum
3. Saling Membantu Masyarakat
4. Saling Tolong Menolong
5. Membantu Warga yang Mengadakan Hajatan
6. Menjaga Keamanan Bersama
7. Menyelesaikan Permasalahan dengan Damai
8. Berkumpul untuk Merayakan Acara Desa
9. Membangun Tempat Ibadah Bersama-sama
10. Membersihkan Lingkungan Sekolah
11. Menanam Pohon atau Tanaman
12. Mengadakan Bakti Sosial

Berikut video Pembelajaran : 



Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat memahami unsur-unsur puisi dalam teks lagu. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menemuka dan memahami  arti kata dan membuat kalimat berdasarkan gambar. 

Materi Pembelajaran : 

Jelajah Kata 

Tahukah kalian, ternyata banyak sekali kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa asing ataupun bahasa daerah. Bahasa asing yang banyak berpengaruh antara lain adalah bahasa Sanskerta, Arab, Tionghoa, Belanda, Portugis, dan Inggris. Contoh:

Arab: daftar ilmu nikmat sabar 

Belanda: absen kartu permen televisi 

Tionghoa: bakmi becak cawan giwang

Sanskerta: desa jiwa negara upacara 

Inggris: diskusi fakta komputer pulsa 

Portugis: bendera jendela kereta meja



2. Di buku kalian, buatlah satu atau dua kalimat yang menggambarkan kejadian di dalam setiap gambar.

3. Susunlah kalimat-kalimat tersebut sesuai urutan peristiwa yang menurut kalian terjadi. Gunakan kata penghubung dalam kalimat dan antarkalimat. 

4. Periksa tulisan kalian. Apakah sudah menjadi satu cerita yang utuh dan berurutan? 

5. Kalau perlu, tambahkan kalimat lain. 

6. Perhatikan bahwa urutan gambar yang kalian buat bisa saja berbeda dari teman kalian, tergantung pada cerita yang kalian kembangkan. Pastikan bahwa urutan kejadian yang kalian tuliskan logis dan dapat dipahami. 

Dengan menulis cerita berdasarkan gambar, kalian berlatih membuat tulisan dengan urutan kronologis menggunakan kata penghubung antarkalimat. 

Baiklah solih soliha Demikian pembelajaran kita hari ini semoga ananda dapat memahami materi hari ini dengan baik dan semoga ananda selalu semangat dalam belajar dan selalu sehat, aamiin 

Refleksi pembelajaran 

Alhamdulillah peserta didik dapat menyebutkan contoh gorong royong dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat membuat kalimat dari kata-kata yang telah ditentukan atau didapatkan dari teks bacaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD Al Azhar 2 Kisi kisi IPAS

  Hari/Tanggal        : Senin, 2 Juni 2025 Kelas                       : 4A Mata Pelajaran     :  IPAS Tabik Pun 🙏  Good morning my lovely ...