TEMATIK KELAS 3C (Penilaian Harian Tema 6 ST 3) Monday, 21 February 2022

Hari/Tanggal         : Senin 21 Febuari 2022

Kelas                      : 3C 

Mata Pelajaran    :  Tematik

Guru                    : Khusnul Khotimah, S.Pd.





Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! Good morning, I hope we are fine today.

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3D, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim absensi melalui dokumentasi.

setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

sebelum kita melaksanakan Penilaian Harian Tema 6 Sub Tema 3 hari ini dan tentunya kalian sudah belajar ya nak!

jangan lupa kerjakan soalnya dengan teliti dan jujur baca baik baik pertanyaannya sehingga kalian tidak salah dalam menjawab pertanyaannya.
Berikut soal Penilaian Harian Tema 6 Sub Tema 3


Jika sudah selesai mengerjakan Penilaian Harian Tema 6 Sub Tema 3 Bu Guru ingin meminta kalian untuk latihan menulis di buku lalisba halaman  11





Jika sudah selesai silahkan kirim dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta hasilnya juga hasil latihan menulis lalisba kalian dibuat kolase dan kirim ke WA grup saja ya nak! 

Terimakasih Sholih/Sholihah Bu Guru,salam sehat dan semangat terus ya nak! Jangan lupa shalat 5 waktu Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb

Tematik Kelas 3 C (Tema 7 Subtema 3 PB 3)

 Hari/Tanggal        : Jumat, 18 Maret 2022

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 3 ( Perkembangan Teknologi Komunikas )

Pembelajaran        : 3

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

B.Indonesia 3.6, SBdP 3.1, MTK 3.10

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks “Sejarah Pengunaan Telepon”, siswa dapat menemukan kalimat utama tiap paragraf dari teks yang telah dibaca serta membuat ringkasan informasi dari suatu teks dengan runtut dengan tepat.
2. Setelah mengamati pola dekoratif Toraja, siswa dapat mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif, dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warnasertadapat menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam karya yang rapi dan indah.dengan benar. 
3. Siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan benar.

Apersepsi


Assalamualaikum Wr Wb 

Good morning my student? How are you today?

I hope we are always in the good condition.

Yesterday , we learned thema 7 subtheme 2 lesson 6, And today we will learn  thema 7 subthema 3 lesson 3 , today we will learn how about technological development

Okey,,, lets start our lesson today, keep your spirit my lovely student


Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪

Hari ini Dayu dan Lani sangat bersemangat. Mereka akan melakukan percobaan “telepon kaleng”.  Dayu mengetahui cara membuat telepon kaleng dari ibu.  Telepon merupakan  salah satu alat komunikasi. Dengan adanya teknologi, telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.

Bacalah teks berikut!

Sejarah Penggunaan Telepon
Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Manusia sudah mengenal surat dan telegraf sebelum ditemukannya telepon. Namun, surat memerlukan waktu berharihari dalam menyampaikan pesan. Selain itu, komunikasi dilakukan secara tertulis.

Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800an. Berdasarkan hasil penelitian tentang gelombang bunyi, Alexander Graham Bell menciptakan telepon. Pada uji coba pertama kali, daya jangkau telepon sekitar 8 mil.

Selanjutnya, ada satelit telepon. Oleh karena itu, daya jangkau telepon semakin luas. Komunikasi dapat dilakukan antarnegara. 

Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit. Kita dapat berkomunikasi di mana saja dengan menggunakan telepon genggam atau ponsel.

Carilah kalimat utama dari setiap paragraf pada teks “Sejarah Penggunaan Telepon”!

 Kalimat Utama dari Teks “Sejarah Penggunaan Telepon”

Paragraf 1     : Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. 
Paragraf 2     : Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800an. 
Paragraf 3     : ada satelit telepon. 
Paragraf 4     : jaringan telepon bergerak melalui satelit.

Ayo Berkreasi
Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.
Amati langkah-langkah membuat “telepon kaleng” berikut! 

Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberi hiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja.

Amati pola hiasan Toraja berikut!


Hiasan akan menambah keindahan suatu benda.

Ayo Mengamati

Setelah menghias kaleng,  Lani menunjukkan gambar yang ia buat. Udin mengusulkan agar gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani.
Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.

Ayo Membaca
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti.
Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.
Telepon adalah alat komunikasi secara lisan.  Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat  komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

TUGAS 

Pilihlah salah satu motif hiasan dengan pola hiasan dari Toraja.



Gambarlah dibuku gambarmu dan warnai dengan bagus, difoto dan bisa dikirimkan ke ibu guru

Tetap semangat
Wassalammualaikum wr wb

Tematik Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran ke 3

 Hari/Tanggal        : Kamis, 18 Maret 2022

Kelas                    : 3 C

Nama Guru         : Khusnul Khotimah,S.Pd.

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 3 ( Perkembangan Teknologi Komunikasi)

Pembelajaran        : 3

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

B.Indonesia 3.6, SBdP 3.1, MTK 3.10

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks “Sejarah Pengunaan Telepon”, siswa dapat menemukan kalimat utama tiap paragraf dari teks yang telah dibaca serta membuat ringkasan informasi dari suatu teks dengan runtut dengan tepat.
2. Setelah mengamati pola dekoratif Toraja, siswa dapat mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif, dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warnasertadapat menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam karya yang rapi dan indah.dengan benar. 
3. Siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan benar.

Apersepsi


Assalamualaikum Wr Wb 

Good morning my student? How are you today?

I hope we are always in the good condition.

Yesterday , we learned thema 7 subtheme 2 lesson 6, And today we will learn  thema 7 subthema 3 lesson 3 , today we will learn how about technological development

Okey,,, lets start our lesson today, keep your spirit my lovely student


Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪

Hari ini Dayu dan Lani sangat bersemangat. Mereka akan melakukan percobaan “telepon kaleng”.  Dayu mengetahui cara membuat telepon kaleng dari ibu.  Telepon merupakan  salah satu alat komunikasi. Dengan adanya teknologi, telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.

Bacalah teks berikut!

Sejarah Penggunaan Telepon
Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Manusia sudah mengenal surat dan telegraf sebelum ditemukannya telepon. Namun, surat memerlukan waktu berharihari dalam menyampaikan pesan. Selain itu, komunikasi dilakukan secara tertulis.

Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800an. Berdasarkan hasil penelitian tentang gelombang bunyi, Alexander Graham Bell menciptakan telepon. Pada uji coba pertama kali, daya jangkau telepon sekitar 8 mil.

Selanjutnya, ada satelit telepon. Oleh karena itu, daya jangkau telepon semakin luas. Komunikasi dapat dilakukan antarnegara. 

Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit. Kita dapat berkomunikasi di mana saja dengan menggunakan telepon genggam atau ponsel.

Carilah kalimat utama dari setiap paragraf pada teks “Sejarah Penggunaan Telepon”!

 Kalimat Utama dari Teks “Sejarah Penggunaan Telepon”

Paragraf 1     : Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. 
Paragraf 2     : Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800an. 
Paragraf 3     : ada satelit telepon. 
Paragraf 4     : jaringan telepon bergerak melalui satelit.

Ayo Berkreasi
Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.
Amati langkah-langkah membuat “telepon kaleng” berikut! 

Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberi hiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja.

Amati pola hiasan Toraja berikut!


Hiasan akan menambah keindahan suatu benda.

Ayo Mengamati

Setelah menghias kaleng,  Lani menunjukkan gambar yang ia buat. Udin mengusulkan agar gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani.
Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.

Ayo Membaca
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti.
Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.
Telepon adalah alat komunikasi secara lisan.  Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat  komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

TUGAS 

Pilihlah salah satu motif hiasan dengan pola hiasan dari Toraja.



Gambarlah dibuku gambarmu dan warnai dengan bagus, difoto dan bisa dikirimkan ke ibu guru

Tetap semangat
Wassalammualaikum wr wb

TEMATIK KELAS 3C (Friday, 18 February 2022)

 Hari /Tanggal               : Jum'at, 18 Februari 2022

Kelas                            : 3C

Mata Pelajaran             :  Tematik

Guru                             : Khusnul Khotimah, S.Pd.




Good Morning, kaifahalukum,Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasi.
setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 6                               : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                          :  Energi Alternatif

Pembelajaran                    : 6

Tujuan Pembelajaran      :

1. Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri dengan benar.

2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait dengan lama waktu berlangsungnya suatu kejadian dan benar.

3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dengan benar.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut secara nyaring dengan intonasi yang tepat!

BIOGAS


Ada banyak hewan di sekitar kita. Hewan di sekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi
makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat  digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.  Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan. 
Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi  bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.
Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu atau bersama anggota keluarga! 
Sekarang yuk kita jawab bersama-sama. 

1. Berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi aternatif!
Jawab: 
a. Sumber daya yang tidak terbatas karena biogas dihasilkan dari reaksi gas metan yang berasal dari kotoran binatang
b. Harga yang lebih terjangkau sehingga memenuhi kebutuhan harian masyarakat. 

2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan!
Jawab: 
Energi biogas termasuk ramah lingkungan karena terbuat dari bahan dasar kotoran ternak dan aneka limbah yang diolah sedemikian rupa, seperti limbah peternakan, limbah pertanian, limbah perairan, limbah industri, dan sampah organik. 

3. Berikan 2 contoh keuntungan menggunakan biogas!
Jawab: 
a. Lebih ramah lingkungan
b. Proses penggunaan tidak mengeluarkan asap. 

4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas!
Jawab:
a. Karena memerlukan biaya tinggi untuk peralatan instalasi biogas.
b. Kurangnya tenaga trampil dalam proses produksi biogas. 

Ayo Berlatih

Disuatu desa masyarakat memilih menggunakan biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang digunakan untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jika kegiatan memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka memiliki satu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

Jawab: 8 : 4 = 2 

Jadi, biogas dapat digunakan selama 2 hari. 

2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

Jawab: 16 : 4 = 4 

Jadi, biogas dapat digunakan selama 4 hari. 

Memilih menggunakan energi alternatif termasuk  sikap peduli kepada lingkungan. Menjaga  lingkungan harus terus diupayakan. Agar kehidupan dapat terus berlangsung dengan baik.

Perhatikan gambar berikut! Berikan saran dan alasan!

Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?

Sebaiknya jangan membuang sampah disungai. 

Mengapa? Jelaskan!

Membuang sampah di sungai dapat menyebabkan banjir dan pencemaran lingkungan. 

Sekarang cobalah anak-anak dapat mengamati lingkungan daerah Rumahmu. Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di Rumahmu!

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Anak anak kerjakan modul tematik halaman 50 ,51 dan 52.

Mata pelajaran PKN, Bahasa Indonesia , Matematika dan SBdP ya nak!.





Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 


Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

TEMATIK KELAS 3C (Thursday, 17 Februari 2022)

 Hari /Tanggal               : Kamis 17, Februari 2022

Kelas                            : 3C

Mata Pelajaran             :  Tematik

Guru                             : Khusnul Khotimah, S.Pd.



Good Morning, kaifahalukum,Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasi.

setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 6                               : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                          :  Energi Alternatif

Pembelajaran                    : 5

Tujuan Pembelajaran      :

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi alternatif dengan benar. 

2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menulis berbagai contoh kewajiban dengan benar.

3. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait lama  waktu berlangsungnya suatu kejadian dengan benar.

Ayo membaca!

Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. 

Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:

 Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji

 Kanji

 Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan

 Korek api 

Cara kerja:

1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).

2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.

3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.

4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus.  Kemudian disaring atau diayak.

5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.

6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.

7.  Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa   hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar  matahari.

Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briket mudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.

Setelah membaca mari kita menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini

1.Sebutkan Fungsi briket?

- Fungsi briket adalah sebagai penganti bahan bakar minyak.

2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!

- Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji 

- Kanji ( tepung sagu)

- Potongan bambu/pipa paralon/setinggi 7-10 cm untuk cetakan

- Korek api

3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak ( BBM)!

 - Kelebihan briket dari bahan bakar minyak antara lain briker dapat mengurangi pencemaran akibat     bahan bakar fosil    
 - Briket mudah terbakar ,namun briket cepat habis

4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?
 
-Briket dapat dijadikan energi arternatif karena dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

5.Briket dapat mengurangi sampah.Bagaimana menurut pendapatmu? jelaskan alasannya!

-Briket dapat mengurangi sampah karena briket terbuat dari bahan sisa seperti serbuk gerjaji dan tempurung batok.

Penggunaan briket dapat mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan. Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.


Diskusikan cara mengurangi sampah yang bisa kamu lakukan! 


Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas. 

1. Kurangi pembelian menggunakan kantong plastik

2. Gunakan botol minum pribadi

3. Gunakan sedotan stainless

Ayo Berlatih

Siti dan teman-teman sedang berkemah. Selama berkemah mereka memasak makanan sendiri. Selama berkemah mereka juga memasak air sendiri. Mereka memasak menggunakan bahan bakar briket.

Selesaikan masalah berikut ini!

Contoh Soal:

Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?

Jawab: 2 jam = 02.00


Jadi, Briket akan habis pada pukul 16.30 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tuliskan informasi secara singkat yang kamu peroleh dari bacaan "Briket Pengganti BBM"!
2. Tuliskan beberapa contoh kewajiban dalam mengurangi sampah agar lingkungan tetap terjaga dengan baik!
3. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak. Setiap  briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akan habis?

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 




Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.


TEMATIK KELAS 3C (Wednesday, 16 February 2022)

 Hari /Tanggal               : Rabu 16, Februari 2022

Kelas                            : 3C

Mata Pelajaran             :  Tematik

Guru                              : Khusnul Khotimah, S.Pd.



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! good morning, Kaifahalukum?

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan kirim dokumentasi.
setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 6                               : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                          :  Energi Alternatif

Pembelajaran                    : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran      : 

1. Setelah mengamati, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif  dengan benar. 

2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar. 

3. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri dengan benar.

4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai warga dengan benar. 

Ayo Belajar!

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan  diagonal.

Ibu menemukan 8 kata yang ada di kotak :

1.Listrik            5.Minyak

2.Angin            6.PLTA

3.Air                7.Generator

4.Turbin           8.Matahari

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif.  Semakin kuat gerak air, semakin besar pula  energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.  Pernahkah kamu melihat kincir air?

Perhatikan gambar berikut!


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan
juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. 
Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.  
Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan. 



Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa. Perhatikan gambar berikut! Lihatlah tanda 18/07/08.  Artinya, minuman .

sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.



Ayo Berlatihh

Amati contoh berikut!


 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 12/17

 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 24/11/18

Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya.
Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tubuh.




 Air Sumber Energi Alternatif

Air merupakan sumber energi alternatif. Energi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak.  
Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. 
Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Ayo Membaca

Kamu sudah mengetahui bahwa tenaga air merupakan salah satu energi alternatif. Air milik bersama. Meskipun tinggal di tempat berbeda. Namun bumi kita satu. Kita semua tinggal di bumi yang sama. Kita semua harus menjaga bumi kita. Kita bersama-sama menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi.
 


Berikan penjelasan tentang kegiatan pada gambar! pada gambar di atas terlihat rusa dan ayam sedang minum air.

Berikan contoh kewajiban yang harus kamu lakukan pada kegiatan tersebut!
kewajiban yang harus kita lakukan adalah menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi, yaitu salah satunya adalah air. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas dengan menjawab pertanyaan sesuai gambar melalui Voicenote ya nak!

Jawab Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar dan kewajiban apa yang harus di lakukan!


Kirimkan jawaban kalian di WA grup kelas kita ya nak!

Terimakasih sholih/sholiha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 



Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jum'at, 29 Agustus 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika Tabik Pun 🙏  Good mor...