Kelas :1A SD Al Azhar 2
Semester : 1
Hari,Tgl : Selasa, 19 September 2023
Muatan Pembelajaran : P5
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
TEMA:
GAYA HIDUP BERKELANJUTAN
CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK
Tujuan
Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.
Alur
- Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
- Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
- Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.
Target
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu:
- Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam,
- Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan
- Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan
Pertemuan 7
TAHAP KONTEKSTUAL
Review Kegiatan Sebelumnya & Pengamatan Lingkungan Sekitar
- Pelaksanaan penanganan sampah plastik di sekitaran lingkungan sekolah
- Guru menyiapkan format jadwal kegiatan harian siswa di rumah
- Video pembelajaran kegiatan bersih-bersih di kelas :
- Peserta didik menonton dan mengamati tayangan video mengenai pembelajaran kegiatan piket di kelas
- Guru dan Peserta didik berdiskusi mengenai video yang telah diamati dan solusi untuk penanggulangan sampah (menurut kalian, apa yang harus kalian lakukan agar kelas kita tetap bersih?)
- Guru mengaitkan kegiatan bersih-bersih di sekolah dengan bersih-bersih di rumah
- Guru memberikan dan menjelaskan format jadwal kegiatan harian Peserta didik di rumah
- Peserta didik menulis format tersebut ke dalam buku P5
- Guru melakukan refleksi mengenai kegiatan Peserta didik yang telah dilakukan
- Kegiatan untuk pertemuan berikutnya: Guru meminta Peserta didik untuk membawa buku bacaan yang tidak lagi dipakai oleh Peserta didik (atau yang ingin didonasikan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar