Kelas :1A SD Al Azhar 2
Semester : 2
Hari,Tgl : Kamis, 22 Februari 2024
Muatan Pembelajaran : P5
Guru : Rizky Arianti,S.Pd & Husnul Khotimah, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
TEMA:
BHINEKA TUNGGAL IKA
BAHAGIA MENJADI DIRI SENDIRI
Tujuan
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Bahagia Menjadi Diri Sendiri” bertujuan
- Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta
- Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
- Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respons secara positif
- Mengidentifikasi emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponsnya secara positif
- Mengesplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
Target
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu:
- Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak pribadi dan akhlak terhadap manusia
- Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Pertemuan 1
Menggambar Diriku dan Menggambar Wajah Asliku
- Pendidik mengawali sesi dengan membagikan kertas yang sudah ada template gambar kepada peserta didik
- Setiap peserta didik harus menggambar diri mereka masing-masing (Sesuaikan dengan fisik, warna favorit, juga hobi (Misal: tambahkan mik bila suka bernyanyi, gambar rok bila suka memakai rok, atau menambahkan karakteristik suku sesuai suku mereka, dsb)
- Selain yang disukai, tuliskan juga hal paling tidak disukai
- Biarkan mereka menggambar dengan riang.
- Setelah selesai, mintalah setiap siswa bercerita mengenai gambarnya kepada teman temannya.
- Apa hal yang paling kamu sukai?
- Adakah hal yang ingin kamu ubah?
- Apakah kekurangan yang kamu miliki perlu untuk kamu ubah?
- Setiap orang itu unik. Punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tidak ada manusia yang sama. Kalau semua sama, hidup jadi tidak seru. Maka, syukurilah apa yang sudah kita miliki.
- Kekurangan yang kita miliki, ada yang bisa diubah, ada yang tidak bisa diubah.
- Tidak ada manusia yang sama. Kalau semua sama, hidup jadi tidak seru. Maka, syukurilah apa yang sudah kita miliki.
- Berilah setiap peserta didik 1 kertas kosong
- Lalu tempelkan pada wajah, kemudian jiplak wajah dengan alat tulis. Menggambar bentuk wajah, mata, alis dst. Pendidik bisa mencontohkan di depan terlebih dulu.Setelah dijiplak, memang akan terbentuk gambar yang aneh, tidak apa-apa. Simpan kertas di meja untuk disempurnakan kembali gambarnya
- Setelah selesai, pelajar bisa memberi nilai gambar tersebut. Bila sedang bahagia bisa memberi nilai 8-10, bila sedang sedih bisa 1-5 dsb
- Pada saat pengumpulan, bapak/ibu bisa melihat dan menanyakan nilai yang ada pada siswa. Tanyakanlah pada mereka, biarkan bercerita dan jadilah pendengar yang baik.
- Apakah ada yang merasa tidak puas dengan wajahnya?
- Adakah yang ingin mengubah hidung? Warna kulit? Mata? Kenapa?
- Tuhan menciptakan kita dengan sebaik-baiknya bentuk. Tak ada produk gagal, kita diciptakan karena ada suatu tujuan. Dengan bersyukur, kita akan hidup lebih bahagia dan bisa bermanfaat terhadap orang lain.
- Cantik dan tampannya kita bukan hanya dari fisik, melainkan dari akhlak kita yang baik
- Dengan bersyukur, kita akan hidup lebih bahagia dan bisa bermanfaat terhadap orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar