TTL: Sidodadi,10 Agustus 1989
Jenis kelamin:Perempuan
Alamat: jl sakura.kp sinar harapan kelurahan Rajabasa jaya,kec,rajabasa.kota bandar Lampung.
No hp: 085221413099
Medsos: Facebook dan instagram
Guru SD Al-Azhar 2 B.Lampung
Class 4A SD AL-AZHAR 2
Kelas :4A SD Al Azhar 2
Semester : 1
Hari,Tgl : Rabu, 20 November 2024
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPAS
Guru : Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone,You are good students. I hope we are in the good condition and also healthy body. Today before start our lesson better we listen tausiyah,pray Dhuha and muroja'ah.
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat menerapkan kesederhanaan dalam hidup sehari-hari
Materi: Sederhana
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
PENDIDIKAN PANCASILA : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
BAHASA INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Dengan mengamati teks bacaan, peserta didik dapat memahami majas personifikasi pada teks dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik membuat majas personifikasi dengan karangan sendiri dengan baik.
Materi Pembelajaran :
Majas personifikasi adalah sebuah gaya bahasa yang indah, yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan maksud tertentu pada sebuah tulisan, karya sastra ataupun ucapan untuk memberikan sifat manusiawi terhadap suatu benda di kehidupan nyata yang tidak memiliki sifat seperti itu, Dengan majas personifikasi, maka bisa membuat benda selain manusia dianggap seolah-olah hidup seperti halnya manusia. Misalnya benda mati yang digambarkan seolah bisa berjalan, bernapas dan menari.
Ciri-ciri majas personifikasi
1. Menggunakan kata yang menggambarkan sifat manusia 2. Melibatkan panca Indera Panca indera
3. Membandingkan benda mati layaknya benda yang hidup
Untuk dapat memahami materi tentang Majas Personifikasi dapat menyimak video pembelajaran berikut ini!
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi metamorfosis pada hewan.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik memahami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.
Materi IPAS
Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhsan sel dan diferensiasi sel yang secara radikal berbeda.
Jenis Metamorfosis dan Contoh Hewannya;
1. Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis ini ditandai dengan adanya fase yang disebut pupa atau kepompong. Bentuk larva dengan serangga dewasa jauh berbeda. Perkembangannya menuju dewasa mengalami perubahan bentuk, penampilan dan perilaku.
Tahapan dimulai dari fase telur, larva, pupa (kepompong) dan imago (dewasa).
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk, lalat, kupu-kupu dan katak.
2. Metamorfosis Tidak Sempurna
Perbedaan metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk serangga yang baru menetas (nimfa) tidak jauh berbeda dengan bentuk serangga dewasa (imago).
Tahapan metamorfosis tidak sempurna tidak mengalami fase larva dan pupa. Bentuk tubuh nimfa hampir sama dengan bentuk dewasanya, yang membedakan adalah ukuran tubuhnya. Setelah mengalami fase nimfa, hewan berkembang menjadi dewasa.
Untuk dapat memahami materi dapat menyimak video pembelajaran berikut ini!
KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu dan memahami materi keberagaman dalam istilah nama suku bangsa, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membedakan istilah nama-nama dalam keberagaman suku bangsa. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan penjelasan ulang dan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar