Hari/Tanggal : Kamis, 22 Mei 2025
Kelas : 4A
Mata Pelajaran : Matematika dan seni musik
Alat Peraga : video
Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Matematika
Elemen CP : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menentukan panjang benda dengan tepat dengan bangun ruang
Alur Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mengukur panjang dengan bangun ruang menggunakan satuan baku.
Materi Pembelajaran
Apa itu Bangun Ruang?
Bangun ruang adalah bentuk yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Bangun ruang berbeda dengan bangun datar yang hanya memiliki panjang dan lebar aja. Bangun ruang berbentuk tiga dimensi (3D), sementara bangun datar berbentuk dua dimensi (2D).
Pada bangun ruang, kita bisa mencari luas permukaan dan volume. Wah, apa itu volume? Volume adalah kapasitas atau penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati/diisi oleh suatu objek.
Misalnya seperti saat kita mengisi botol air minum. Biasanya kan, botol air minum memiliki ukuran kapasitas yang tertera di bagian bawah botol, seperti 500 ml, 700 ml, atau 1 liter. Nah, kapasitas inilah yang dinamakan volume. Jika suatu botol air minum tertulis memiliki volume 1 liter, maka jumlah maksimal air minum yang dapat ditampung oleh botol tersebut adalah sebanyak 1 liter.
Ciri-Ciri Bangun Ruang
Secara umum, ciri-ciri atau sifat-sifat bangun ruang adalah sebagai berikut:
- Memiliki wajah atau sisi permukaan
- Memiliki tepi atau rusuk (tempat bertemunya sisi dengan sisi lainnya)
- Memiliki sudut
- Memiliki volume
Ciri yang disebut di atas juga dapat disebut sebagai unsur-unsur bangun ruang, atau karakteristik yang harus dimiliki suatu bangun untuk dapat disebut sebagai bangun ruang.
Rumus Luas dan Volume Bangun Ruang
1. Rumus Luas dan Volume Kubus
Kubus adalah bangun ruang yang memiliki enam sisi berbentuk persegi yang sama besar. Semua rusuk pada kubus memiliki panjang yang sama.
Ciri-Ciri Kubus
- Memiliki 12 rusuk yang panjang sama.
- Memiliki 6 sisi berbentuk persegi.
- Memiliki 8 titik sudut.
- Memiliki 12 diagonal sisi atau diagonal bidang.
- Memiliki 4 diagonal ruang.
- Memiliki 6 bidang diagonal.
- Memiliki 3 pasang bidang sejajar yang sama dan sebangun.
Rumus Luas Permukaan Kubus
Luas Permukaan = 6 × sisi × sisi
L = 6 × s2
Rumus Volume Kubus
Volume = sisi × sisi × sisi
V = s3
Contoh Soal:
Sebuah kubus memiliki panjang sisi 4 cm. Hitunglah luas permukaan dan volumenya!
Pembahasan:
Diketahui: s = 4 cm
Ditanya: L dan V …?
Jawab:
a. Luas permukaan kubus
L = 6 × s2
L = 6 × 42
L = 6 × 16 = 96 cm²
Jadi, luas permukaan kubus tersebut adalah 96 cm².
b. Volume kubus
V = s3
V = 43
V = 64 cm³
Jadi, volume kubus tersebut adalah 64 cm³.
2. Rumus Luas dan Volume Balok
Sama seperti kubus, balok adalah bangun ruang yang memiliki enam sisi, namun sisi-sisinya berbentuk persegi panjang. Tiga pasang sisi balok yang berhadapan akan sama besar.
Ciri-Ciri Balok
- Memiliki 6 buah sisi.
- Memiliki 12 rusuk.
- Memiliki 12 diagonal bidang.
- Memiliki 8 titik sudut.
- Memiliki 4 diagonal ruang.
- Memiliki 6 bidang diagonal.
- Memiliki luas permukaan dan volume.
Rumus Luas Permukaan Balok
Luas Permukaan = 2 × ((panjang × lebar) + (panjang × tinggi) + (lebar × tinggi))
L = 2 × ((p × l) + (p × t) + (l × t))
Rumus Volume Balok
Volume = panjang × lebar × tinggi
V = p × l × t
Contoh Soal:
Sebuah balok memiliki panjang 8 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 6 cm. Hitunglah luas permukaan dan volumenya!
Pembahasan:
Diketahui: p = 8 cm, l = 4 cm, t = 6 cm
Ditanya: L dan V …?
Jawab:
a. Luas permukaan balok
L = 2 × ((p × l) + (p × t) + (l × t))
L = 2 × ((8 × 4) + (8 × 6) + (4 × 6))
L = 2 × (32 + 48 + 24) = 208 cm²
Jadi, luas permukaan balok tersebut adalah 208 cm².
b. Volume balok
V = p × l × t
V = 8 × 4 × 6 = 192 cm³
Jadi, volume balok tersebut adalah 192 cm³.
3. Rumus Luas dan Volume Limas
Selanjutnya, limas adalah bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segitiga, segiempat, segilima, segienam, dan seterusnya (segi-n), dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga yang bertemu di satu titik puncak.
Jika alas limas berbentuk segitiga, maka bangun tersebut disebut limas segitiga. Jika alasnya berbentuk segiempat, maka disebut limas segiempat, begitupun dengan limas segilima, limas segienam, dan seterusnya.
Ciri-Ciri Limas
- Memiliki 7 titik sudut.
- Memiliki 12 rusuk.
- Memiliki 6 sisi tegak.
- Memiliki 1 sisi alas.
- Mempunyai sisi tegak berbentuk segitiga.
- Sisi alasnya berbentuk segi banyak.
- Mempunyai satu titik puncak.
- Penamaan limas tergantung bentuk alasnya.
Rumus Luas Permukaan Limas
Luas Permukaan = Luas alas + Luas selimut
L = Lalas + Lselimut
Rumus Volume Limas
Volume = 1/3 × Luas alas × tinggi limas
V = 1/3 × Lalas × t
Keterangan:
- Luas alas limas, rumusnya tergantung pada bentuk alas limas. Misalnya, pada limas segiempat, luas alasnya = p x l.
- Luas selimut adalah luas sisi-sisi tegak limas. Karena sisi-sisi tegak limas berbentuk segitiga, maka Lselimut = 1/3 × panjang alas × t.
Contoh Soal:
Sebuah limas persegi memiliki panjang sisi alas 5 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah luas permukaan dan volumenya!
Pembahasan:
Diketahui:
p = 5 cm
t = 10 cm
Ditanya: L dan V …?
Jawab:
a. Luas permukaan limas
L = Lalas + Lselimut
Kita cari luas alas dan luas selimutnya satu per satu, ya!
- Luas alas
Karena alas limas tersebut berbentuk persegi, jadi untuk mencari luas alas, kita menggunakan rumus mencari luas persegi.
L = s2 = 52 = 25 cm²
- Luas selimut
Kemudian, untuk luas selimut, kita bisa gunakan luas segitiga, yaitu:
L = ½ × a × t
L = ½ × 5 × 10 = 25 cm²
Setelah kita mendapatkan luas alas dan luas selimutnya, barulah kita bisa mencari luas permukaan limas.
L = Lalas + Lselimut
L = 25 + 25 = 50 cm²
Jadi, didapat luas permukaan limas persegi tersebut adalah 50 cm².
b. Volume limas
V = 1/3 × Lalas × t
V = 1/3 × 25 × 10 = 83,33 cm³
Jadi, volume limas persegi tersebut adalah 83,33 cm³.
SENI MUSIK : Mengalami (Experiencing)
1. Peserta didik dapat mengenal alat musik melodis
ALUR TUJUAN PENDIDIKAN:
1.1 Peserta didik memahami tentang alat musik melodis
1.2 Peserta didik mengenal alat musik melodis dengan cara yang dimainkan.
MATERI
Pengertian Alat Musik Melodis
Biasanya alat musik melodis memiliki komponen yang kompleks. Terdapat tombol atau bagian-bagian yang harus dipahami fungsinya. Karena itu, kebanyakan alat musik jenis ini perlu latihan ekstra untuk mempelajarinya ketimbang alat musik ritmis. Ciri lainnya, alat musik melodis meskipun lebih bagus jika dimainkan bersama alat musik ritmis, jenis ini juga banyak dimainkan secara tunggal atau solo. Nada dari alat musik ini cukup untuk menjadi hiburan, contohnya permainan Piano atau Biola.
Ada banyak sekali contoh dari alat musik melodis, baik yang sifatnya tradisional maupun alat musik modern. Setiap jenisnya memiliki nama, bentuk dan cara memainkan yang berbeda-beda. Jika berdasarkan cara memainkannya, alat musik melodis dapat dibedakan atas beberapa jenis. Diantaranya, alat musik melodis tiup yang contohnya seperti Saksofon atau Suling. Ada juga alat musik melodis petik seperti Gitar dan Kecapi, alat musik melodis gesek contohnya Biola dan alat musik melodis pukul contohnya Kolintang.
Fungsi Alat Musik Melodis
Ada banyak sekali jenis alat musik melodis, dan setiap alat musik tersebut menjalankan fungsi yang berbeda-beda. Seperti halnya alat musik ritmis yang umum dipakai sebagai instrumen pengiring tari-tarian, hal serupa juga dapat dijumpai pada alat musik melodis. Meski begitu, ada lebih banyak lagi fungsi alat musik melodis lainnya. Di antara fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Pengiring Lagu
Fungsi utama alat musik jenis ini tentunya sebagai pendamping dalam lagu. Jenis genre lagu yang diiringi oleh alat musik melodis cukup beragam, dari genre pop yang paling umum, jenis lagu jazz, rock hingga dangdut. Alat musik seperti Piano, Biola atau Gitar mampu menghasilkan melodi yang merdu, dengan begitu akan menambah keindahan pada lagu. Permainan alat musik ritmis saja dalam sebuah pertunjukan musik akan terasa hambar tanpa kehadiran alat musik melodis.
2. Instrumen Tunggal
Meski permainan alat musik dengan kombinasi ritmis dan melodis akan menciptakan musik yang harmonis, bukan berarti alat musik melodis tidak bisa dimainkan secara tunggal. Lebih mudah menjumpai permainan alat musik melodis sebagai instrumen tunggal ketimbang alat musik ritmis. Contohnya pada panggung-panggung konser pianis atau pemain biola yang diminati banyak orang.
3. Pengiring Tari
Bukan hanya pada jenis alat musik ritmis, beberapa jenis tarian juga diiringi oleh alat musik melodis. Ini termasuk jenis tarian tradisional hingga tari kontemporer. Kehadiran nada rendah ataupun tinggi dari alat musik melodis membantu penari menentukan gerakannya, serta turut membawa penonton untuk memahami makna dari gerakan tari.
Pada instrumen Gamelan Jawa yang terdapat sejumlah jenis alat musik melodis sangat umum digunakan sebagai pengiring tari-tari tradisional. Sementara pada jenis alat musik modern, piano dan biola umum dipakai untuk mengiringi dansa, balet atau jenis tari kontemporer lainnya.
4. Media Terapi
Bermain alat musik banyak disarankan oleh para ahli untuk dimanfaatkan sebagai media terapi untuk masalah kesehatan mental. Ini karena bermain alat musik dapat membantu menurunkan kadar kortisol. Hormon ini berperan penting dalam masalah depresi pada manusia.
Selain itu, bermain alat musik melodis untuk menciptakan musik dengan nada-nada yang Indah akan membantu seseorang melampiaskan emosinya. Perasaan bahagia, sedih bahkan kemarahan bisa disalurkan dengan membuat musik.
5. Manfaat Kesehatan Lainnya
Pada jenis alat musik melodis yang dimainkan dengan ditiup, seperti Suling ataupun Saksofon, bermain alat musik juga berguna untuk mengatur sistem pernapasan. Semakin banyak berlatih alat musik tiup, itu artinya semakin sering seseorang belajar untuk mengatur pernapasannya.
Fungsinya lainnya yaitu terhadap sistem kerja otak, bermain alat musik membantu seseorang untuk berpikir lebih fokus dan meningkatkan koordinasi. Saat bermain alat musik melodis, seseorang cenderung fokus untuk menyusun nada ataupun menekan tombol-tombol di alat musik. Ini juga merangsang kerja sistem otak dan organ-organ lainnya, terutama menyeimbangkan antara gerak tangan, kerja otak dan tatapan mata.
6. Media Pembelajaran
Fungsi lainnya dari alat musik melodis ialah sebagai media pembelajaran. Khususnya pada anak, bermain alat musik melodis biasanya lebih umum dilakukan ketimbang jenis alat musik lainnya. Seperti belajar bermain Piano, Biola atau lainnya. Termasuk permainan alat musik ini juga sering dimasukkan ke dalam aktivitas sekolah-sekolah lewat kegiatan ekstrakurikuler.
Sebagai media pembelajaran, bermain alat musik melodis dapat membantu anak meningkatkan kemampuan kognitifnya. Serangkaian teknik untuk memahami notasi nada pada alat musik melodis dapat merangsang kerja otak khususnya pada organ anak yang sedang berkembang.
Berikut dalam kegiatan ini kita memainkan alat musik Pianika
Pianika adalah alat musik tiup yang mirip dengan keyboard piano kecil, sering digunakan sebagai alat musik pendidikan di sekolah. Alat ini dimainkan dengan menekan tuts sambil meniup bagian pipa, menghasilkan suara melodi. Pianika juga dikenal sebagai melodika.
- Pianika dimainkan dengan menekan tuts pada keyboard dan meniup melalui lubang yang terletak di bagian sisi atau dengan menggunakan pipa lentur. Tiupan ini menghasilkan getaran udara yang beresonansi dengan ruang di dalam pianika, menghasilkan suara.
- Fungsi:
- Pianika digunakan untuk memainkan melodi utama atau kontra melodi dalam sebuah lagu.
- Pianika mudah dipelajari dan digunakan, terutama bagi pemula yang baru belajar musik. Ukurannya yang kecil dan ringan juga memudahkan untuk dibawa-bawa.
- Di pasaran, tersedia berbagai jenis pianika dengan berbagai merek, ukuran, warna, dan harga. Ada juga pianika yang menggunakan baterai untuk membantu menghasilkan suara.
- Berikut Video Pembelajaran :
Alat musik melodis pianika merupakan jenis alat musik melodis yang ditiup untuk memainkannya. Pianika berbentuk menyerupai piano kecil yang memanjang dan identik dengan warna biru dilengkapi dengan alat peniup semacam selang panjang.
Baiklah solih soliha Demikian pembelajaran kita hari ini terkait materi ragam alat musik melodis semoga ananda dapat memahami materi hari ini dengan baik dan semoga ananda selalu semangat dalam belajar 💪🏻🥰
Refleksi pembelajaran:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar,siswa mampu memahami cara mencari volume bangun kubus dan balok. Semua siswa sudah dapat memainkan alat musik pianika dengan lagu Bagimu Negeri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar