Class 6D SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 20 Agustus 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Seni Rupa, IPAS

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Seni Rupa (Sumatif 1)
Tujuan Pembelajaran:
Memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya
Unsur-unsur Rupa (Visual Elements):
  • Titik: Titik adalah unsur dasar seni rupa yang paling sederhana. 
  • Garis: Garis adalah goresan memanjang dan dapat berupa garis lurus, lengkung, zigzag, dll. 
  • Bidang: Bidang adalah area yang dibatasi oleh garis. 
  • Bentuk: Bentuk adalah wujud dari suatu benda yang memiliki dimensi (dua atau tiga dimensi). 
  • Warna: Warna adalah unsur yang memberikan kesan visual dan dapat mempengaruhi suasana atau emosi. 
  • Tekstur: Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda (halus, kasar, licin, dll). 
  • Ruang: Ruang adalah kesan jarak atau kedalaman dalam sebuah karya seni. 
Prinsip-prinsip Desain (Design Principles):
Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:
  • Bangunan:
    Arsitektur memanfaatkan prinsip-prinsip desain untuk menciptakan bangunan yang indah dan fungsional. Misalnya, keseimbangan antara kolom dan dinding, proporsi jendela dan pintu, serta penggunaan warna dan tekstur untuk menciptakan suasana. 
  • Taman:
    Penataan taman menggunakan unsur ruang dan garis untuk menciptakan jalur, area hijau, dan titik fokus seperti air mancur. Prinsip irama dapat diterapkan melalui penanaman bunga dengan pola tertentu. 
  • Desain Interior:
    Desain interior menggunakan warna, tekstur, dan bentuk untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan sesuai dengan gaya yang diinginkan. 
  • Pakaian:
    Pakaian juga merupakan penerapan unsur dan prinsip desain. Bentuk, warna, dan tekstur kain menciptakan penampilan yang menarik. Prinsip kesatuan dan proporsi juga berperan dalam menciptakan pakaian yang enak dilihat. 
  • Poster dan Iklan:
    Poster dan iklan menggunakan kombinasi warna, tipografi, dan gambar untuk menyampaikan pesan secara efektif. 
IPAS ( Sumatif 1 )
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem melalui pengamatan dan diskusi.
2. Menganalisis dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan ekosistem secara kritis dan bertanggung jawab
3. Mengembangkan solusi sederhana untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar berdasarkan hasil pengamatan

Di dalam sebuah akuarium terdapat ikan, tanaman air, air, batu, dan lampu sebagai sumber cahaya. Jelaskan bagaimana komponen biotik dan abiotik saling memengaruhi dalam akuarium tersebut!

Jawaban:
Ikan (biotik) membutuhkan air (abiotik) untuk bernapas dan bergerak. Tanaman air (biotik) membutuhkan cahaya dari lampu (abiotik) untuk melakukan fotosintesis. Batu (abiotik) menjadi tempat berlindung ikan dan tempat tumbuh tanaman. Semua komponen saling mendukung kehidupan satu sama lain.

Soal 2:

Jika suhu lingkungan menjadi sangat panas dalam waktu lama, apa dampaknya terhadap tumbuhan dan hewan di padang rumput?

Jawaban:
Suhu yang terlalu panas dapat membuat tumbuhan kering dan mati. Hewan yang bergantung pada tumbuhan sebagai makanan juga akan kesulitan bertahan hidup. Jadi, perubahan suhu (abiotik) dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup (biotik) di padang rumput.

Soal 3:

Mengapa tanah yang subur sangat penting bagi tanaman dan hewan di suatu ekosistem?

Jawaban:
Tanah yang subur (abiotik) menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman (biotik) untuk tumbuh. Tanaman menjadi makanan bagi hewan herbivora. Jika tanah tidak subur, tanaman tidak tumbuh baik, maka rantai makanan akan terganggu.

Soal 4:

Apa yang terjadi jika di sebuah ekosistem sungai, aliran airnya menjadi sangat lambat karena banyak sampah?

Jawaban:
Air yang mengalir lambat karena sampah dapat mengurangi kadar oksigen dalam air, menyebabkan ikan mati. Tanaman air juga bisa mati karena terkena limbah. Ini menunjukkan bahwa perubahan abiotik (air, aliran) akibat ulah manusia dapat mengganggu biotik (ikan, tanaman).

B. Menganalisis dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan ekosistem (Soal 5–7)

Soal 5:

Seseorang membakar hutan untuk membuka lahan. Jelaskan dampaknya terhadap ekosistem secara keseluruhan!

Jawaban:
Kebakaran hutan menghancurkan habitat hewan dan tumbuhan. Asap menyebabkan polusi udara dan mengganggu pernapasan manusia. Tanah menjadi gersang dan sulit ditanami. Ekosistem menjadi tidak seimbang karena banyak makhluk hidup kehilangan tempat tinggal.

Soal 6:

Apa dampak penggunaan pestisida secara berlebihan terhadap makhluk hidup di sawah?

Jawaban:
Pestisida berlebihan bisa membunuh serangga yang bermanfaat, mencemari tanah dan air. Hewan lain yang makan serangga tersebut bisa ikut mati. Ini menyebabkan ketidakseimbangan rantai makanan di ekosistem sawah.

Soal 7:

Mengapa membuang sampah plastik ke sungai sangat berbahaya bagi lingkungan?

Jawaban:
Sampah plastik mencemari air, mengganggu kehidupan ikan dan tumbuhan air. Hewan bisa memakan plastik dan mati. Air menjadi kotor dan berbahaya untuk manusia. Sungai bisa banjir karena aliran air tersumbat.

C. Mengembangkan solusi menjaga kelestarian lingkungan (Soal 8–10)

Soal 8:

Lingkungan sekolahmu sering kotor karena banyak sampah berserakan. Usulkan dua solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini!

Jawaban:

  1. Menyediakan tempat sampah di setiap sudut sekolah sesuai jenis sampah (organik dan anorganik).

  2. Membuat jadwal piket kebersihan bersama seluruh siswa agar terbiasa menjaga lingkungan bersih.

Soal 9:

Di daerahmu sering terjadi banjir karena saluran air tersumbat. Apa tindakan sederhana yang bisa dilakukan masyarakat?

Jawaban:
Membersihkan saluran air secara rutin bersama warga, tidak membuang sampah sembarangan, dan membuat program kerja bakti setiap minggu.

Soal 10:

Bagaimana cara kamu dan keluargamu dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar rumah?

Jawaban:
Menanam pohon dan merawat tanaman di pekarangan, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, serta memilah sampah untuk didaur ulang.


Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum, Wr. Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS day 5 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 16  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika, PJOK Tabik Pun 🙏  Good m...