Class 6D Sd Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 19 Agustus 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh
Kisi-kisi Sumatif Harian ke 1

Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh berarti bahwa kelima silanya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkanSetiap sila saling melengkapi dan mendukung sila lainnya, sehingga membentuk satu kesatuan yang bulat dan utuh sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. 
Penjelasan Lebih Lanjut:
  • Keterkaitan Sila:
    Kelima sila dalam Pancasila tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Misalnya, sila pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa) menjadi dasar bagi sila-sila lainnya dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. 
  • Kesatuan yang Bulat:
  • Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat berarti bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila harus diwujudkan secara bersamaan dan tidak boleh ada yang diabaikan. 
  • Pentingnya Kesatuan:
    Memahami Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh penting karena:Mencegah fragmentasi nilai-nilai luhur bangsa. 
  • Menghindari pemahaman yang parsial dan terkotak-kotak terhadap Pancasila. 

  • Pancasila sebagai satu kesatuan harus diimplementasikan dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, mulai dari hubungan individu, keluarga, masyarakat, hingga penyelenggaraan negara. 
  • Dengan demikian, Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh adalah konsep yang esensial dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Berikut adalah contoh pengamalan dari masing-masing sila:
    Sila ke-1: Ketuhanan Yang Maha Esa 
    • Menghormati dan menghargai perbedaan agama dan kepercayaan orang lain.
    • Tidak memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain.
    • Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
    • Membantu kegiatan keagamaan di sekolah atau lingkungan sekitar.
    • Menjaga kerukunan antar umat beragama. 
    Sila ke-2: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 
    Menghormati hak dan kewajiban sesama manusia, Menjaga martabat manusia sebagai makhluk Tuhan, Membantu orang yang membutuhkan, Berani membela kebenaran dan keadilan, Menghindari perbuatan yang merendahkan martabat orang lain. 
    Sila ke-3: Persatuan Indonesia
    • Mencintai tanah air dan bangsa Indonesia.
    • Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.
    • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meskipun terdapat perbedaan.
    • Mempelajari dan melestarikan budaya Indonesia.
    • Menggunakan produk dalam negeri. 
    Sila ke-4: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 
    • Melakukan musyawarah untuk mufakat dalam mengambil keputusan.
    • Menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah.
    • Menerima hasil keputusan musyawarah dengan lapang dada.
    • Tidak memaksakan kehendak pribadi dalam musyawarah.
    • Menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.
    Sila ke-5: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    Berbuat adil kepada semua orang tanpa membeda-bedakan, Menghargai hak-hak orang lain, Membantu orang yang membutuhkan, Tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain, Menghargai hasil karya orang lain.
  • Bahasa Indonesia:
  • Tujuan Pembelajaran:
  • Menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai- nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio

  • membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.
  • Memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter
  • Menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai- nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual.
  • 1.      Bacalah teks berikut ini!

    “Pada suatu pagi yang cerah, Lila berjalan menyusuri hutan untuk mencari kayu bakar. Di tengah perjalanan, ia melihat seekor burung kecil yang terjebak dalam jaring. Lila merasa kasihan dan segera melepaskan burung itu. Ajaibnya, burung itu bisa bicara! Sebagai rasa terima kasih, burung tersebut memberi Lila sebuah biji emas yang bisa tumbuh menjadi pohon harapan.”

    Berdasarkan kutipan cerita tersebut, amanat  dari cerita di atas adalah?

     

    2.      “Proses menanam padi diawali dengan memilih benih padi yang berkualitas. Setelah itu, benih direndam dalam air selama beberapa hari hingga tumbuh kecambah. Kemudian, benih ditanam di lahan semai. Setelah bibit tumbuh besar, bibit dipindahkan ke sawah yang telah dibajak dan diairi. Petani kemudian merawat tanaman dengan memberi pupuk dan air secara rutin. Setelah beberapa bulan, padi siap dipanen.”

    Tuliskan secara lengkap urutan proses menanam padi berdasarkan teks yang kamu dengarkan!

     

    3.      “Suatu hari, Dika menemukan dompet di taman saat pulang sekolah. Ia membuka dompet itu dan melihat kartu identitas serta sejumlah uang. Tanpa ragu, Dika segera mencari alamat pemiliknya dan mengembalikan dompet itu. Pemilik dompet sangat berterima kasih kepada Dika dan memuji kejujurannya.”

    Tuliskan dua nilai kehidupan yang dapat kamu temukan dari cerita di atas dan jelaskan alasanmu!

     

    4.      Bacalah puisi pendek berikut dengan lafal, tekanan, dan intonasi yang tepat!

    “Pelangi”
    Pelangi indah menghiasi langit
    Warna-warni cerah memikat hati
    Setelah hujan turun sejenak
    Langit cerah kembali tersenyum

    Jelaskan bagaimana kamu akan membacakan puisi di atas agar memiliki lafal, tekanan, dan intonasi yang tepat! Sebutkan minimal tiga hal yang kamu perhatikan saat membaca puisi tersebut.

    5.      Perhatikan kata-kata berikut ini, lalu sebutkan jenis pola kombinasi huruf yang terdapat pada masing-masing kata!

    a) Struktur
    b) Buaya
    c) Kaki
    d) Syukur

    Tuliskan jenis pola hurufnya (konsonan rangkap, diftong, atau vokal berurutan) dan berikan penjelasan singkat!

    6.      Perhatikan teks berikut ini!

    Di tepi danau yang tenang, terlihat seorang kakek sedang duduk di atas batu besar. Angin sejuk berembus pelan, menggoyangkan dedaunan di sekitarnya. Langit cerah berwarna biru, dihiasi awan putih yang bergerak perlahan. Suasana damai menyelimuti tempat itu.

    Bagaimana cara kamu membacakan paragraf di atas agar terdengar menarik dan sesuai dengan suasananya?

    Bacalah teks pendek berikut, lalu jawablah pertanyaannya no 7 dan 8!
    Angin laut berembus sejuk di pagi hari. Para nelayan mulai turun ke pantai sambil membawa jaring dan perahu kecil. Wajah mereka tampak penuh semangat meskipun langit belum sepenuhnya terang. Setiap hari mereka bekerja keras mencari ikan demi memenuhi kebutuhan keluarga.

    7.      Berdasarkan teks di atas, bagaimana ciri karakter para nelayan yang tergambar dalam paragraf tersebut? Jelaskan alasanmu!

    8.      Kata atau kalimat apa dalam teks yang menunjukkan bahwa nelayan memiliki semangat dan tanggung jawab?

    Cuplikan Cerita
    Dalam sebuah animasi pendek, diceritakan tentang seorang anak bernama Raka yang tinggal di sebuah desa. Suatu hari, desa mereka mengalami kekeringan panjang. Warga menjadi panik karena sumber air hampir habis. Raka, bersama teman-temannya, membantu para orang tua menggali sumur baru. Ia juga mengingatkan warga agar tidak boros menggunakan air dan saling berbagi kepada yang kekurangan.

    9.      Jelaskan bagaimana nilai-nilai itu ditunjukkan dalam cerita!

    10. Dalam sebuah animasi, terlihat seekor burung yang terluka dan tidak bisa terbang. Teman-temannya membantu mencari makanan dan merawatnya sampai burung itu sembuh dan bisa terbang lagi. Sebutkan nilai implisit yang dapat kamu tangkap dari cerita tersebut! Jelaskan alasannya!
  • Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat
  • Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD AL-AZHAR 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 21 Agustus 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila Tabik Pun 🙏  Goo...