Class 4A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Senin, 19 Mei 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia 

Alat Peraga           : gambar

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab

Tabik pun!🙏

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1.1   Peserta didik memahami bentuk pelaksanakan gotong royong

Materi Pembelajaran 

BENTUK PELAKSANAAN GOTONG ROYONG

1. Contoh Gotong Royong di Rumah

1. Gotong royong membersihkan halaman rumah.

2. Gotong royong membersihkan mainan bersama saudara di rumah.

3. Memasak bersama orang tua untuk makan di pagi hari, siang, atau malam.

4. Membantu merawat tanaman dengan menyiraminya setiap pagi atau sore hari.

5. Membantu adik belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.

6. Merawat hewan peliharaan bersama-sama dengan saudara dan orang tua.

2. Contoh Gotong Royong di Rumah

1. Mengadakan acara bakti sosial di lingkungan sekitar sekolah.

2. Bergotong royong membuat prestasi baru dalam berbagai bidang.

3. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan menjaga tindakan selama di sekolah atau di luar sekolah.

4. Membersihkan tempat ibadah yang ada di lingkungan sekolah.

5. Mengumpulkan sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya.

3. Contoh Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat

1. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

2. Membantu membangun rumah warga yang terkena musibah.

3. Gotong royong dalam membangun fasilitas umum di lingkungan sekitar, seperti jalan atau jembatan.

4. Saling membantu warga masyarakat yang terkena musibah.

5. Gotong royong dalam membersihkan tempat yang terkena musibah, seperti banjir atau tanah longsor.

Pentingnya Membangun TIM  dan Mengelola Gotong Royong

Pentingnya untuk membangun tim dalam menentukan tugas yang harus dilakukan untuk lebih teratur dan terarah, sehingga pekerjaan yang dilakukan bersama dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. apabila dalam gotong royong tidak dikelola dengan baik, akan menyebabkan ketidakteraturan dalam pengerjaannya.

Berikut ini beberapa cara untuk membangun kekompakan dalam kelompok atau tim.

1. Ciptakan komunikasi yang baik dan lancar

2. Hadirlah suasana yang nyaman dan terbuka

3. Jalin hubungan yang baik

4. Berikan kepercayaan pada orang lain dalam mengerjakan tugasnya

5. Saling menghargai

6. Tugas dan peran diperjelas

7. Berikan contoh yang baik

8. Berikan apresiasi dan terimakasih

Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat memahami unsur-unsur puisi dalam teks lagu. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menemuka dan memahami  arti kata dan membuat kalimat berdasarkan gambar. 

Materi Pembelajaran : 

Jelajah Kata 

Tahukah kalian, ternyata banyak sekali kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa asing ataupun bahasa daerah. Bahasa asing yang banyak berpengaruh antara lain adalah bahasa Sanskerta, Arab, Tionghoa, Belanda, Portugis, dan Inggris. Contoh:

Arab: daftar ilmu nikmat sabar 

Belanda: absen kartu permen televisi 

Tionghoa: bakmi becak cawan giwang

Sanskerta: desa jiwa negara upacara 

Inggris: diskusi fakta komputer pulsa 

Portugis: bendera jendela kereta meja



2. Di buku kalian, buatlah satu atau dua kalimat yang menggambarkan kejadian di dalam setiap gambar.

3. Susunlah kalimat-kalimat tersebut sesuai urutan peristiwa yang menurut kalian terjadi. Gunakan kata penghubung dalam kalimat dan antarkalimat. 

4. Periksa tulisan kalian. Apakah sudah menjadi satu cerita yang utuh dan berurutan? 

5. Kalau perlu, tambahkan kalimat lain. 

6. Perhatikan bahwa urutan gambar yang kalian buat bisa saja berbeda dari teman kalian, tergantung pada cerita yang kalian kembangkan. Pastikan bahwa urutan kejadian yang kalian tuliskan logis dan dapat dipahami. 

Dengan menulis cerita berdasarkan gambar, kalian berlatih membuat tulisan dengan urutan kronologis menggunakan kata penghubung antarkalimat. 

Refleksi pembelajaran 

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar,dan pemantapan materi gotong royong, peserta didik dapat memahami arti dan manfaat gotong royong.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A Kisi kisi PAK

  Hari/Tanggal        : Selasa, 3 Juni 2025 Kelas                       : 4A Mata Pelajaran     :  PAK Tabik Pun 🙏  Good morning my lovely ...