Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 19 November  2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini kita lanjutkan pembelajaran kita ya,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

A. kisi-kisi sumatif 3 seni rupa 

1. Sumber gagasan yang dapat digunakan untuk membuat karya anyaman adalah …
A. Pengalaman melihat pemandangan
B. Bermain game online
C. Menonton acara komedi
D. Mendengarkan musik keras

Jawaban: A

2.Saat membuat anyaman berbentuk tempat pensil, ide dapat muncul dari …

A. Keinginan membuat makanan
B. Kebutuhan menyimpan alat tulis
C. Keinginan membeli barang baru
D. Tidak tahu apa yang harus dilakukan

Jawaban: B

3.Pengetahuan tentang jenis bahan seperti kertas, pita, atau daun kelapa dapat membantu dalam …

A. Memilih warna sepatu
B. Menggambar pemandangan
C. Memilih bahan anyaman yang tepat
D. Menyusun jadwal pelajaran

Jawaban: C

4.Keterampilan yang diperlukan untuk membuat anyaman adalah …

A. Melompat jauh
B. Menjahit pakaian
C. Menyusun pola silang menyilang
D. Bermain alat musik

Jawaban: C

5.Pengalaman saat membuat kerajinan waktu di rumah dapat menjadi …

A. Hambatan berkarya
B. Sumber gagasan dalam berkarya
C. Masalah dalam belajar
D. Hal yang tidak penting

Jawaban: B

6.Salah satu contoh gagasan yang berasal dari lingkungan sekitar untuk membuat anyaman adalah …

A. Anyaman motif daun
B. Anyaman mirip huruf alfabet
C. Anyaman berbentuk angka
D. Anyaman menyerupai keyboard komputer

Jawaban: A

7.Sebelum mulai menganyam, hal yang paling penting dilakukan adalah …

A. Membeli makanan ringan
B. Menentukan gagasan atau ide karya
C. Menggambar hewan
D. Menonton film kartun

Jawaban: B

8.Jika siswa terinspirasi membuat anyaman bentuk kotak karena sering melihat keranjang di pasar, maka sumber gagasannya berasal dari …

A. Imajinasi sepenuhnya
B. Pengalaman nyata
C. Cerita fiksi
D. Perasaan takut

Jawaban: B

9.Mengamati contoh anyaman dari guru dapat membantu siswa …

A. Meniru seluruh pekerjaan orang lain
B. Meningkatkan keterampilan berbohong
C. Mengembangkan ide dan keterampilan anyaman
D. Menghilangkan kreativitas

Jawaban: C

10.Berikut yang bukan sumber gagasan dalam membuat karya anyaman adalah …

A. Pengalaman pribadi
B. Pengetahuan tentang bahan
C. Keterampilan tangan
D. Keinginan menyontek karya teman

Jawaban: D

11.Dina pernah melihat neneknya membuat anyaman dari daun pandan. Saat di sekolah, ia diminta membuat karya anyaman dari kertas. Apa yang sebaiknya Dina lakukan agar karyanya berhasil?
A. Meniru persis anyaman neneknya
B. Mengabaikan pengalaman dan mengikuti teman
C. Menggunakan pengalaman nenek sebagai inspirasi dan menyesuaikannya dengan bahan kertas
D. Membuat karya yang tidak berhubungan dengan anyaman

Jawaban: C

12.Riko ingin membuat anyaman berbentuk tempat tisu, tetapi bahan kertas yang dimiliki sedikit. Apa keputusan terbaik berdasarkan pengetahuan dan pengalaman?

A. Membatalkan proyek
B. Membuat tempat tisu dengan ukuran lebih kecil
C. Meminta orang lain mengerjakannya
D. Menggunakan bahan apa pun tanpa memikirkan bentuk

Jawaban: B

13.Seorang siswa membuat anyaman terlalu longgar sehingga tidak dapat berdiri kokoh. Apa perbaikan yang dapat ia lakukan berdasarkan pemahamannya?

A. Mengganti bahan dengan yang lebih mahal
B. Mengencangkan pola anyaman atau memilih bahan lebih tebal
C. Menghentikan proses pembuatan
D. Memberi lem di seluruh permukaan

Jawaban: B

14.Lani pernah melihat motif anyaman khas daerahnya. Bagaimana ia dapat mengembangkan motif tersebut menjadi karya baru?

A. Menyalin motif tersebut tanpa perubahan
B. Menggabungkan motif asli dengan pola baru berdasarkan imajinasinya
C. Menghapus motif tradisional dan membuat motif acak
D. Menghindari motif daerah karena terlalu sulit

Jawaban: B

15.Guru meminta murid mencari ide anyaman dari lingkungan sekolah. Mana tindakan yang menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi?

A. Menunggu ide diberikan guru
B. Mencari benda bermotif garis lalu menganalisis pola untuk dijadikan inspirasi anyaman
C. Meniru karya teman yang sudah jadi
D. Memilih ide secara acak tanpa pengamatan

Jawaban: B

16.Saat membuat anyaman, Budi menyadari bahwa warnanya tidak serasi. Apa langkah terbaik berdasarkan keterampilan berkarya?

A. Mengganti semua bahan dan memulai ulang
B. Mengabaikan warna karena tidak terlalu penting
C. Menambahkan warna penyeimbang agar lebih harmonis
D. Menyembunyikan kesalahan dengan menutupinya

Jawaban: C

17.Jika kamu ingin membuat anyaman berbentuk wadah buah, informasi apa yang paling perlu dianalisis?

A. Warna favorit teman
B. Kekuatan bahan dan ukuran wadah yang dibutuhkan
C. Harga bahan di toko
D. Bentuk tas sekolah

Jawaban: B

18.Dari pengalaman sebelumnya, Andi tahu bahwa pola garis yang terlalu rapat membuat anyaman sulit dibentuk. Ketika mencoba pola baru, apa keputusan terbaik?

A. Tetap membuat pola rapat karena terlihat bagus
B. Menyesuaikan jarak pola agar anyaman lebih fleksibel
C. Menggunakan pola tanpa perhitungan
D. Mengikuti pola teman

Jawaban: B

19.Seseorang ingin membuat anyaman dengan tema “alam”. Ia memiliki pengetahuan tentang bentuk daun, bunga, dan gelombang air. Bagaimana ia bisa memanfaatkan pengetahuan itu?

A. Membuat motif sesuai bentuk-bentuk alam tersebut
B. Menghindari tema alam agar tidak sulit
C. Meniru motif yang sudah ada di internet saja
D. Menggunakan bentuk acak tanpa makna

Jawaban: A

20.Kamu diminta membuat anyaman dari barang bekas. Berdasarkan keterampilan dan pengalamanmu, pilihan mana yang paling kreatif dan efektif?

A. Menggunakan plastik bekas yang mudah robek
B. Memilih kertas tebal dari majalah bekas dan memotongnya secara proporsional
C. Mengambil bahan apa saja tanpa mengecek kualitas
D. Menggunakan bahan yang sama dengan semua teman

Jawaban: B




Pembelajaran IPAS
  Murid dapat mengidentifikasi tata Surya di alam semesta 
Materi tata surya untuk kelas 6 meliputi susunan tata surya yang terdiri dari Matahari sebagai pusatnya, delapan planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus), serta benda langit lainnya seperti satelit, asteroid, komet, dan meteoroidAnda juga perlu mempelajari ciri-ciri unik setiap planet, misalnya Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari, Saturnus terkenal dengan cincinnya, dan Jupiter adalah planet terbesar.  
Komponen utama tata surya
  • Matahari: Bintang yang menjadi pusat tata surya dan sumber cahaya serta panas. 
  • Planet: Benda langit yang tidak bercahaya sendiri, berotasi dan berevolusi mengelilingi Matahari. Ada delapan planet utama yang tersusun berurutan dari yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 
  • Satelit: Benda langit yang mengelilingi planet, contohnya Bulan yang mengelilingi Bumi. 
  • Asteroid: Benda langit berbentuk batuan yang mengorbit Matahari, sabuk asteroid berada di antara orbit Mars dan Jupiter. 
  • Komet: Benda langit yang terdiri dari debu, gas, dan es. 
  • Meteoroid: Batuan yang lebih kecil dari asteroid. 
Ciri-ciri planet (Contoh)
  • Merkurius: Planet terdekat dengan Matahari.
  • Venus: Planet terdekat dengan Bumi dan tampak paling jelas dari Bumi.
  • Bumi: Planet ketiga dari Matahari, tempat tinggal kita.
  • Mars: Dikenal sebagai planet merah.
  • Jupiter: Planet terbesar dalam tata surya.
  • Saturnus: Dikenal karena cincinnya yang khas.
  • Uranus: Planet ketiga terbesar setelah Jupiter dan Saturnus.
  • Neptunus: Planet terjauh dari Matahari dalam urutan planet utama. Satelit terbesarnya adalah Triton. 


  • Video pembelajaran 

  • Baiklah cukup sekian pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat aamiin ya rabbal alamiin 🙏 
  • Wassalamu'alaikum,wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Rabu, 19 November  2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS Tabik Pun 🙏  Good mo...