Class 4A SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 


Hari/Tanggal        : Senin, 20 Januari 2025

Kelas                       : 4A

Mata Pelajaran     : B.Indonesia, Pendidikan Pancasila 

Alat Peraga           : Gambar,  Video

Metode Pembelajaran : Diskusi dan Tanya Jawab 







Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are in healthy body and happiness. 😍
Haii anak-anak hebat bu guru, tetap semangat dalam belajar ya nak...

Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Mampu menentukan latar tempat/waktu dari sebuah teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami sejarah uang pertama kali di Indonesia

2. Peserta didik memahami cara mengecek keaslian Uang Rupiah dengan tepat. 

Materi Pembelajaran : 


Sejarah Oeang Republik Indonesia (ORI)

Pemerintah Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945 menetapkan berlakunya mata uang bersama di wilayah Republik Indonesia (RI), yaitu uang De Javasche Bank, uang Hindia Belanda dan uang Jepang.



Menabung di Bank Tugas berikut ini dapat kalian kerjakan secara berkelompok. Cari tahu apa saja persyaratan dan prosedur menabung di bank. Diskusikan cara kelompok kalian mendapatkan informasi tersebut. Kalian dapat datang langsung ke sebuah bank, bertanya melalui telepon, atau mencari informasi di internet. Tuliskan di buku tulis kalian persyaratan dan prosedur tersebut.

Prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Ingat, teks prosedur harus berisi 
1. tujuan yang ingin dicapai dari prosedur tersebut; 
2. persyaratan dan perlengkapan yang dibutuhkan; dan 
3. langkah-langkah yang dilakukan. 

Ciri-ciri teks prosedur: 
1. menggunakan kalimat perintah; 
2. menggunakan kata kerja aktif; 
3. berisi langkah-langkah yang urut; dan 
4. menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan/langkah. 
Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang uang, kini saatnya kalian berbagi pengalaman atau pendapat tentang menabung. Tuliskan pengalaman tersebut di buku kalian. Gunakan kalimat dengan menggabungkan subjek, predikat, kata sifat, dan kata depan. Dengan menuliskan cara menabung di bank, kalian berlatih menulis teks prosedur. 

Berikut adalah beberapa cara untuk mengecek keaslian uang dengan metode 3D:
  • Dilihat
    Uang asli memiliki warna yang cerah dan jelas, sedangkan uang palsu sering tampak kusam dan pucat.
Diraba
Uang asli terasa kasar karena teksturnya khusus, sedangkan uang palsu biasanya terasa halus.
Diterawang
Uang asli memiliki tanda air berupa gambar pahlawan dan terlihat jelas bila diterawangkan ke arah cahaya.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek keaslian uang dengan cara:
  • Memeriksa logo BI dan tulisan "BANK INDONESIA"
  • Memeriksa perubahan warna pada logo BI (khusus pecahan besar)
  • Memeriksa gambar tersembunyi (latent image) yang akan terlihat dari sudut tertentu
  • Memeriksa benang pengaman yang tertanam di dalam kertas dan terlihat jelas saat diterawang
  • Memeriksa kode tuna netra pada bagian tepi uang

Berikut Video Pembelajaran : 



Pendidikan Pancasila (Asesmen 1)

Elemen CP: Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya. Peserta didik mampu mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya.


Materi soal asesmen 1

Perbedaan adalah keistimewaan dan ciri khas dari setiap manusi.Untuk mengenalkan perbedaan ini peserta didik diharapkan memahami bahwa setiap individu memiliki perbedaan identitas diri dan latar belakang ,memiliki perbedaan hoby ataukebiasaan dalam kehidupan sehari hari, memiliki perbedan Bahasa memiliki perbedaan suku dan yang paling utama adalah perbedaan fisik yang mungkin dipengaruhi oleh ras bangsa Indonesia.Karena perbedaan bukanlah permasalahan melainkan sebuah keistimewaan yang dimiliki masing masing individu.

Kemampuan menerima terhadap keberagaman sudah disepakati oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala dengan suatu prinsip atau semboyan Bhineka Tunggal ika .Semboyan Bhineka tunggal ini merupakan gagasan yang mutakhir karena sangat sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia. Semboyan tersebut bukan hanya sebatas slogan dan kata kata Mutiara belaka,melainkan melalui semboyan tersebut kalian dapat menjadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari sehari,semboyan ini menekankan pada persatuan dan kesatuan bangsa.

Saat kalian ingin memperkenalkan temanmu kepada orang lain kalian harus dapat menyebutkan identitas nya. Identitas tersebut dapat berupa fisik dan non fisik. Identitas diri secara fisik dapat dilihat dari ciri ciri fisik tubuhnya, identitas diri secara nonfisik misalnya suku, cita cita, hoby dan kesukaan.

1.      Sikap Menghargai Keberagaman

Perbedaan adalah keistimewaan yang dimilik setiap manusia. Setiap orang memiliki perbedaan dan ciri ciri. Keberagaman dan ciri ciri yang di miliki teman menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak keragaman. Perbedaan adalah karunia tuhan yang harus di sykuri. Agar kerukunan hidup tercipta, setiap orang juga harus dapat menrima perbedaan tersebut.

Indonesia adalah negara yang memiliki kebudayaan yang beragam. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan, harus menghomati dan menghargai keberagaman budaya. Di Indonesia, ada sekitar 1.331 kelompok suku yang tersebar di selunuh wilayah. Setap suku tersebut memiliki kebiasaan dan tradisi yang berbeda-beda. Walau begitu mereka tetap bagian dari negara Indonesia.

Kesimpulan pembelajaran 
Assessmen pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan bahasa Indonesia Alhamdulillah hanya 2 peserta didik yang perlu perbaikan nilai

Dokumentasi pembelajaran 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 4A SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jumat, 31 Januari 2025 Kelas                       : 4A Mata Pelajaran     : Pendidikan Anti Korupsi Alat Peraga    ...