Class 1A SD Al Azhar 2 Bandar Lampung


Kelas         :1A SD Al Azhar 2

Semester  : 1

Hari,Tgl    : Selasa, 05 September 2023

Muatan Pembelajaran  :  P5

Guru        : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd. 

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.

 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Bernyanyi lagu daerah
  • Menyimak cerita
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h'
  • Menulis huruf ‘H’ dan ‘c'
  • Mengenal Penjumlahan

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat menunjukkan keterlibatan aktif dengan cara menyanyi sendiri maupun bersama-sama
  • Peserta didik dapat menyimak cerita
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h’ dan 'c'
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘H’ dan ‘c’ 
  • Peserta didik dapat memahami konsep penjumlahan dengan tepat

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
  • Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: 
  • Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).

SENI MUSIK


Lagu Daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide penciptaan berdasarkan atas budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Didalam lagu tersebut terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat serta suasana/keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat.

Yuk, dengarkan melalui link video dibawah ini !

Dengarkan sambil nyanyikan ya 😊



Lirik Lagu Kicir-Kicir

Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka

Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya tuan tiada tara
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
Badanlah sehat ya tuan hati gembira

Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
Pasti menjadi menjadi warga berguna


Lagu “Kicir-Kicir” adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari Betawi. Lagu daerah ini sendiri sangat populer dan banyak dinyanyikan oleh anak-anak, maupun orang dewasa.

Lagu ini jadi populer karena liriknya yang berima a-b-a-b, dan menggambarkan masyarakat Betawi zaman dulu yang sangat gemar berpantun. Dimana tradisi berbalas pantun disebut diadaptasi dari budaya Melayu dan China.

Selain mudah diingat, lagu ini juga sangat menghibur, selain itu, lagu “Kicir-Kicir” ini juga memiliki makna yang baik buat kita semua, nih.

Makna Lagu “Kicir-Kicir” ini memberi nasihat sekaligus menyemangati dan mengingatkan pendengarnya untuk berbahagia dalam menjalani kehidupan meski nggak selalu mudah.

Lagu ini juga berpesan agar seseorang rajin bekerja sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dua pesan utama dari lagu ini adalah ‘hidup bahagia dan berguna’, lagu ini bisa jadi penghibur buat kamu yang sedang bersedih.

Lagu ini sendiri awalnya tercipta dan dinyanyikan oleh para masyarakat Betawi zaman dulu sebagai pengingat agar tidak bersedih dan tetap bekerja keras.

Kesimpulannya, 
Alhamdulillah peserta didik dapat menyanyikan lagu "Kicir-kicir" secara aktif selain itu peserta didik mengetahui lagu “Kicir-Kicir” ini memiliki makna bahwa kita harus senantiasa bersenang hati dan melihat sisi positif, serta hidup bahagia di dunia ini apa pun yang terjadi.

Latihan Soal
Jawablah sesuai isi lagu Kicir-kicir!
  1. Dari daerah mana lagu "Kicir-kicir" berasal?
  2. Bahasa apa yang digunakan dalam lagu?
  3. Bagaimana perasaan saat menyanyikan lagu tersebut?
  4. Apa nasihat yang terdapat pada isi lagu?


MATEMATIKA


PENJUMLAHAN BILANGAN SAMPAI 10


Ada 4 anak bermain lompat tali.


Datang lagi 2 anak untuk ikut bermain.


Sekarang ada 6 anak yang bermain.

Mereka bermain bergantian.








BAHASA INDONESIA


Dengarkan guru membaca cerita di bawah ini!


Bermain Bersama Teman

Cika bermain bersama teman-teman

Ada yang bermain engklek, lompat tali, dan sepak bola


Pesan ibu pada Cika, bermain harus berhati-hati

Keselamatan badan itu penting


Cika dan teman-teman bermain memakia sepatu

Memakai sepatu saat bermain baik untuk kesehatan

Lihat, alat apa saja yang merekan pakai untuk bermain?




Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan  

  1. Dengan siapa Cika bermain?
  2. Dimana Cika dan teman-teman bermain?
  3. Apa pesan ibu kepada Cika saat bermain?
  4. Mengapa harus memakai sepatu saat bermain?
  5. Sebutkan dua alat permainan yang digunakan pada gambar di atas?

Coba nyanyikan lagu di bawah ini

Kring . . . kring . . . kring ada sepeda
Sepedaku roda dua
Kudapat dari ayah karena rajin belajar

Tuk . . . tuk . . . tuk ada sepatu
Sepatuku kulit lembu
Kudapat dari ibu karena rajin membantu

Jawab pertanyaan berdasarkan lagu diatas
  1. Bagaimana bunyi lonceng sepeda?
  2. Berapa jumlah roda sepeda?
  3. Siapa yang memberi hadiah sepeda?
  4. Mengapa ayah memberi hadiah sepeda?
  5. Dari apakah sepatu dibuat?
Kesimpulan:
Dalam pembelajaran hari ini peserta didik dapat membedakan lagu daerah dan lagu nasional, menyebutkan nama benda sesuai dengan deskripsi yang dibacakan oleh guru, selain itu peserta didik juga sudah dapat mendeskripsikan benda di sekitar sesuai dengan contoh yang diberikan secara lisan maupun tulisan, serta mengenal konsep penjumlahan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD AL-AZHAR 2

   Kelas         :4A SD Al Azhar 2 Semester  : 1 Hari,Tgl    : Jumat, 22 November 2024 Muatan Pembelajaran  : PAK Guru        : Husnul Khoti...