Class 4A SD AL-AZHAR 2

  



Kelas         :4A SD Al Azhar 2

Semester  : 1

Hari,Tgl    : Rabu, 13 November 2024

Muatan Pembelajaran  : Pendidikan Pancasila dan IPAS

Guru        : Husnul Khotimah, S.Pd. 

Good morning everyone,You are good students. I hope we are in the good condition and also healthy body. Today before start our lesson better we listen tausiyah,pray Dhuha and muroja'ah.

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya. Peserta didik mampu mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

SUMATIF 3 PENDIDIKAN PANCASILA KEBERAGAMAN

1.         Kalimat Bhinneka tunggal ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul....

a.          Negara Kertagama                                       c. Babad tanah jawi

b.         Sutasoma                                                         d. Mahabarata

2.         Sikap kita terhadap teman yang berbeda keyakinan agama adalah .....

a.     Tetap bersahabat                                            c. Memusuhinya 

b.     Menjauhinya                                                     d. Menghindarinya

3.         Kerukunan akan terwujud apabila umat beragama saling .....

a.     mencaci                                                              c. mengumpat       

b.     menghormati                                                   d. meminta

4.         Sikap menghormati dan menghargai antar umat beragama merupakan perwujudan dari sila ..... dari Pancasila

a. ke-1                         b. ke-3                      c. ke-2                  d. ke-4

5.         Mempelajari tarian tradisional Indonesia adalah salah satu cara untuk .....

a.     mengenali kesenian asing

b.     melestarikan budaya asing

c.     melestarikan budaya Indonesia

d.     menjaga diri dari pengaruh luar

6.         Tari Jaipong merupakan tarian berasal dari daerah...

a.     Jawa Tengah                                     c. Yogyakarta

b.     Jawa Barat                                         d. Bali

7.         Salah satu cara menghargai budaya suku lain adalah....

a.     menonjolkan budaya sendiri

b.     memusuhi teman dari suku lain

c.     mengejek penampilan kesenian daerah lain

d.     menikmati pertunjukan seni suku lain

8.         Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
a. pemerintahannya kuat
b. sumber daya alamnya melimpah
c. rakyatnya bersatu
d. persenjataanya lengkap

9.         Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, bahasa, dan budaya. Hal tersebut sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia .....

a. Merdeka atau mati
b. Bhinneka Tunggal Ika
c. Mati satu tumbuh seribu
d. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

10.         Pencetus semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah .....

a. Gajah Mada                                                          c. Hayam Wuruk
b. Mpu Tantular                                                      d. Mpu Gandring


Isian!                     
1. Rumah adat yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan dari suku Toraja adalah . . .

2. Apa yang dimaksud dengan perbedaan dalam keragaman di Indonesia?

3. Setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan apa saja yang dimiliki oleh manusia, tuliskan!

4. Apa yang dimaksud dengan toleransi?

5. Bagaimana cara menyikapi perbedaan yang ada di Indonesia?



ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN : 
IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Peserta didik dapat mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari.

Materi IPAS 

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Energi sangat penting bagi kehidupan manusia karena segala aktivitas manusia membutuhkan energi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau bisa juga diartikan sebagai daya (kekuatan) yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.
Sebagai salah satu makhluk hidup, manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas-aktivitasnya. Seperti misalnya bergerak, bernapas, mendorong benda, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Manusia memiliki energi yang berasal dari makanan yang dimakannya, sehingga makanan dapat disebut sumber energi. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan energi untuk bertahan hidup.

Energi tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan manfaatnya, seperti saat kamu mencuci dan menjemur pakaian. Untuk mencuci, kamu membutuhkan energi otot. Sedangkan untuk mengeringkan pakaian kamu terbantu dengan adanya energi matahari. Panasnya sinar matahari akan membuat pakaian kering sehingga dapat digunakan kembali.

Selain matahari, sumber energi yang tersedia di bumi dan sudah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia diantaranya adalah angin, air terjun, minyak, gas bumi, batu bara, dan nuklir.

Energi memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hingga dapat dikatakan, manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Selain menggerakkan organ tubuh manusia, berikut adalah beberapa contoh manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Energi cahaya matahari
Energi ini menerangi seluruh dunia, membantu tanaman tumbuh dan berkembang, mengeringkan pakaian dan alat rumah tangga lainnya.

2. Energi bunyi
Energi bunyi dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut, pembuatan alat pengeras suara, dan mendeteksi keretakan pada logam.

3. Energi listrik
Energi listrik sangat dibutuhkan manusia karena banyak manfaatnya, untuk menyalakan TV, radio, kipas angin, lemari pendingin dan alat elektronik lainnya.

4. Energi air
Air yang banyak dan deras akan menghasilkan energi listrik yang besar. Aliran air tersebut akan memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Kemudian generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik.

5. Energi angin
Tenaga angin dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan alat aerogenerator yang dipasang di lapangan terbuka. Semakin banyak aerogenerator yang digunakan, maka akan semakin banyak listrik yang dihasilkan.


Untuk dapat memahami materi dapat menyimak video pembelajaran berikut ini!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...