Kelas :1A SD Al Azhar 2
Semester : 1
Hari,Tgl : Rabu, 20 September 2023
Muatan Pembelajaran : P5
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
TEMA:
GAYA HIDUP BERKELANJUTAN
CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK
Tujuan
Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.
Alur
- Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
- Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
- Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.
Target
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu:
- Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam,
- Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan
- Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan
Pertemuan 7
TAHAP KONTEKSTUAL
Reuse & Edukasi Cuci Tangan
- Informasi mengenai Konsep Reuse
- Guru menyiapkan video edukasi cuci tangan
- Alat dekorasi
- Peserta didik diberikan informasi mengenai penggunaan kembali (reuse) barang yang sudah tidak digunakan lagi.
- Guru meminta peserta didik untuk menunjukkan buku bekas yang telah dibawa dan menjelaskan kaitan memberikan buku dengan konsep reuse
- Peserta didik diminta menceritakan garis besar buku tersebut
- Peserta didik diminta menceritakan mengapa membawa buku tersebut
- Peserta didik dan guru mengumpulkan buku-buku tersebut dan meletakkannya di pojok baca
- Peserta didik dan guru menghias pojok baca
- Peserta didik dan guru merapikan pojok baca
- Peserta didik diberikan video edukasi mengenai cuci tangan
- Peserta didik diberikan lembar tugas mengenai video
- Gosok telapak tangan
- Punggung tangannya juga
- Masuk ke sela-sela
- Dua tangan mengunci
- Jempol kanan dan kiri
- Kuncupkan jari-jari
- Bilas, bilas
- Bebas dari bakteri (dinyanyikan 3x)
- Ada berapakah urutan dalam mencuci tangan berdasarkan video yang telah ditonton?
- Diurutan ke berapakah membilas tangan?
- “Menggosok telapak tangan” masuk ke urutan nomor?
- Apa yang akan terjadi kalau kita mencuci tangan dengan langkah-langkah tersebut?
- Apa yang akan terjadi kalau kita tidak mencuci tangan sebelum makan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar