Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

Hari/Tanggal        : Selasa, 18 November 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila,Bahasa Indonesia 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini kita lanjutkan pembelajaran ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Materi pembelajaran 

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan masyarakat.

MATERI PEMBELAJARAN

Tema: Musyawarah dalam Kehidupan Sehari-hari

A. Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah proses berdiskusi bersama untuk mengambil keputusan secara mufakat (kesepakatan bersama). Musyawarah dilakukan dengan saling menghargai pendapat orang lain.

Ciri-ciri Musyawarah:

  • Dilakukan secara bersama-sama

  • Mengutamakan kepentingan umum

  • Dilakukan dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan

  • Setiap orang bebas menyampaikan pendapat

  • Menghasilkan keputusan bersama (mufakat)

B. Tujuan Musyawarah

  • Menyelesaikan masalah bersama

  • Mencari solusi terbaik

  • Mewujudkan kesepakatan yang adil

  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerja sama

C. Langkah-langkah Musyawarah

  1. Menentukan masalah yang akan dibahas

  2. Memberikan kesempatan kepada setiap anggota untuk menyampaikan pendapat

  3. Mendiskusikan pendapat-pendapat yang ada

  4. Menyimpulkan dan mengambil keputusan bersama

  5. Melaksanakan hasil keputusan

D. Contoh Musyawarah di Lingkungan Masyarakat

  • Menentukan jadwal ronda malam

  • Menyepakati kegiatan kerja bakti

  • Menentukan sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan

  • Membuat aturan penggunaan fasilitas umum

E. Menerapkan Hasil Musyawarah

Setelah kesepakatan dibuat, setiap anggota masyarakat harus:

  • Melaksanakan aturan yang disepakati bersama

  • Menghormati keputusan musyawarah

  • Saling mengingatkan dan mengawasi pelaksanaan aturan

Video pembelajaran:


Bahasa Indonesia:
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Menentukan ide pokok pada suatu teks.
Materi Pembelajaran:

Materi: Menentukan Ide Pokok 

1. Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah gagasan utama atau inti pembahasan dari sebuah paragraf.
Ide pokok disebut juga pikiran utama yang menjadi dasar penjelasan kalimat-kalimat lainnya.

2. Ciri–Ciri Ide Pokok

  • Bersifat umum, tidak menjelaskan hal yang detail.

  • Dapat berdiri sendiri walaupun kalimat lain dihilangkan.

  • Biasanya menjadi inti informasi dari paragraf.

  • Didukung oleh kalimat penjelas.

3. Letak Ide Pokok

Ide pokok umumnya terdapat di:

  1. Awal paragraf (paragraf deduktif)

  2. Akhir paragraf (paragraf induktif)

  3. Awal dan akhir paragraf (paragraf campuran)

  4. Tersirat (tidak ditulis langsung, tetapi dapat disimpulkan)

4. Cara Menentukan Ide Pokok

  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.

  2. Temukan kalimat yang paling umum dan memuat inti pembahasan.

  3. Perhatikan kata kunci yang sering muncul.

  4. Hubungkan dengan kalimat penjelas—apakah kalimat tersebut mendukung satu gagasan utama.

  5. Jika tidak tertulis, simpulkan isi paragraf menjadi satu kalimat inti.

5. Contoh Paragraf dan Ide Pokok

Contoh 1 – Ide Pokok di Awal Paragraf

Paragraf:
Hutan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Hutan menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, dan menjadi habitat berbagai makhluk hidup.

Ide Pokok:
Manfaat hutan bagi manusia.


Contoh 2 – Ide Pokok di Akhir Paragraf

Paragraf:
Ayam, kambing, dan sapi adalah hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Hewan-hewan tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan dan hasil ternak. Karena itulah, hewan ternak sangat penting bagi kehidupan manusia.

Ide Pokok:
Hewan ternak penting bagi kehidupan manusia.


Contoh 3 – Ide Pokok Tersirat

Paragraf:
Setiap pagi, warga desa bergotong royong membersihkan lingkungan. Ada yang menyapu jalan, memotong rumput, dan mengangkut sampah ke tempat pembuangan. Kegiatan ini membuat desa menjadi bersih dan nyaman.

Ide Pokok (tersirat):
Warga desa bekerja sama menjaga kebersihan lingkungan.

6. Latihan Soal

Tentukan ide pokok paragraf berikut:

Sekolahku memiliki halaman yang luas. Di halaman itu terdapat taman bunga yang tertata rapi. Setiap pagi, siswa bertugas menyiram bunga agar tetap segar dan indah.

Penemuan listrik membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia. Dengan listrik, berbagai peralatan elektronik dapat digunakan. Lampu juga menerangi rumah saat malam hari.

Video pembelajaran 




Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini 

Wassalamu'alaikum,wr.wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

Hari/Tanggal        : Selasa, 18 November 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila,Bahasa Indonesia ...